PENERAPAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENGUNJUNG PADA EVENT SOLO MENARI
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung, Event Solo Menari, IndikatorAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi penerapan kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pengunjung pada event "Solo Menari 2024â€. Metode penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta analisis dokumentasi. Indikator kualitas pelayanan yang dianalisis seperti tangible, reliability, responsiveness, assurance, serta empathy. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 sampel dengan kriteria yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh penyelenggara event Solo Menari 2024 dinilai baik oleh para pengunjung yang hadir berdasarkan dengan wawancara yang telah dilakukan. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti penertiban kebersihan di area event, memperbanyak papan petunjuk arah, dan memperbanyak fasilitas tempat sampah di area event tersebut. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan, terutama pada aspek tangible dan empathy, guna memastikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung di masa mendatang.References
Anthony, L., & Retno, B. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang. Jurnal Ekonomi Bisnis, 19 (3).
Arianto, M., & Mahmudah, N. (2014). Analisis Kepuasan Konsumen Di Jatiroso Catering Service. Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan, 1(2), 106-107.
Aryani Ramadhini, D. S., Puspita, N., & Rossi, F. N. (2023). Cap Go Meh Festival as a Cultural Event in Bogor City. Asia-Pacific Journal of Innovation in Hospitality & Tourism, 12(3).
Dimas, Y. F. (2011). Variabel Dan Sub Variabel [Online]. Tersedia di https://www.Scribd.Com/Doc/51225147/Variabel-Dan-Sub-Variabel [Diakses pada tanggal 5 Juni 2024].
Hakim, L. N. (2021). Effect of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an Intervening Variables (Case Study on the Tirta Jasa Lampung Selatan Regional Company (PDAM)). Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 1(1), 48-56.
Harahap, D. A. (2018). Kepuasan Pengunjung Tempat Wisata Pemandian Hairos Waterpark Medan. Jurnal Plans, 394-402.
Hartono, N. A., Dida, S., & Hafiar, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Special Event Jakarta Goes. Jurnal Komunikasi, 164.
McCartney, G. (2010). Event Management. An Asian Perspective. Singapore: McGraw-Hill Asia.
Meidinata, N. (2024). Animal Movements Jadi Tema Solo Menari yang Diadakan 29 April 2024 [Online]. Tersedia di soloraya.solopos.com: https://soloraya.solopos.com/animal-movements-jadi-tema-solo-menari-yang-diadakan-29-april-2024-1885486 [Diakses pada tanggal 19 Mei, 2024].
Noor, A. (2017). Manajement Event (Ed. Rev, Cet. 3. ed.). Bandung: Alfabeta.
Pratama, H. F. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Objek Wisata Sejarah Benteng Marlborough Di Kota Bengkulu. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 4(1).
Primasasti, A. (2024). Uniknya Solo Menari 2024: Kolaborasi Seni dan Alam pada Tarian [Online]. Tersedia di Pemerintah Kota Surakarta: https://surakarta.go.id/?p=30918 [Diakses pada tanggal 5 Mei 2024]
Rahmawati, I. F., Roswaty., & Lazuarni, S. (2024). Pengaruh Strategi Event Marketing, dan Sponsorship Terhadap Brand Awareness Produk Noodle di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Kota Palembang. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 1266-1278.
Satori, Djam’an. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Satria M., R. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Sport Event Terhadap Kepuasan Peserta Jakarta Marathon 2020. Journal of Event, Travel and Tour Management, 2(1), 1-8.
Setiadi, K. P., & Manafe, L. A. (2021). Penerapan Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan. Kalianda Halok Gagas, 4(1), 22-33.
Sinollah., & Masruro. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual–Parasuraman) dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen). Dialektika: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 45-64.
Siswadhi, F. (2016, Oktober). Analisa pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan badan pertanahan nasional kabupaten kerinci terhadap kepuasan masyarakat. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis dan Akuntasi, 3(1), 177-183.
Surya, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Aries Motor Di Belilas Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Repository Universitas Islam Riau, 14.
Wahyuningtias, D., Putranto, T. S., & Kusdiana, R. N. (2014). Uji Kesukaan Hasil Jadi Kue Brownies Menggunakan Tepung Terigu Dan Tepung Gandum Utuh. Binus Jurnal Publishing, 5(1), 57-65.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Jurnal Industri Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).