PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL PADA USAHA MIKRO KECIL DI KOTA TASIKMALAYA

Reyhan Qatrunada Usulu, Balebat Dwi Adisubagja, Dhea Febrianti, Azizah Azhar, Adi Prehanto, Asep Nuryadin

Abstract


Literasi digital yang semakin berkembang melalui teknologi informasi dapat memudahkan dan memfasilitasi para UMK dalam melatih skill pada usahanya. Hal tersebut memberikan dampak positif pada perubahan UMK di Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya merupakan kota industri kreatif yang telah berkembang melalui teknologi digital. Teknologi digital yang memiliki banyak jenis penerapan pada kota industri dapat memperkuat persaingan pada tiap usaha. Salah satu penerapan yang sering digunakan oleh kota industri kreatif adalah strategi pemasaran digital. Strategi ini mampu mengubah gaya hidup para usaha di Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak UMK  yang telah menerapkan pemasaran digital dan  mengetahui seberapa pengaruh kemudahan teknologi dalam pengembangan usaha. Metode pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis dan ditafsirkan dalam bentuk penjelasan hasil dan pembahasan yang didapatkan. Populasi yang didapatkan berdomisili di Kota Tasikmalaya dengan jumlah sampel sebanyak 4 responden. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, para UMK merasakan dampak positif seperti pengurangan biaya dan meluasnya jangkauan konsumen dari penggunaan pemasaran digital pada usaha, namun masih banyak juga yang belum memanfaatkan media sosial tersebut secara maksimal dikarenakan kekurangan SDM yang mengurusi sosial media dan kurangnya ilmu yang dimiliki.


Keywords


Literasi digital; Strategi; Pemasaran Digital; UMK

Full Text:

34-40

References


Abid, M. (2021). Belajar Memulai Bisnis Umkm. Entrepreneurial Mindsets & Skill, 35.

Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk Bagi UMKM Di Jawa Timur.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Arsj, F. R. (2021). Sosialisasi Desain Kemasan Sebagai Daya Tarik Produk Bagi UMKM Makanan Dan Minuman Jakpreneur Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 4(2), 75-83.

Aziati, Y. (2020). Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E-Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean. Applied Information Systems and Management (AISM), 2(2), 77-80.

Bakhri, S. (2020). Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Pelaku Industri Kecil dan Menengah. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 5(1), 54-65.

Chakti, A., G. (2019). The Book Of Digital Marketing. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Dewi, N. P. R. C. (2020). Digital Marketing Strategy On Travel Tourism Business In Marketing 4.0 Era. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 7(3), 58-64.

Febriyanto, M., T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76.

Handika, M,. R., & Darma, G., S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 192-203.

Harini, C., Wulan, H., S., & Agustina, F. (2021). Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Menggunakan Digital Marketing Pada UMKM Kota Semarang. Daya Saing: Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 23(2), 90-96.

Hidayat, M. A., Addaraini, A. F. M., Rahman, M. R., & Hilmi, D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Berbasis Distance Learning. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 53-64. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, 6(1), 53-64.

Hutahaean, J., Harmayani, H., Apdilah, D., Rahayu, S., & Siregar, E. S. (2022). Literasi Digital: Bijak Dalam Berekspresi Dan Bermedia Sosial. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Kementerian Keuangan RI. (2022, Mei 5). Cara Cerdas Pemasaran Digital untuk Produk UMKM. Diakses dari https://pip.kemenkeu.go.id/id/data-publikasi/berita-terbaru/133-cara-cerdas-pemasaran-digital-untuk-produk-umkm.html.

Koeswandi, T., A., dkk. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Digital UMKM Terdampak Covid-19 Di Kota Tasikmalaya. Jumbiku: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 1(3), 75-80.

Marthalina, M. (2018). Pemberdayaan Perempuan Dalam Mendukung Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Indonesia. J-3P (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan), 3(1), 59-76.

Kurnia, N., Wendratama, E., Adiputra, W. M., & Poerwaningtias, I. (2019). Literasi digital keluarga: Teori dan praktik pendampingan orangtua terhadap anak dalam berinternet. UGM PRESS.

Nurpratama, M., & Anwar, S. (2020). Penerapan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) di kelurahan karangmalang kecamatan indramayu kabupaten indramayu: Implementation Of Digital Marketing For Micro, Small And Businesses Medium (UMKM) In Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi, 6(2), 87-102.

Rizal, C., Rosyidah, U. A., Yusnanto, T., Akbar, M. R., Hidayat, L., Setiawan, J., ... & Novita, Y. (2022). Literasi digital. Get Press.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137-148

Widyaningrum, M., D., Sulistyowati, L., N., & Kadi, D., C., A. (2022). Studi Komparatif Strategi Influencer Marketing, Media Pemasaran Dan Pemanfaatan Aplikasi GoFood Dan GrabFood Guna Mempertahankan Eksistensi UMKM Kuliner Di Kota Madiun (Studi Kasus UMKM Kuliner Di Kota Madiun). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 4. Madiun: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas.

Yulia, L., & Setianingsih, W. (2020). Studi Manajemen Marketing Berbasis Online (Penelitian Pada UMKM Produksi Mebel Di Desa Tamansari Babakan Muncang I Kota Tasikmalaya). Jurnal Maneksi, 9(1), 346-354.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1241

Article Metrics

Abstract views : 379 times
34-40 views : 241 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats