KULINER LOKAL SEBAGAI DAYA TARIK KOTA MALANG
Keywords:
Kuliner Lokal, Pariwisata, TradisionalAbstract
Perkembangan kuliner Indonesia terus berubah dengan hidangan yang semakin unik dan nikmat. Industri kuliner lokal semakin tergeser. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi kuliner khas kota Malang yang menjadi daya tarik wisata. Menjamurnya bisnis kuliner yaitu: restoran, kafe dan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Koridor Jalan Sukarno Hatta Malang, menambah kota ini tidak ada sepinya siang malam ramai. Jenis penelitian kualitatf dengan pendekatan literatur review. Pengumpulan data melalui penelusuran situs Google, Google Scholar, Researchgate, Simantic, neliti. Hasil penelitian menunjukkan kuliner lokal menjadi daya tarik wisatawan datang untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Untuk itu, pemerintah dan masyarakat sudah seharusnya bersama-sama bersinergitas dan kolaborasi dalam meningkatkan brand kota kuliner sebagai kota kuliner dengan mengadakan event – event yang dapat menarik, wisatawan menikmati sajian kuliner kas Malang. Melestarikan makanan lokal yang menjadi khas Malang. Menata dan memberikan ruang bagi pelaku usaha bisnis kuliner sehingga dapat dengan mudah para wisatawan menemukan makanan dan minuman khas lokal Malang.References
Ariesta, D., Sukotjo, E., & Suleman, N. R. (2020). The effect of attraction, accessibility and facilities on destination images and it’s impact on revisit intention in the marine tourism of the wakatobi regency. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 6605–6613.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). PT RinekaCipta.
Prayogo, D., & Suryawan, I. B. (2018). Dampak Fenomena Wisata Kuliner Terhadap Kunjungan Wisatawan di Kota Malang, Jawa Timur. Jurnal Destinasi Pariwisata, 5(2), 335. https://doi.org/10.24843/jdepar.2017.v05.i02.p24
Safitri, H., & Kurniansyah, D. (2021). Analisis Komponen Daya Tarik Wisata di Desa Wisata Cibeusi. Kinerja 18, 18(4), 497–501.
Sasongko, I., Setiawan, A., & Purnama, Y. S. (2019). Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Kuliner di Sepanjang Koridor Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang. Perencanaan Wilayah Dan Kota, 3, 34–67.
Setioko, M. D. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Wisata Kota Di Kota Malang. Jurnal Pariwisata Pesona, 4(1), 81–88. https://doi.org/10.26905/jpp.v4i1.2524
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung). CV Alfabeta.
Wijayanti, A., Studi, P., Universitas, P., Sarana, B., & Kota, P. (2020). 7998-22257-1-Pb. 11, 74–82. https://doi.org/10.31294/khi.v11i1.7998
Zahrulianingdyah, A., & Zahrulianingdyah, A. (2018). Kuliner Sebagai Pendukung Industri Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 6(1), 1–9. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/article/view/16667
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal Industri Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).








