STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL PADA PASAR GUNTUR CIAWITALI GARUT

Husni Muharam, Wati Susilawati, Siti Sarofah

Abstract


Pasar tradisional merupakan tempat terjadinya hubungan atau interaksi antar orang yang melakukan jual beli. Salah satu mata pencaharian masyarakat Garut yang perlu perhatian dari pemerintah adalah di Pasar Tradisional. Salah satu pasar terbesar yang merupakan pasar induk yang ada di Garut adalah Pasar Guntur Ciawitali dengan jumlah kios dan los jalur 3.085 untuk tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal dari Pasar Guntur Ciawitali Garut dan untuk mengetahui strategi yang menjadi upaya pengembangan Pasar Guntur Ciawitali Garut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan penentuan informan secara purposive sampling sebanyak 5 orang dan narasumber 1 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dan AHP (Analytic Hierarchy Process). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa faktor eksternal dan faktor internal memiliki pengaruh pada Pasar Guntur Ciawitali Garut yaitu faktor eksternal terdiri dari kekuatan pasar Guntur Ciawitali Garut terdiri dari lokasi yang strategis, target konsumen semua kalangan, masih terdapat budaya tawar menawar, terdapat upaya perbaikan pasar, produk yang variatif, dan harga produk yang dijual sangat murah.  


Keywords


Strategi Pengembangan, Pasar Tradisional, SWOT, AHP

Full Text:

85-94

References


Astiti, B., Nugroho, A., Nurcahyanto, H., Publik, J. A., Professor, J., Soedarto, H., Hukum, S., Semarang, T., & Pos, K. (2016). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional di Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 5(1), 187–198.

Bastomi, M., & Asrori, M. S. (2022). MENINGKATAKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19. 5(1), 51–56.

David, F. R. (2004). Manajemen Strategis: Konsep-konsep (9th ed.). PT Indeks Kelompok Gramedia.

Ernawati, Mahardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2022). Pengembangan keunggulan kompetitif umkm melalui strategi orientasi pasar dan inovasi produk. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 5(2), 144–153.

Hanifah, H. S., Muharam, H., & Kartiko, E. (2023). Ekonomi Pembangunan Edisi Revisi (H. Muharam (ed.); Edisi Revi). Universitas Garut.

Ketchen. (2009). Strategy 2008-2009. McGraw-Hill.

Kotler, P., & Keller., K. L. (2016). “Marketing management (15th global ed.).” (15th ed.). England: Pearson.

Liu, Y., Eckert, C. M., & Earl, C. (2020). A review of fuzzy AHP methods for decision-making with subjective judgements. Expert Systems with Applications, 161, 113738.

Malelak, S. L., Olviana, T., & Nainiti, S. P. N. (2019). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Kasih Naikoten 1 Kecamatan Kota Raja Kota Kupang Pendahuluan. Buletin Excellentia, VIII(2).

Maulanal, R., Purnama, D. R., Utari, C. E., Sari, J., & Trimerani, R. (2022). STRATEGI PEMASARAN PRODUK BAKSO KULIT PISANG. 5(2), 113–121.

Munthafa, A. E., Mubarok, H., Teknik, J., & Universitas, I. (2017). Application of the Analytical Hierarchy Process Method in the Decision Support System for Determining Outstanding Students. Jurnal Siliwangi, 3(2), 192–201.

Purwanto, I. (2015). Manajemen Strategi. CV Yrama Widya.

Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT. PT. Gramedia Pustaka.

Septinor, B. (2016). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi

Pemasaran Sepeda Motor Honda Pada Cv. Semoga Jaya Di Area Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. EJournal Administrasi Bisnis, 4(1), 116–127.

Susanti, I., Darmawan, D., & Astiti, N. (2014). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Kertha, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur. Jurnal Manajemen Agribisnis, 2(1), 26280.

Wulansari, W., Fauziyah, D., Hidayat, T., Ramasiah, S., Prehanto, A., & Nuryadin, A. (2022). PERKEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DI KOTA TASIKMALAYA PADA ERA DIGITAL. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2).




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1556

Article Metrics

Abstract views : 679 times
85-94 views : 536 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats