PENGARUH PERCEIVED QUALITY WEBSITE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE TAMAN WISATA MATAHARI
Keywords:
perceived quality website, TAM, minat berkunjungAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived quality webside terhadap minat berkunjung ke Taman wisata Matahari. Penilaian atas perceived quality website menggunakan dimensi Technology Acceptance Model (TAM) dengan lima konstruk yaitu perceived Ease of Use, perceived usefulness, attitude toward using, behavioral intention to use, dan actual technology usage. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna website dan pengunjung dewasa Taman Wisata Matahari berjumlah 785.607, pengambilan sampel sebesar 100 dengan menggunanakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis dan analisis korelasi determinasi. Total rata-rata tanggapan pengunjung terhadap perceived quality website Taman Wisata Matahari sebesar 3,99 yang artinya pengunjung setuju. Rata-rata penilaian responden pada minat berkunjung ke Taman Wisata Matahari sebesar 4,13, artinya bahwa website Taman Wisata Matahari sangat mampu mendorong minat pengunjung untuk melakukan kunjungan ke Taman Wisata Matahari. Secara keseluruhan pengaruh perceived quality website terhadap minat berkunjung adalah sebesar 34,4% dan sisanya sebesar 65,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak temasuk dalam penelitian ini.References
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung, CV Alfabeta.
Ardhiani, L, N. (2015). Analisis Faktor-faktor Penerimaan Penggunaan Quipperschool.com Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model dan Theory Of Planned Behavior (TPB) di SMA Negeri 7, Yogyakarta. Dicatat dari : http://eptints.uny.ac.id/20550.1/lisa% 20noor%20ardhiani_10520241012.pdf 18 April 2016
Hanggono, A, A & Handayani, S, R. (2015.) Analisis Atas Praktek Technology Acceptance Model Dalam Mendukung Bisnis Online Dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial Instagram, Kota Malang. Dicatat dari : http://administrasibisnis.studentjournel.ub.ac.id/45642/1107_purnawan.pdf18 April 2016
Hidayat, R. (2010). Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT. Elex Media Komputind.
Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.
Kotler, P & Kevin L, K. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Indonesia : PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Kotler, P & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, K. (2012). Marketing Management 14th Ed. Pearson Education
Pajlin,E, J. (2016), Analisis Perceived Quality Website Sebagai Media Promosi dan Pengaruh Terhadap Minat Berkunjung di Galeri Nasional Indonesia,Universitas Sahid Jakarta
Purnawan, M, R. (2015). Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kunjungan Wisatawan Ke Museum. Semarang. Dicatat dari : http://eprints.undip.ac.id/45642/1107_purnawan.pdf 18 April 2016
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Sherina. D, Ni L. N & Suartana, I. W. (2014). Analisis Technology Acceptance Model Terhadap Penggunaan Sistem Informasi di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Denpasar. Dicatat dari : http://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/7797, 18 April 2016
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. ALFABETA.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Industri Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).