IMPLEMENTASI ENTERPRISES RESOURCES PLANNING BERBASIS ODOO PADA UMKM DIVA HOME CAKE

Karlina Karlina, Lizha Nur Shafa, Nadya Millasyifa, Eman Sulaeman

Abstract


Odoo merupakan salah satu aplikasi pengimplementasian Enterprise Resource Planning (ERP) Opensource yang bertujuan mempermudah dalam penataan dan tata kelola suatu bisnis. Penggunaan aplikasi odoo ini diminati oleh industri kecil hingga industri menengah. Diva Home Cake adalah UMKM yang bergerak dalam indutri makanan dan sudah berdiri sejak tahun 2018. Walaupun sudah berjalan selama kurang lebih 5 tahun, namun dalam proses bisnis UMKM Diva Home Cake masih berjalan secara manual. Hal ini menyebabkan proses bisnis tidak berjalan secara efektif dan efisien. Untuk itu fokus penelitian ini adalah pengimplementasian software Odoo pada Diva Home Cake dari proses pembelian bahan baku, persediaan, manufaktur, hingga penjualan dengan tujuan agar semua elemen yang terlibat dalam proses bisnis terintegrasi dengan sistem infomasi.


Keywords


Enterprise Resource Planning (ERP), Odoo, Industri, Makanan

Full Text:

PDF

References


Agung, A., Mahendra Yana, G., Made, G., Sasmita, A., Hary, N., & B3, S. (2022). Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan Odoo 14 (Studi Kasus: Usaha Garmen Pada Club Ink Bali. In JITTER-Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer (Vol. 3, Issue 3).

Akbar, R., & Rahmi Arici, Y. (2015). Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Sistem Informasi Pembelian, Persediaan, dan Penjualan Barang pada Toko Emi Grosir dan Eceran. In TEKNOSI (Vol. 01, Issue 01).

Amrina, U., Lufti, M. I., Oktora, R. A., Pratama, B., & Putra, K. (2021). Implementasi Erp Pada Proses Bisnis Di Ikm Kosmetik Menggunakan Odoo 14.0 (Vol. 4, Issue 1).

Heizer, J. dan B. R. (2015). Operations Management (Buku 1 edisi ke 11). Salemba.

Nawawi Muhammad. (2018). Dampak Implementasi Erp Terhadap Kapabilitas Organisasi Dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 11, 283–253.

Purwanto, H., Asmara, M. A., Nugraha, R. W., Shiddieq, F., & Shidiq, A. P. (2022). Implementasi Customer Relationship Management Sistem Informasi Lapangan Futsal Menggunakan Aplikasi Odoo. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 11, 929–930.

Rondonuwu, G., Pangemanan, S. S., Mawikere, L. M., Ekonomi dan Bisnis, F., & Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado, J. (2016).

Evaluasi Penerapan Metode Persediaan Berdasarkan Metode Fifo Pada Pt. Honda Tunas Dwipa Matra Manado Evaluation Of Inventory Method Based On Fifo Method At Pt. Honda Tunas Dwipa Matra Manado. Jurnal EMBA, 4(4), 268–278.

Sabilina Ababil, P., Pratiwi, D., & Siswanto, T. (2023). Implementasi Enterprise Resources Planning Berbasis Odoo Pada Rumah Makan Kluwak Rawon. In Teknik Komputer dan Teknologi Pendidikan (JUSTIKPEN) (Vol. 3, Issue 1).

Slamet Harianto. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Publiciana.

Sutiah, & Supriyono. (2019). Analisis dan Implementasi Timesheet Odoo ERP 10 dalam Manajemen Proyek Perangkat Lunak Pembelajaran PAI Berbasis ICT.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v7i1.1909

Article Metrics

Abstract views : 0 times
PDF views : 0 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats