PENGARUH KUALITAS PELAYANAN VIRTUAL EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM PENERANGAN DI TMII JAKARTA

Miswan Miswan, Sarah Austriana, Uuh Sukaesih

Abstract


Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan Virtual Experience Museum Penerangan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), untuk mengetahui kepuasan pengunjung  Virtual Experience  Museum Penerangan di TMII, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Virtual Experience museum terhadap kepuasan pengunjung Museum Penerangan di TMII. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang sudah mengunjungi virtual experience Museum Penerangan TMII dalam bentuk link google form. Metode analisis dilakukan dengan analisis deskriptif (untuk tujuan 1 dan 2) menggunakan skala interval dari 1 sampai 5, yang selanjutnya dihitung persentase dan rata-rata dan disajikan dalam tabel. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Virtual Experience museum terhadap kepuasan pengunjung Museum Penerangan di TMII digunakan model regresi linear sederhana dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kualitas pelayanan yaitu 4,22 (nilai tertinggi  = 5) termasuk kategori  baik, nilai rata-rata kepuasan pengunjung yaitu 4,04 (nilai tertinggi  = 5) termasuk kategori  puas, kualitas pelayanan Virtual Experience berpengaruh signifikan (signifikan = 0,000) terhadap kepuasan pengunjung Museum Penerangan TMII. 


Keywords


Virtual Experience; Museum Penerangan TMII

Full Text:

PDF

References


Barbieri, L., Bruno, F., & Muzzupappa, M. (2017). Virtual museum system evaluation through user studies. Journal of Cultural Heritage, 26, 101-108.

International Council of Museums (2017) ICOM Statutes, As amended and adopted by the Extraordinary General Assembly on 9th June 2017. ICOM, Paris.https://icom.museum/wpcontent/uploads/2018/07/2017_ICOM_Statutes_EN.pdf Diakses: 16 Agustus 2021.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga. Laksana. Terjemahan Fajar.

Kotler, P. Keller.(2012) Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall. Inc.

Lupiyoadi. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Normasari, S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan Survei Padatamu Pelanggan Yang Menginap Di Hotel Pelangi Malang (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Pemerintah Republik Indonesia (1995) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 1995 tentang Pemeliharaan dan Pemanfaatan Bangunan Cagar Budaya (BCB). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1995, Nomor 35.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.

Sukmawati, I., & Massie, J. D. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).Sembiring, Inka Janita. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk loyalitas Pelanggan di McDonald’s MT.Haryono Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 79, No 1.

Tjiptono, F., & Pemasaran, S. (2015). Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa–prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Widiawati. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Suatu Supermarket Di Kota Bandung. Jurnal KELOLA: Jurnal Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v4i2.691

Article Metrics

Abstract views : 695 times
PDF views : 803 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats