HUBUNGAN ASUPAN ENERGI DAN PROTEIN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS AL-AZHAR INDONESIA

https://doi.org/10.36441/jtepakes.v6i1.2823

Penulis

  • Andi Muh Asrul Irawan Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Andi Mukramin Yusuf Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Jasmine Nailufar Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Afradina Septiasari Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Harna Harna Universitas Esa Unggul

Kata Kunci:

Sarapan, konsentrasi, energi, protein

Abstrak

Konsentrasi merupakan upaya pemusatan pikiran pada satu objek yang melibatkan pikiran, perasaan, dan kemauan, saat belajar diperlukan konsentrasi untuk memusatkan pikiran terhadap materi yang diberikan, sehingga secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh asupan sarapan energi dan protein terhadap konsentrasi belajar mahasiswa Fakultas sains dan teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observasi yang dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini dipilih secara purposive dari mahasiswa yang bersedia dilakukan pengukuran dan penilaian kadar hemoglobin dengan jumlah sampel 62 mahasiswa yang dipilih secara purposive. Penelitian ini tidak terdapat hubungan antara asupan energi dengan konsentrasi belajar dengan nilai p=0.05 dan r=0.123. Terdapat hubungan positif antara asupan protein sarapan dan nilai konsentrasi belajar dengan nilai p=0.05 dan nilai korelasi r=0.250, Asupan energi sarapan secara signifikan tidak berhubungan, namun terdapat hubungan yang signifikan asupan protein sarapan terhadap konsentrasi belajar. Arah korelasi kedua variabel energi dan protein menunjukan arah positif yang artinya terdapat kecenderungan responden yang asupan energi dan proteinnya terpenuhi saat sarapan dapat meningkatkan konsentrasi belajar.

Referensi

Almatsier, S., 2009. Ilmu gizi dasar. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Citroreksoko, P. et al., 2012. Kimia Terapan, Jakarta: Universitas Terbuka.

Damayanti, P. S. et al., 2021. Pengaruh sarapan sehat dan aktivitas fisik program “Aksi Bergizi†UNICEF terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa sma di wilayah Klaten. Available at: http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/12630 (Accessed: 6 December 2022).

Heliawati, L., Suchyadi, Y. and Iryani, A., 2018. Kimia Organik 2. Universitas Pakuan Bogor, Bogor.

Hoertel, H. J. L. A.-H. J. L. A.-L. C. O. A.-S. M. D. A.-H. A. 2013. Beneficial effects of a higher-protein breakfast on the appetitive, hormonal, and neural signals controlling energy intake regulation in overweight/obese, “breakfast-skipping,†late-adolescent girls’. American journal of clinical nutrition, v. 97(4), pp. 677-688–2013 v.97 no.4. doi: 10.3945/ajcn.112.053116.

Jaeger, J., 2018. Digit Symbol Substitution Test: The Case for Sensitivity Over Specificity in Neuropsychological Testing. Journal of Clinical Psychopharmacology, 38(5), p. 513. doi: 10.1097/JCP.0000000000000941.

Kusprasetia, M. T., 2016. Hubungan antara Kebiasaan Sarapan dengan Status Gizi dan Prestasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar di Kota Bogor.

Puspitasari, D. I. and Rahmani, A., 2018. Gambaran kebiasaan sarapan dan status gizi mahasiswa gizi dan non-gizi Universitas Muhammadiyah Surakarta. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 1(2), pp. 46–51. doi: 10.31934/MPPKI.V1I2.161.

Rahmawati, A., 2012. Hubungan asupan zat gizi mikro dengan fungsi kognitif pada lanjut usia di Paguyuban Among Yuswa Banteng Baru Kabupaten Sleman. Jurnal Gizi Klinik Indonesia.

Rima, T. et al., 2020. Pengaruh sarapan terhadap konsentrasi belajar mahasiswa. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), pp. 26–29. doi: 10.33751/pedagonal.v4i1.1990.

Seden, K., Tenzin, D. and Dorji, N., 2021. Exploring the Relationship Between Nutrition and Academic Learning among Students of Samtse College of Education. Journal of the International Society for Teacher Education, 25(2), pp. 59–75. doi: 10.26522/JISTE.V25I2.3669.

Sukmandari, N. M. A., Septarini, N. W. and Pinatih, G. N. I., 2018. Association between breakfast-eating habit and attention-concentration in primary school children: a cross-sectional study in Badung District. Public Health and Preventive Medicine Archive, 6(1), p. 55. doi: 10.15562/PHPMA.V6I1.10.

Sunarti, E., 2005. Pengaruh pemberian makanan tambahan terhadap konsentrasi belajar siswa Sekolah Dasar. Universitas Gadjah Mada.

Veasey, R. C. et al., 2013. Breakfast consumption and exercise interact to affect cognitive performance and mood later in the day. A randomized controlled trial. Appetite, 68, pp. 38–44. doi: 10.1016/J.APPET.2013.04.011.

Diterbitkan

2024-05-05