STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL PADA PASAR GUNTUR CIAWITALI GARUT
Keywords:
Strategi Pengembangan, Pasar Tradisional, SWOT, AHPAbstract
Pasar tradisional merupakan tempat terjadinya hubungan atau interaksi antar orang yang melakukan jual beli. Salah satu mata pencaharian masyarakat Garut yang perlu perhatian dari pemerintah adalah di Pasar Tradisional. Salah satu pasar terbesar yang merupakan pasar induk yang ada di Garut adalah Pasar Guntur Ciawitali dengan jumlah kios dan los jalur 3.085 untuk tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal dari Pasar Guntur Ciawitali Garut dan untuk mengetahui strategi yang menjadi upaya pengembangan Pasar Guntur Ciawitali Garut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan penentuan informan secara purposive sampling sebanyak 5 orang dan narasumber 1 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dan AHP (Analytic Hierarchy Process). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa faktor eksternal dan faktor internal memiliki pengaruh pada Pasar Guntur Ciawitali Garut yaitu faktor eksternal terdiri dari kekuatan pasar Guntur Ciawitali Garut terdiri dari lokasi yang strategis, target konsumen semua kalangan, masih terdapat budaya tawar menawar, terdapat upaya perbaikan pasar, produk yang variatif, dan harga produk yang dijual sangat murah. ÂReferences
Astiti, B., Nugroho, A., Nurcahyanto, H., Publik, J. A., Professor, J., Soedarto, H., Hukum, S., Semarang, T., & Pos, K. (2016). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional di Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 5(1), 187–198.
Bastomi, M., & Asrori, M. S. (2022). MENINGKATAKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19. 5(1), 51–56.
David, F. R. (2004). Manajemen Strategis: Konsep-konsep (9th ed.). PT Indeks Kelompok Gramedia.
Ernawati, Mahardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2022). Pengembangan keunggulan kompetitif umkm melalui strategi orientasi pasar dan inovasi produk. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 5(2), 144–153.
Hanifah, H. S., Muharam, H., & Kartiko, E. (2023). Ekonomi Pembangunan Edisi Revisi (H. Muharam (ed.); Edisi Revi). Universitas Garut.
Ketchen. (2009). Strategy 2008-2009. McGraw-Hill.
Kotler, P., & Keller., K. L. (2016). “Marketing management (15th global ed.).†(15th ed.). England: Pearson.
Liu, Y., Eckert, C. M., & Earl, C. (2020). A review of fuzzy AHP methods for decision-making with subjective judgements. Expert Systems with Applications, 161, 113738.
Malelak, S. L., Olviana, T., & Nainiti, S. P. N. (2019). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Kasih Naikoten 1 Kecamatan Kota Raja Kota Kupang Pendahuluan. Buletin Excellentia, VIII(2).
Maulanal, R., Purnama, D. R., Utari, C. E., Sari, J., & Trimerani, R. (2022). STRATEGI PEMASARAN PRODUK BAKSO KULIT PISANG. 5(2), 113–121.
Munthafa, A. E., Mubarok, H., Teknik, J., & Universitas, I. (2017). Application of the Analytical Hierarchy Process Method in the Decision Support System for Determining Outstanding Students. Jurnal Siliwangi, 3(2), 192–201.
Purwanto, I. (2015). Manajemen Strategi. CV Yrama Widya.
Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT. PT. Gramedia Pustaka.
Septinor, B. (2016). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi
Pemasaran Sepeda Motor Honda Pada Cv. Semoga Jaya Di Area Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. EJournal Administrasi Bisnis, 4(1), 116–127.
Susanti, I., Darmawan, D., & Astiti, N. (2014). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Kertha, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur. Jurnal Manajemen Agribisnis, 2(1), 26280.
Wulansari, W., Fauziyah, D., Hidayat, T., Ramasiah, S., Prehanto, A., & Nuryadin, A. (2022). PERKEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DI KOTA TASIKMALAYA PADA ERA DIGITAL. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2).
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).