PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA KULINER DI KANTIN UNIVERSITAS SAHID JAKARTA MELALUI SISTEM PEMASARAN ONLINE
Abstract
Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas usaha kuliner kantin Universitas Sahid Jakarta melalui sistem pemasaran online. Mitra merupakan para pelaku usaha kuliner di kantin Universitas Sahid Jakarta. Masalah yang dihadapi oleh mitra adalah masih rendahnya kapasitas usaha terhadap produk dijual. Hal yang menjadi penyebab adalah sistem pemasaran produk yang masih bersifat konvensional. Masalah lain yang dihadapi oleh mitra adalah mengenai sanitasi dan higienitas dari produk makanan yang belum memperhatikan aspek sanitasi lingkungan serta higiene personal. Selain itu, pemilihan kemasan untuk makanan yang dibawa pulang juga masih kurang tepat, kurang menarik, dan menyimpang dari aspek keamanan pangan. Solusi yang ditawarkan oleh pengusul kegiatan ini berupa pelatihan higiene dan sanitasi usaha jasa boga, pendampingan dalam memilih kemasan dan label untuk penjualan online, pendampingan promosi produk secara online, dan pendampingan dalam mendaftarkan produk dalam aplikasi online. Solusi yang ditawarkan diharapkan mampu meningkatkan kapasitas usaha jasa boga, sehingga dapat meningkatkan omset dari mitra. Saat ini menu yang dijual di Kantin Universitas Sahid Jakarta telah terdaftar di GrabFood, dengan akun bernama KANISA Kafetaria. Selain itu KANISA Kafetaria juga telah memiliki akun media sosial Instagram sehingga memudahkan untuk melalukan promosi secara online. Kendala yang dihadapi saat ini adalah hasil penjualan belum meningkat secara signifikan sehingga untuk tahap berikutnya masih dibutuhkan pendampingan untuk promosi produk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eriksen K, Hemmingsen C. ONLINE MARKETING: NEW MODELS OF
ADVERTISING? Internet. [diunduh: 7 Maret 2018]. Tersedia pada:
http://projekter.aau.dk/projekter/files/16056831/081103_speciale.pdf
Vijakumaro GP, Julia, Lazuardhy MA, Ariasty SZ, Sona SH. 2017. LAPORAN
PRAKTIKUM SANITASI DAN KEAMANAN PANGAN UJI KOLIFORM.
Universitas Sahid Jakarta: Jakarta.
Onyeneho SN, Hedberg CW. AN ASSESSMENT OF FOOD SAFETY NEEDS OF
RESTAURANTS IN OWERRI, IMO STATE, NIGERIA. Int. J. Environ. Res.
Public Health 2013. (Vol. 10, pp. 3296-3309).
Azni IN, Giyatmi G, Amelia JR. STUDY OF CUSTOMER SATISFACTION AT
CANTEEN OF SAHID UNIVERSITY–JAKARTA. InICCD 2019 Nov 28 (Vol.
, No. 1, pp. 627-631).
DOI: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v3i2.73
Article Metrics
Abstract views : 426 times
PDF views : 372 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 426 timesPDF views : 372 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats