WIRAUSAHA SUKSES MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM BISNIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi gambaran dari suatu usaha yang sukses melalui panduan menjadi wirausaha dan strategi komunikasi yang efektif dalam bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif non deskriptif dengan mengacu pada berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan kajian pustaka lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menjadi wirausaha sukses membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang ide bisnis yang jelas, riset pasar, dan pembuatan rencana bisnis yang komprehensif. Memilih model bisnis yang tepat, membangun jaringan kontak yang luas, dan mengelola keuangan dengan hati-hati juga penting. Wirausaha juga perlu memperkuat keterampilan manajemen dan fleksibel dalam menghadapi perubahan serta inovasi. Strategi komunikasi yang efektif menjadi kunci dalam membangun hubungan yang kuat dengan karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya. Penentuan tujuan komunikasi, pemahaman audiens, penggunaan berbagai saluran komunikasi, penyampaian pesan yang jelas dan konsisten, memberikan nilai tambah, berkomunikasi dua arah, menggunakan cerita, konsistensi branding, dan evaluasi berkala menjadi penting. Kesimpulannya, menjadi wirausaha sukses membutuhkan komitmen, kerja keras, dan ketekunan, dengan menerapkan strategi komunikasi yang efektif, seseorang dapat meningkatkan peluang keberhasilan dalam dunia bisnis yang dinamis dan kompetitif.
Keywords
Full Text:
70-80References
Afandi, Z. (2019). Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren Al-Mawaddah Kudus. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(1), 55. https://doi.org/10.21043/bisnis.v7i1.5191
Afriaris, S., & Windartini, S. (2021). Model Pengembangan Strategi Komunikasi Bisnis untuk Mencapai Tujuan Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Pada Konsep Usaha Rumah Tangga Kerak Nasi). Jurnal Ekobistek, 9(1), 12–20.
https://doi.org/10.35134/ekobistek.v9i1.65
Aji, S. P., Mulyadi, H., & Widjajanta, B. (2018). keterampilan wirausahas untuk keberhasilan usaha. 3(3), 111–122.
Ali, M. Y., & Kodrat, D. S. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis Pada Perusahaan Mitra Jaya Abadi. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 124–131. www.biteandbites.wix.com.
Awaloedin, M., & Gunawan, R. S. (2024). PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN EKONOMI : MENGGAGAS PERAN KEWIRAUSAHAAN Tahta Media Group.
Bilgies, A. F. (2017). Keunggulan Kompetitif Yang Dalam Menciptakan Inovasi Untuk Kewirausahaan Strategis. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 321–344. https://doi.org/10.21274/an.2017.3.2.321-344
Candra, G. R., & Darmastuti, R. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI PENGUSAHA ROTAN DALAM RANGKA MEMBANGKITKAN INDUSTRI ROTAN DI DAERAH TRANGSAN. 5(September), 188–194.
Diana, Y., Rahayu, S., & Zannah, A. (2023). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Terhadap Peningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Kelambir Lima. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 1–14.
https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14534
Fikruzzaman, D. (2022). Strategi Komunikasi Aparat Desa Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat ( Studi Kasus Pembinaan Kegiatan Usaha Ekonomi Produktif Desa Cinangka Kecamatan Ciampea ). Jurnal Oratio Directa, 4(1), 708–719.
Fres. (2022). STRATEGI MENUMBUHKAN JIWA KREATIF DAN INOVATIF DALAM KEWIRAUSAHAAN. Sosial Pendidika, 6(8.5.2017), 2808–6988. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Indarto, I., & Santoso, D. (2020). Karakteristik Wirausaha, Karakteristik Usaha Dan Lingkungan Usaha Penentu Kesuksesan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 54. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i1.2202
Karlina, Shafa, L. N., Millasyifa, N., & Suleman, E. (2024). IMPLEMENTASI ENTERPRISES RESOURCES PLANNING BERBASIS ODOO PADA UMKM DIVA HOME CAKE. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 7(1), 42–50.
Kasman, K., Utami, A. R., & Hamdanur, P. (2024). EDUKASI WIRAUSAHA DAN MEMBANGUN USAHA KECIL. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 7(1), 35–41.
Martini. (2019). 2 3 123. Artikel Ilmiah Nurul, 3(2), 40–46.
Nasution, R. U. (2022). Strategi Memulai Bisnis Baru dalam Berwirausaha. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 163. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i3.164
Nurul Ardilah. (2023). Implementasi Pengelolaan Keuangan Syariah Pada Pondok Pesantren Azzakariyah Di Desa Muaro Panco Kec. Renah Pembarap Kab. Merangin. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 1(4), 8–20.
Rahma, A. (2018). Event Sebagai Salah Satu Bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fashion Nasional (Event Tahunan Jakcloth). Nyimak (Journal of Communication), 1(2), 149–169. https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.480
Ramadlani, A. S., Fajri, N., & Santos, E. D. A. Dos. (2023). Studi Literatur: Strategi Kewirausahaan Dalam Upaya Mengembangkan Usaha Masyarakat. Comm-Edu (Community Education Journal), 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i1.11010
Ramlan, P., & Nikmat, R. (2019). Pendekatan Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Mahasiswa melaui Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PMK-K). Jurnal MODERAT, 5(3), 240–250.
Septiana, D., & Nurkhin, A. (2019). Sikap Berwirausaha Memediasi Kecerdasan Dalam Menghadapi Rintangan Terhadap Intensi Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 801–815. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28310
Shafira, A., Fasa, M. I., Suharto, Supriyatna, R. K., & Junaedi, D. (2019). Efektivitas Sosialisasi Lapak Desa terhadap Pemasaran Online (E-Commerce) Berbasis Syariah: Studi Empiris di Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis Syariah, 3(3), 125–134. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i3.376
Sugiono, S. (2021). Strategi Komunikasi Membangun Customer Relationship Pada Inkubator Bisnis Puspiptek. Ettisal:Journal of Communication, 5(2), 291–309. https://www.researchgate.net/profile/Shiddiq-Sugiono/publication/348232442_Strategi_Komunikasi_Membangun_Customer_Relationship_Pada_Inkubator_Bisnis_Puspiptek_Technology_Business_Incubation_Center_Puspiptek_Communication_Strategy_in_Building_Customer_Rela
Suprapto, H. A. (2018). Strategi pembelajaran kewirausahaan berbasis Teknologi Informasi (T.I) terhadap peningkatan minat mahasiswa menjadi wirausaha. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 61–73.
Syafira, D., Suhairi, S., Wulandari, J. P., Iswanti, P., & Fauzi, S. I. (2023). Analisis Etika Komunikasi Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Produk Di Sosial Media. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 3(2), 379–384. https://doi.org/10.47233/jebs.v3i2.1036
Tobing, I. L., & Rahmayanti, N. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Enterpreneur Melalui Praktik Bisnis Gila Marketing. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(1), 91–101. https://doi.org/10.21067/jrma.v10i1.6814
Utami, B. A., & Kurnia. (2021). Komunikasi Bisnis melalui Social Media Trust guna Meningkatkan Customer Engagement pada Pixy Cosmetic. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 46–53. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i1.116
Wijaya, S., Rizky, R., Yunita, A. mira, Hakim, Z., Heri Wibowo, A., Gilar Pratama, A., Sugiarto, A., Setyowati, S., Nuraflian susanti, E., Nailul wardah, N., & Sujai, L. (2023). Program Peningkatan Kecakapan Hidup Berbasis Vocational Skill Untuk Membangun Jawa Wirausaha Mahasiswa Semester Akhir Mahasiswa Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Jurnal Dharmabakti Nagri, 1(3), 133–139. https://doi.org/10.58776/jdn.v1i3.81
Yaqin, M. A., Akmal, M. F. N., & Amin, N. (2023). Communication Skills: Syarat Esensial Sukses di Era Informasi? Literaksi: Jurnal Manajemen …, 01(02), 220–227. https://literaksi.org/index.php/jmp/article/view/204
DOI: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v7i1.2176
Article Metrics
Abstract views : 367 times
70-80 views : 622 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 367 times70-80 views : 622 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats