WIRAUSAHA SUKSES MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM BISNIS

Irma Rosidatun Nisa, Roni Subhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi gambaran dari suatu usaha yang sukses melalui panduan menjadi wirausaha dan strategi komunikasi yang efektif dalam bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif non deskriptif dengan mengacu pada berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan kajian pustaka lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menjadi wirausaha sukses membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang ide bisnis yang jelas, riset pasar, dan pembuatan rencana bisnis yang komprehensif. Memilih model bisnis yang tepat, membangun jaringan kontak yang luas, dan mengelola keuangan dengan hati-hati juga penting. Wirausaha juga perlu memperkuat keterampilan manajemen dan fleksibel dalam menghadapi perubahan serta inovasi. Strategi komunikasi yang efektif menjadi kunci dalam membangun hubungan yang kuat dengan karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya. Penentuan tujuan komunikasi, pemahaman audiens, penggunaan berbagai saluran komunikasi, penyampaian pesan yang jelas dan konsisten, memberikan nilai tambah, berkomunikasi dua arah, menggunakan cerita, konsistensi branding, dan evaluasi berkala menjadi penting. Kesimpulannya, menjadi wirausaha sukses membutuhkan komitmen, kerja keras, dan ketekunan, dengan menerapkan strategi komunikasi yang efektif, seseorang dapat meningkatkan peluang keberhasilan dalam dunia bisnis yang dinamis dan kompetitif.


Keywords


Kewirausahaan, Strategi Komunikasi, Wirausaha

Full Text:

70-80

References


Afandi, Z. (2019). Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren Al-Mawaddah Kudus. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(1), 55. https://doi.org/10.21043/bisnis.v7i1.5191

Afriaris, S., & Windartini, S. (2021). Model Pengembangan Strategi Komunikasi Bisnis untuk Mencapai Tujuan Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Pada Konsep Usaha Rumah Tangga Kerak Nasi). Jurnal Ekobistek, 9(1), 12–20.

https://doi.org/10.35134/ekobistek.v9i1.65

Aji, S. P., Mulyadi, H., & Widjajanta, B. (2018). keterampilan wirausahas untuk keberhasilan usaha. 3(3), 111–122.

Ali, M. Y., & Kodrat, D. S. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis Pada Perusahaan Mitra Jaya Abadi. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 124–131. www.biteandbites.wix.com.

Awaloedin, M., & Gunawan, R. S. (2024). PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN EKONOMI : MENGGAGAS PERAN KEWIRAUSAHAAN Tahta Media Group.

Bilgies, A. F. (2017). Keunggulan Kompetitif Yang Dalam Menciptakan Inovasi Untuk Kewirausahaan Strategis. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 321–344. https://doi.org/10.21274/an.2017.3.2.321-344

Candra, G. R., & Darmastuti, R. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI PENGUSAHA ROTAN DALAM RANGKA MEMBANGKITKAN INDUSTRI ROTAN DI DAERAH TRANGSAN. 5(September), 188–194.

Diana, Y., Rahayu, S., & Zannah, A. (2023). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Terhadap Peningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Kelambir Lima. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 1–14.

https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14534

Fikruzzaman, D. (2022). Strategi Komunikasi Aparat Desa Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat ( Studi Kasus Pembinaan Kegiatan Usaha Ekonomi Produktif Desa Cinangka Kecamatan Ciampea ). Jurnal Oratio Directa, 4(1), 708–719.

Fres. (2022). STRATEGI MENUMBUHKAN JIWA KREATIF DAN INOVATIF DALAM KEWIRAUSAHAAN. Sosial Pendidika, 6(8.5.2017), 2808–6988. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Indarto, I., & Santoso, D. (2020). Karakteristik Wirausaha, Karakteristik Usaha Dan Lingkungan Usaha Penentu Kesuksesan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 54. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i1.2202

Karlina, Shafa, L. N., Millasyifa, N., & Suleman, E. (2024). IMPLEMENTASI ENTERPRISES RESOURCES PLANNING BERBASIS ODOO PADA UMKM DIVA HOME CAKE. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 7(1), 42–50.

Kasman, K., Utami, A. R., & Hamdanur, P. (2024). EDUKASI WIRAUSAHA DAN MEMBANGUN USAHA KECIL. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 7(1), 35–41.

Martini. (2019). 2 3 123. Artikel Ilmiah Nurul, 3(2), 40–46.

Nasution, R. U. (2022). Strategi Memulai Bisnis Baru dalam Berwirausaha. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 163. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i3.164

Nurul Ardilah. (2023). Implementasi Pengelolaan Keuangan Syariah Pada Pondok Pesantren Azzakariyah Di Desa Muaro Panco Kec. Renah Pembarap Kab. Merangin. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 1(4), 8–20.

Rahma, A. (2018). Event Sebagai Salah Satu Bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fashion Nasional (Event Tahunan Jakcloth). Nyimak (Journal of Communication), 1(2), 149–169. https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.480

Ramadlani, A. S., Fajri, N., & Santos, E. D. A. Dos. (2023). Studi Literatur: Strategi Kewirausahaan Dalam Upaya Mengembangkan Usaha Masyarakat. Comm-Edu (Community Education Journal), 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i1.11010

Ramlan, P., & Nikmat, R. (2019). Pendekatan Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Mahasiswa melaui Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PMK-K). Jurnal MODERAT, 5(3), 240–250.

Septiana, D., & Nurkhin, A. (2019). Sikap Berwirausaha Memediasi Kecerdasan Dalam Menghadapi Rintangan Terhadap Intensi Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 801–815. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28310

Shafira, A., Fasa, M. I., Suharto, Supriyatna, R. K., & Junaedi, D. (2019). Efektivitas Sosialisasi Lapak Desa terhadap Pemasaran Online (E-Commerce) Berbasis Syariah: Studi Empiris di Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis Syariah, 3(3), 125–134. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i3.376

Sugiono, S. (2021). Strategi Komunikasi Membangun Customer Relationship Pada Inkubator Bisnis Puspiptek. Ettisal:Journal of Communication, 5(2), 291–309. https://www.researchgate.net/profile/Shiddiq-Sugiono/publication/348232442_Strategi_Komunikasi_Membangun_Customer_Relationship_Pada_Inkubator_Bisnis_Puspiptek_Technology_Business_Incubation_Center_Puspiptek_Communication_Strategy_in_Building_Customer_Rela

Suprapto, H. A. (2018). Strategi pembelajaran kewirausahaan berbasis Teknologi Informasi (T.I) terhadap peningkatan minat mahasiswa menjadi wirausaha. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 61–73.

Syafira, D., Suhairi, S., Wulandari, J. P., Iswanti, P., & Fauzi, S. I. (2023). Analisis Etika Komunikasi Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Produk Di Sosial Media. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 3(2), 379–384. https://doi.org/10.47233/jebs.v3i2.1036

Tobing, I. L., & Rahmayanti, N. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Enterpreneur Melalui Praktik Bisnis Gila Marketing. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(1), 91–101. https://doi.org/10.21067/jrma.v10i1.6814

Utami, B. A., & Kurnia. (2021). Komunikasi Bisnis melalui Social Media Trust guna Meningkatkan Customer Engagement pada Pixy Cosmetic. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 46–53. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i1.116

Wijaya, S., Rizky, R., Yunita, A. mira, Hakim, Z., Heri Wibowo, A., Gilar Pratama, A., Sugiarto, A., Setyowati, S., Nuraflian susanti, E., Nailul wardah, N., & Sujai, L. (2023). Program Peningkatan Kecakapan Hidup Berbasis Vocational Skill Untuk Membangun Jawa Wirausaha Mahasiswa Semester Akhir Mahasiswa Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Jurnal Dharmabakti Nagri, 1(3), 133–139. https://doi.org/10.58776/jdn.v1i3.81

Yaqin, M. A., Akmal, M. F. N., & Amin, N. (2023). Communication Skills: Syarat Esensial Sukses di Era Informasi? Literaksi: Jurnal Manajemen …, 01(02), 220–227. https://literaksi.org/index.php/jmp/article/view/204




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v7i1.2176

Article Metrics

Abstract views : 17 times
70-80 views : 7 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats