PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BITTERSWEET BY NAJLA

Novika Hidayani, Muhammad Arief

Abstract


Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, brand image dan harga terhadap kepuasan konsumen bittersweer by najla. Penelitian ini dilakukan kepada pembeli yang pernah membeli bittersweet by Najla sebanyak 200 responden. Penelitian menerapkan teknik purposive sampling. Pengumpulan data primer dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form. Teknik analisis data menerapkan regresi linear berganda dengan kepuasan konsumen sebagai variabel dependen, kualitas produk, brand image serta harga sebagai variabel independen. Hasil pada penelitian telah membuktikan variabel kualitas produk berkorelasi signifikan terhadap kepuasan konsumen, brand image berkorelasi signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga tidak berkorelasi signifikan terhadap kepuasan konsumen serta kualitas produk, brand image serta harga memiliki pengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen.


Keywords


Kualitas Produk, Brand Image, Harga dan Kepuasan Konsumen

Full Text:

60-74

References


Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis.

Arief, M. Y., & Faizah, S. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Faizah Cake. Jurnal Produktivitas, 8(1), 125–129.

Ashraf, M. A., & Niazi, A. (2018). Impact of Brand Image, Service Quality and Trust on Customer Loyalty, Moderating Effect of Perceived Price Fairness and the Mediating Effect of Customer Satisfaction: Case Study on Telecommunication Sector of Pakistan. SSRN Electronic Journal.

Chen, Y. C. (2017). The relationships between brand association, trust, commitment, and satisfaction of higher education institutions. International Journal of Educational Management.

Darmawan, K. G., Yulianthini, N. N., & Mahardikha, A. . N. Y. M. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN CITRA TOKO TERHADAP

KEPUASAN KONSUMEN. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).

Didiharyono, D., Marsal, M., & Bakhtiar, B. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Dengan Metode Six-Sigma Pada Industri Air Minum PT Asera Tirta Posidonia, Kota Palopo. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam.

Erida, Indrawijaya, S., & Abdilah, D. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK KAOS MEREK JAKOZ (THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY AND BRAND

IMAGE ON CONSUMER SATISFACTION OF JAKOZ BRAND T-SHIRT

PRODUCT). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 9(1).

Ernawati, Sinambela. A. (2022). Pengembangan keunggulan kompetitif umkm melalui strategi orientasi pasar dan inovasi produk. 5(2), 144–153. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan.

Fandy Tjipono. (2016). Service, Quality and Satisfaction Edisi 4. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA

GOJEK ONLINE. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.

Fermayani, R., Egim, A. S., & Harahap, R. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Yamaha Nmax ( Studi Kasus Pada PT. Yamaha Tjahaja Baru ). Jurnal Ecogen, 4(3), 427–435.

Fitrajaya, P. H., & Nurmahdi, A. (2019). The Impact of Product Quality, Brand Image and Service Quality toward Customer Loyalty. International Humanities and Applied Science Journal.

Fiza Anisa, H. P. (2021). Pengaruh Desain, Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Yamaha N-Max (Studi kasus pada masyarakat Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 8(2), 179.

Ghozali, I. (2016a). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro , 2016.

Ghozali, I. (2016b). Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro. IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1).

Hair, Anderson, Tatham, & & B. (2008). Multivariate Data Analysis Fifth Edition (USA :Pren).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Global Edition. In Pearson Education Limited.

Kotler Philip, & Keller K. (2016). Marketing Management 15th Global Edition. In England: Pearson Educationn Limited.

Kurniawan, D. E. A., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2018). Pengaruh International Brand Image dan Persepsi Harga Minat Penggunaan Ulang (Survei pada Konsumen Layanan GrabCar di Kota Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 65(1).

M, A., & Ali, H. (2017). Model Kepuasan Pelanggan: Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Merek Pada Giant Citra Raya Jakarta. Jurnal Manajemen, 21(3), 317.

Muafa, I. W., Awal, M., Wahyudhi, C. A., Waas, S., Noer, E., & Jusni. (2020). The effect of product quality and service quality on customer satisfaction in crocodile skin crafts industry. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.

Nizar, N., Silalahi, M., Sofiyan, S., & Sinaga, O. S. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT FAST FOOD INDONESIA, Tbk KFC BOX RAMAYANA

PEMATANGSIANTAR. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2).

Nofrianda, H. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen Industry/ Toko Bakery di Kota Bengkulu). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen.

Oliver, R. L. (2014). Satisfaction: A behavioral perspective on the consumer, Second edition. In Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer, Second Edition.

Özkan, P., Süer, S., Keser, İ. K., & Kocakoç, İ. D. (2019). The effect of service quality and customer satisfaction on customer loyalty: The mediation of perceived value of services, corporate image, and corporate reputation. International Journal of Bank Marketing, 38(2), 384–405.

Parry, M. E., Sarma, S., & Yang, X. (2021). The Relationships among Dimensions of Perceived Risk and the Switching Intentions of Pioneer Adopters in Japan. Journal of International Consumer Marketing.

Philip Kotler, K. L. K. (2012). Marketing management — 14th ed. In General Equilibrium Theory.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer (Cetakan Ke). Alfabeta.

Putri, I. I., Sofyan, S., & Rahmaddiansyah, R. (2017). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK ROTIBOY DI KOTA BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 2(2).

Ramayana Munthe, M., & SeriIdahnaita Ginting, R. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Citra Merek, Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Susu Dancow Di Kota Medan. Jurnal Teknovasi, 08(18), 100–118.

Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. (2016). The Impact of Product Quality and Price on Customer Satisfaction with the Mediator of Customer Value. Journal of Marketing and Consumer Research.

Safitri, S. A., Suharno, S., & Fariyanti, A. (2017). Bauran Pemasaran Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Benih Kelapa Sawit Pt Socfin Indonesia. Jurnal Manajemen, 21(1), 71.

Sari, D. A. T. (2020). Role of consumer satisfaction in mediating effect of product quality on repurchase intention. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences.

Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748.

Setiawan, E. (2019). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN

PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA KURIR JNE, AGEN JASAFA JATIASIH, BEKASI, JAWA BARAT. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.

Shartykarini, S., Firdaus, R., & Rusniati. (2016). DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pengunjung Cafe di Banjarbaru). Jurnal Wawasan Manajemen.

Sinambela, E. A. (2022). Pengembangan keunggulan kompetitif umkm melalui strategi orientasi pasar dan inovasi produk. 5(2), 144–153.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sundari, P. F. A., & Khuzaini. (2021). PENGARUH HARGA, CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DARI “BRAND ZOYA.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(4), 2–18.

Surya, A. P., & Kurniawan, A. (2021). The Effect of Product Quality and Perceived Price on Customer Satisfication and Loyalty: Study on Halal Cosmetic Products In Indonesia. International Journal of Economics, Business and Management Research, 5(04).

Tandenga, R., Soegoto, A. S., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pengguna Kopi Bubuk Fortorang Pada Pt. Fortuna Inti Alam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1258–1267.

Tho, N. X., Lai, M.-T., & Yan, H. (2017). The Effect of Perceived Risk on Repurchase Intention and Word – of – Mouth in the Mobile Telecommunication Market: A Case Study from Vietnam. International Business Research.

Umar, & Husein. (2016). Study Kelayakan Bisnis (Edisi Ke 3). Gramedia Pustaka Utama.

Wahab, E., A. Aziz, D. Darmawan, M. Hashim & Y. Fan. (2017). Marketing New Products to Mainstream Customers, Journal of Economics and Business, 8(2), 239-246.

Zakaria, D. G., & Suwitho. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).

Zhong, Y., & Moon, H. C. (2020). What drives customer satisfaction, loyalty, and happiness in fast-food restaurants in china? Perceived price, service quality, food quality, physical environment quality, and the moderating role of gender. Foods.

Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Terhadap Rema Laudry Dan Simply Fresh Laundry Di Jalan Cikutra Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(1).




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1268

Article Metrics

Abstract views : 1856 times
60-74 views : 1240 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats