Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Teknologi Pangan dan Kesehatan (Journal of Food Technology and Health)?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Petunjuk template bagi calon penulis Jurnal Teknologi Pangan dan Kesehatan dapat dilihat pada Journal Template

Peran Penulis: Penulis bertanggung jawab terhadap isi manuskrip dan mencantumkan alamat email, nomor telepon dan alamat surat lengkap. Penulis koresponden merupakan pihak yang menjadi kontak selama proses pengelolaan naskah hingga terbit. Korespondensi mengenai artikel dialamatkan kepada penulis koresponden.

 

Jenis Artikel: Artikel merupakan hasil penelitian dengan format sebagai berikut: judul, nama dan instansi penulis, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih (bila perlu), dan daftar pustaka.

Persyaratan Artikel :

  • Ketika submit naskah, penulis harus memperhatikan ketentuan penulisan naskah di JTEPAKES AUTHOR GUIDE dan menggunakan template naskah Jurnal Teknologi Pangan dan Kesehatan (JTEPAKES TEMPLATE)
  • Ditulis dalam Bahasa Indonesia (kecuali ”Abstract” dalam Bahasa Inggris), diketik menggunakan program Microsoft Word sesuai JTEPAKES Template.
  • Gambar dan tabel harus dibuat dalam halaman akhir (setelah Biodata).
  • Makalah yang pernah dipresentasikan dalam pertemuan ilmiah harus diberi catatan kaki (footnote) mengenai pertemuan tersebut (nama konferensi, waktu dan tempat).
  • Menyertakan ethical clearance untuk penelitian yang menggunakan hewan uji atau manusia (in vivo) dari pihak terkait.
  • Artikel dikirim melalui web: http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/jtfh atau email jtepakes@usahid.ac.id
  • Kontak dengan narahubung (Yandi 0815 8486 0901 atau Fajri 0815 1419 7198)
  • Apabila diperlukan, penulis berhak meminta Surat Keterangan Naskah Diterima setelah ada hasil rekomendasi keputusan reviewer atau Surat Keterangan Terbit untuk kepentingan pendidikan (sekolah atau tugas belajar). 
  • Penulis patuh dan tunduk pada rekomendasi hasil review naskah, keputusan editor, dan ketentuan hak cipta Jurnal Teknologi Pangan dan Kesehatan

Penjelasan Sistematika Artikel


Judul Artikel dan Sub Judul (Jika Ada)

          Merefleksikan keseluruhan aspek hasil penelitian. Panjang kata maksimal 15 kata. Subjudul artikel merefleksikan informasi tambahan yang mendukukung judul artikel. Panjang kata maksimal 20 kata.

 

Nama, Institusi Penulis, Korespondensi

             Tuliskan nama penulis utama (diletakkan paling depan), diikuti nama anggota tim lainnya. Nama penulis ditulis tanpa gelar. Jika anggota tim berasal dari PT berbeda, cantumkan identitas institusi masing-masing.

*Korespondensi: cantumkan alamat e-mail penulis utama

 

ABSTRAK: Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia, jenis huruf Cambria, ukuran 10 pt. Abstrak merupakan ringkasan yang meliputi latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan dalam bentuk singkat dan jelas. Jumlah kata dalam abstrak tidak lebih dari 250 kata.

Kata Kunci: Huruf Cambria 10 pt dan tidak lebih dari 5 kata kunci

 

ABSTRACT: Abstract should be written in English, font type Cambria 10 pt, italic.  Abstract is a summary that includes the background, objectives, methods, results and conclusion in a clear and concise form. Word count for abstract should be no more than 250 words.

Keywords: Font type Cambria 10 pt and number of keywords not more than 5

 

PENDAHULUAN

Bab pada pendahuluan berisi latar belakang permasalahan, identifikasi permasalahan, tujuan yang ingin dicapai didukung oleh tinjauan literature maksimum 1 halaman.

 

METODE PENELITIAN

Bab ini menjelaskan tentang metode yang digunakan dalam penelitian, mulai dari populasi, sampel, teknik pengambilan sampel, sumber dan metode pengumpulan data, operasionalisasi variabel dan metode analisis data. Untuk artikel yang bukan berupa hasil penelitian maka dapat berisi tentang penjelasan mengenai subyek yang menjadi fokus pembahasan (misal fenomena media sosial dalam perilaku konsumen di Indonesia) serta langkah yang diusulkan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bab ini berisi tentang hasil analisis data dalam menjawab permasalahan penelitian atau hasil pemecahan masalah yang diharapkan oleh penulis untuk artikel yang bukan berupa hasil penelitian. Bagian ini menjelaskan bagaimana temuan tersebut diperoleh seperti hasil analisis data penelitian, deskripsi statistika untuk subyek dan obyek penelitian, pengujian model penelitian ataupun pembuktian hipotesis (jika ada). Sementara pembahasan berisi tentang penjelasan yang mendukung hasil penelitian atau hasil pemecahan masalah yang diharapkan.

 

KESIMPULAN

Bab ini menyimpulkan artikel secara menyeluruh serta implikasi dari hasil penelitian atau hasil pemecahan masalah. Implikasi penelitian dapat berupa implikasi teori dan implikasi manajerial. Saran untuk penelitian yang akan datang dapat dikemukakan oleh penulis pada bab ini.

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang dituju (apabila ada dan signifikan yang terkait dengan penelitian).

 

DAFTAR PUSTAKA

Pustaka harus ditulis dengan sistem Harvard Style. Dengan penulisan nama pengarang dan tahun pada teks (Nama, tahun). Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk dalam teks. Berikut ini adalah contoh penulisan daftar pustaka berupa artikel dalam jurnal publikasi, buku, artikel dari konferensi ilmiah/prosiding, disertasi/tesis/skripsi dan website.

 

Artikel (Jurnal Publikasi Nasional)

Nama belakang, Inisial nama depan, Tahun, Judul artikel, Nama Jurnal, Volume(Nomor), Halaman

Amelia, J.R., Azni, I.N., dan Oktaviani, R.D., 2019. Karakteristik sensoris dan kandungan logam berat minuman fungsional okra-jahe dengan berbagai jenis pemanis. Jurnal Teknologi Pangan dan Kesehatan, 1(1), Hal.23-30.

 

Artikel (Jurnal Publikasi Internasional)

Family name, First name initial, Year, Article title, Journal name, Volume(Issue), Page

Irianto, H.E. and Giyatmi, 1997. Post harvest technology of shrimp: Review of Indonesian experience. Journal Aquatic Food Product Technology, 6(1), pp.5-20.

Sabrina, N., Bai, C.H., Chang, C.C., Chien, Y.W., Chen, J.R. and Chang, J.S., 2017. Serum iron: ferritin ratio predicts healthy body composition and reduced risk of severe fatty liver in young adult women. Nutrients, 9(8), p.833.

 

Buku

Nama belakang, Inisial nama depan, Tahun, Judul, Edisi, Penerbit: Kota

Winarno, F.G., 1993. Pangan: Gizi, Teknologi dan Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.

Campbell-Platt, G. ed., 2017. Food science and technology. John Wiley & Sons.

 

Artikel dari konferensi ilmiah/prosiding

Nama belakang, Inisial nama depan, Tahun, Judul, Dipresentasikan pada Konferensi/Simposium

Stefani, M., Surbakti, F.H., Anwar, K., Sabrina, N., Humayrah, W., dan Hardinsyah., 2018. A comparison of body composition of lecturers and students of Sahid University. Paper presented to International Nutrition and Health Symposium.

 

Disertasi/tesis/skripsi

Nama belakang, Inisial nama depan, Tahun, Judul, Jenis (Disertasi/Tesis/Skripsi), Prodi, Fakultas, Universitas

Batubara, S.C., 2016. Disain Sistem Manajemen Rantai Pasokan Industri Perikanan Tangkap Laut Berkelanjutan. Disertasi, Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

 

Website / laman

Penulis, Tahun, Judul [Online](Update), Tersedia di alamat web  [Diakses pada]

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 2003. Panduan Penulisan Manajemen Ilmiah [Online] (diupdate 16 Jan 2005) Tersedia di: http://www.perpusnas.go.id/we/article  [Diakses pada tanggal 10 April 2011].

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Artikel adalah hasil penelitian yang bersifat orisinal dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan tidak sedang disubmit pada jurnal yang lain.

  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Artikel diketik dalam 1 spasi dengan font Times New Roman 12-point, sesuai dengan gaya selingkung dan petunjuk penulisan yang telah tersedia (Author Guideline dan Template).
  5. Mohon dapat memeriksa referensi sesuai sumber asli (nama penulis, volume, edisi, tahun). Untuk memudahkan, silakan gunakan aplikasi reference manager seperti Mendeley, Turnitin, grammarly, EndNote, Zotero, dll. Semua publikasi yang dikutip dalam teks harus disertakan sebagai daftar pustaka dan sebaliknya seluruh sumber dalam daftar pustaka harus digunakan dalam artikel.
  6. Artikel harus di sesuaikan dengan Template Jurnal yang sudah ditetapkan (wajib)
 

Pemberitahuan Hak Cipta

  • Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
  • Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal Dharmakarya dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
  • Setiap terbitan Jurnal Dharmakarya, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.