STRATEGI PEMASARAN PRODUK BAKSO KULIT PISANG (BAKUSANG)

Rizal Maulana, Derik Rizki Purnama, Cut Eka Utari, Juwita Sari, Resna Trimerani

Abstract


Pisang merupakan salah satu sumber pangan yang mudah didapatkan di daerah tropis. Selain buahnya yang bisa dimakan, kulit pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku produk makanan salah satunya adalah bakso. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan strategi pemasaran produk yang dilakukan oleh usaha PKM Kewirausahaan Bakusang. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif. Hasil yang didapatkan dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha PKM Kewirausahaan Bakusang adalah lebih mengutamakan strategi untuk mempromosikan dan mengenalkan produk untuk menarik minat konsumen. Berdasarkan hasil analisis SWOT, usaha PKM Kewirausahaan Bakusang memiliki kelemahan, ketersediaan bahan baku kulit pisang berkualitas yang tidak selalu tersedia sehingga strategi yang diterapkan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membangun jaringan (networking) untuk menambah relasi dari pemasok lain. Pengembangan dan inovasi produk bakso kulit pisang perlu dilakukan untuk keberlanjutan usaha.

Keywords


Kewirausahaan, Inovasi, Bisnis, Ide

Full Text:

PDF

References


Amini Khoozani, A., Birch, J., & Bekhit, A. E. D. A. (2019). Production, application and health effects of banana pulp and peel flour in the food industry. Journal of Food Science and Technology, 56(2), 548–559.

Aryani, T., Mu’awanah, I. A. U., & Widyantara, A. B. (2018). Karakteristik Fisik, Kandungan Gizi Tepung Kulit Pisang dan Perbandingannya terhadap Syarat Mutu Tepung Terigu. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 2(2), 45.

BPS. (2019). Produksi Tanaman Buah-buahan 2021.

Gumbira, S. E., & Rachmayanti. (2001). Manajemen Teknologi Agribisnis : Kunci Menuju Daya Saing Global Produk Agribisnis (edisi 1). Ghalia Indonesia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Erlangga.

Murnawan, H., Widiasih, W., & Tandriana, S. (2016). Perancangan Produk Pispot Dua Bagian Dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) Dan Analisis SWOT. Simposium Nasional RAPI XV, 497–503.

Rangkuti, F. (2014). ANALISIS SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sofjan, A. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2001). Perancangan dan pengembangan produk. Salemba Teknika.

Winarto, H. (2011). Strategi Pemasaran. Makalah Ilmiah Ekonomika, 14(3), 124–128




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i2.1310

Article Metrics

Abstract views : 765 times
PDF views : 722 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats