PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN DIGITAL MELALUI OPTIMASI INSTAGRAM BISNIS PADA UMKM
Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran digital, khususnya menggunakan Instagram Bisnis. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini ditujukan kepada pelaku UMKM di Pondok Cabe, Parung sebanyak lima pelaku usaha yang terdiri dari pelaku usaha di bidang makanan dan minuman, aksesoris, dan sabun pencuci piring. Beberapa tahapan kegiatan yang dilakukan diantaranya wawancara kepada masing-masing UMKM dan penyampaian materi mengenai media digital yang digunakan dalam pemasaran, diawali dengan pre-test, dan diakhiri dengan post-test. Berdasarkan hasil wawancara dengan pelaku UMKM, diketahui bahwa dominan telah memiliki akun Instagram namun belum dioptimalkan menggunakan fitur Instagram bisnis. Selain itu beberapa di antaranya belum mengetahui fitur-fitur pada Instagram bisnis dan tidak rutin melakukan publikasi konten promosi di media digital. Hasil post-test didapatkan bahwa pengetahuan para pelaku UMKM telah meningkat, yaitu pengetahuan mengenai pemasaran digital meningkat dari 60% menjadi 100%, mengenai aspek media pemasaran non digital dari 70% menjadi 100%, dan aspek desain promosi meningkat dari 70% menjadi 100%. Selain itu didapatkan pula hasil dari diskusi dalam penyelesaian masalah pada masing-masing UMKM, yang kemudian disusun menjadi langkah strategis dalam upaya perbaikan aktivitas pemasaran digital, di antaranya adalah membuat kalender media sosial Instagram sehingga jadwal posting konten lebih berkala.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andamisari, D. (2021). Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi Di Era New Normal. Jurnal Lugas, 66(1), 66–72. http://ojs.stiami.ac.id
Annisa, S. K., & Imran, A. I. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Awareness Lemonilo Melalui Instagram The Influence Of Digital Marketing On Brand Awareness Through Instagram. E-Proceeding of Management, 1787–1800.
Ardana, R. A. H., Rafidah, & Erliyana, N. (2023). Digital Branding Sebagai Optimalisasi Peningkatan Inovasi, Daya Saing, Pendapatan Ukm Di Era New Normal. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(2), 125–137.
Faizatull, Z., & Mashudi. (2023). Pemasaran Digital Pengembangan Usaha Handmade Aksesoris “Saraca.” Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(2), 157–166.
Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(1), 918–930. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1023
Hidayati, N., Triajeng Pungkasanti, P., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. ABDIMASKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119–124.
Izaak, W. C., Ulul Denisya, F. ", Pratama, G. I., Nurdianty, F. D., Pradana, N. A., & Prayoga, D. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Melalui Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya. KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Khairunisa, A. N., & Misidawati, D. N. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Di Indonesia. Jurnal Sahmiyya, 3(1), 184–190.
Masfingatin, T., & Murtafiah, W. (2021). Online Marketing Bagi Umkm Di Desa Janggan Kecamatan Poncol Magetan Provinsi Jawa Timur. JURNAL ABDIMAS PATIKALA, 1(1), 1–6. https://etdci.org/journal/patikala/
Qatrunada Usulu, R., Dwi Adisubagja, B., Febrianti, D., Azhar, A., Prehanto, A., & Nuryadin, A. (2023). Penerapan Pemasaran Digital Pada Usaha Mikro Kecil Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(1), 2023.
Situmorang, S. H., Mulyono, H., & Tawila, L. (2018). Peran dan Manfaat Sosial Media Marketing bagi Usaha Kecil. AJEFB - Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 1(2), 77–84.
Sukaesih, U., Rohadini, V. U., & Miswan, M. (2024). Persepsi Konsumen Mengenai Periklanan Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Di Marketplace Shopee. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 7(1), 51–60.
Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. In Generation Journal (Vol. 4, Issue 1). https://www.slideshare.net/DataReportal/digital-2019-indonesia-january-2019-
Suryani, N., & Widiati, E. (2023). Strategi Pemasaran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Pembelian melalui Optimasi Brand Awareness. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 22(2), 177–186. https://doi.org/10.17509/manajerial.v22i2
Utami, A. R. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Lazada Pada Mahasiswa Di Jakarta. In Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan (Vol. 1, Issue 2).
Utami, A. R., & Widiati, E. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata Kuliner Bogor [The Use Of Social Media As A Promotion To Increase The Attractiveness Of Bogor Culinary Tourism]. Business Management Journal, 19(2), 199–208. https://doi.org/10.30813/bmj.v19i2.4714
Wahyudi, Mukrodi, Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). Mengenal Pemasaran Digital Dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 44–53.
Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. S., & Fitroh, F. (2021). Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Terhadap Perkembangan Digital Marketing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XX(2), 163–179.
Widiati, E., Levyda, L., & Ratnasari, K. (2021). Optimalisasi Media Sosial Instagram Dalam Aktivitas Bisnis Bagi Umkm Di Bangka Belitung. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 4(2), 85–90.
Widiati, E., Utami, A. R., Ratnasari, K., & Nasution, E. S. (2023). Edukasi Pemasaran Digital Pada UMKM Womenpreneur di Pantai Carita, Banten. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 5(2), 200–207. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i2.1724
William, & Aripradono, H. W. (2020). Faktor Keputusan Pembelian Konsumen Online Marketplace Indonesia. Teknika, 9(1), 48–57. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i1.269
DOI: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v7i2.2250
Article Metrics
Abstract views : 32 times
PDF views : 5 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 32 timesPDF views : 5 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats