HARGA DAN PROMOSI SEBAGAI FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI PT. PIONIR ALFA SEJAHTERA (PASHOUSES)

Astried Eviana Utami, Uuh Sukaesih, Miswan Miswan

Abstract


Tujuan penelitian yaitu: 1. Menganalisis pendapat konsumen mengenai harga rumah yang dijual oleh PT. Pionir Alfa Sejahtera (Pashouses), 2. Menganalisis promosi yang dilakukan oleh PT. Pionir Alfa Sejahtera (Pashouses), 3. Menganalisis keputusan konsumen dalam membeli rumah yang dijual oleh PT. Pionir Alfa Sejahtera (Pashouses), 4. Menganalisis pengaruh harga dan promosi yang dilakukan PT. Pionir Alfa Sejahtera (Pashouses) terhadap keputusan membeli rumah  yang dijual oleh  PT. Pionir Alfa Sejahtera (Pashouses).  Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 157 konsumen pembeli rumah yang dikirimkan melalui Google Form. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear berganda.  Hasil penelitian yaitu : 1. Pendapat konsumen mengenai harga rumah  rata-rata = 3,88, 2. Pendapat konsumen mengenai promosi rata-rata = 3,97, 3.  Keputusan pembelian rumah rata-rata = 4,07, 4.  Harga dan promosi berpengaruh signifikan secara bersama-sama dan secara parsial terhadap keputusan membeli rumah yang dijual oleh PT. Pionir Alfa Sejahtera (Pashouses).



Keywords


Harga, Promosi, Pengaruh, Keputusan

Full Text:

PDF

References


Darmawan, D. (2023). Pengaruh Promosi, Ulasan Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Pemilihan Toko Online. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(1), 95–105. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1382

Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i2.981

Fadhli, K., Usluhiyah, R., & Widyaningsih, B. (2021). Pembelian Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah ( Mbr ) Di Jombang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(4), 5–11.

Hariani, M. (2022). Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 5(2), 154–167. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i2.1465

Haris, I., Pahriani, R., & Irsyad, M. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 2(2), 99–105. https://doi.org/10.51875/jibms.v2i2.185

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Princples of Marketing. Pearson Education.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing Management: an Asian Perspective. Pearson.

Kusumawati, M., & Danarwati, Y. S. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Perumahan Di Pt. Ressan Gemolong. Surakarta Management Journal, 2(1), 20–31.

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326

Maryunita, R., & Nurdin, H. (2020). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Percetakan Pena Karya Kota Bima. Jurnal Ekonomi Manajemen STIE BIMA, I(1), 41–50.

Memah, D., Tumbel, A., & Rate, P. Van. (2015). ANALISIS STRATEGI PROMOSI, HARGA, LOKASI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI CITRALAND MANADO, Jurnal EMBA Vol.3 No.1 Maret 2015, Hal.1263-1273. Emba, Jurnal EMB(1).

Miswan, M., Austriana, S., & Sukaesih, U. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Virtual Experience Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Penerangan di TMII Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 4(2), 161–177.

Miswan, M., & Sukaesih, U. (2019). Analisis Destinasi Pariwisata Pulau Kelapa dan Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 2(1), 10–20.

Mujito., Muharam, H., & Adyas, D. (2023). Manajemen Pemasaran Sebuah Pengantar Untuk Pemula. Edu Publisher.

Nursiti, A. F. (2019). Pengaruh Country of Origin, Brand Ambassador, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Milenial Pada Produk Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel di Jakarta. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 2(2), 60–66.

Nursiti, N., & Syafarudin, S. (2023). Harga Dan Promosi Berdampak Terdapak Keputusan Pembelian Kopi Kenangan. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(1), 75–84. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1344

Oktaviani, S., & Praditya, A. (2024). Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen). Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(1), 172–186. https://doi.org/10.32493/jism.v4i1

Sahrum, Qomariah, E., & Febrian, A. (2021). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Qiara Media.

Sugianto, R., & Ginting, S. O. (2020). Terhadap Keputusan Pembelian Rumah. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 10(April), 1–12.

Sukaesih, U., Miswan, M., Anjani, R., & Wahyudi, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2), 79–93.

Utami, A. R. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Lazada Pada Mahasiswa Di Jakarta. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v1i2.115

Widana, I., & Muliani, P. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Klik Media.

Yusda, D. D. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada House of Shopaholic Di Bandar Lampung. 8(1), 22–24.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v7i2.2482

Article Metrics

Abstract views : 24 times
PDF views : 13 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats