TANTANGAN DAN STRATEGI UNIT USAHA EKONOMI KREATIF TENUN IKAT NTT DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tantangan yang dialami oleh unit usaha ekonomi kreatif dalam bidang industri kriya yakni Tenun Ikat NTT. Selanjutnya deskripsi akan dilanjutkan dengan menganalisis upaya untuk menghadapi tantangan yang muncul akibat pandemic COVID-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi pada kelompok usaha dan pengrajin tenun ikat NTT, wawancara dengan pengelola unit usaha, melakukan focus group discussion dengan 12 anggota kelompok pengrajin, studi literature, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat tantangan utama bagi unit usaha ekonomi kreatif dalam menghadapi dampak pandemic, yakni : (1) penurunan pendapatan, (2) hilangnya kesempatan kerja, (3) tuntutan inovasi produk, dan (4) tantangan pemanfaatan teknologi. Tantangan yang telah dielaborasi mengarahkan strategi berikut untuk mempertahankan unit usaha dalam menghadapi pandemic COVID-19: (1) Penerapan CHSE, (2) Inovasi produk dan perlindungan HKI, (3) meningkatkan kerjasama, dan (4) mengikuti event pariwisata dalam rangka peningkatan volume penjualan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, F. D. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha" Emping Jagung" di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286-1295.
Bayu, D. J. (2020). Kadin: Sektor Pariwisata Paling Terdampak Corona, Ribuan Hotel Tutup. [Online] (diupdate 19 April 2020) Tersedia di: https://katadata.co.id/marthathertina/berita/5e9c3e548dc39/kadin-sektor-pariwisata-paling-terdampak-corona-ribuan-hotel-tutup. [Diakses pada tanggal 25 Mei 2021].
CNN, Indonesia. (2020). Menghitung Kontribusi Sektor Pariwisata Bagi Ekonomi RI. [Online] (diupdate 26 Februari 2020) Tersedia di: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200226121314-532-478265/menghitung-kontribusi-sektor-pariwisata-bagi-ekonomi-ri. [Diakses pada tanggal 10 April 2021].
Соbаn, О. (2016). Еvеnt Tоurism. Sоfiа: St. Klimеnt Оhridski Univеrsity Prеss.
El Maghviroh, R. (2016). Pameran dan Kinerja UMKM: Sebuah Evaluasi Berkelanjutan. Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen, 1(3), 211-222.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). [Online] (diupdate 20 Oktober 2020) Tersedia di: https://chse.kemenparekraf.go.id/#:~:text=Sertifikasi%20CHSE%20adalah%20proses%20pemberian,%2C%20Keselamatan%2C%20dan%20Kelestarian%20Lingkungan. [Diakses pada tanggal 12 Mei 2021].
Laura H, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89-98.
Maro'ah, S. (2018). Peran Bumn Dalam Event Pameran Dan Dampaknya Pada Pemasaran Produk Umkm. In UMMagelang Conference Series (pp. 219-224).
Nurhayati, I., Rosyidah, A., & Widiawati, Y. (2021). Tantangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP (pp. 337-340).
Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan masyarakat berpenghasilan rendah. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(7), 639-648.
Nasution, L. (2020). Efektifitas HKI Sebagai Pelindung Industri Kreatif dan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19. ADALAH, 4(1).
Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik focus group discussion dalam penelitian kualitatif. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(2), 117-127.
Prasetya, B. A. (2021). Peluang dan Tantangan Bangkitnya UMKM Indonesia di Tengah Pandemi. [Online] (diupdate 1 Januari 2021) Tersedia di: https://uns.ac.id/id/uns-update/peluang-dan-tantangan-bangkitnya-umkm-indonesia-di-tengah-pandemi.html. [Diakses pada tanggal 4 April 2021].
Putra P, A. R., & Supriono, S. (2019). ANALISIS DAMPAK WISATA EVENT TERHADAP UMKM DI INDONESIA (Studi Pada Roda Mas Gresik Dan Sanggar Batik Ijen Bondowoso). Jurnal Administrasi Bisnis, 74(1), 55-66.
Safitri, I. (2020). Peluang, Tantangan dan Strategi Pengembangan UMKM di Indonesia Pada Masa Pandemi COVID-19.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sujai, M. (2016). Strategi pemerintah indonesia dalam menarik kunjungan turis mancanegara. Kajian Ekonomi dan Keuangan, 20(1), 61-76.
Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 46-58.
Susanti, S. (2021). Peluang dan Tantangan Bisnis Kriya saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 381-389.
Susilowati. (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak Di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Jurnal Komunikasi, VIII (September), 47-54
Zamili, M. (2015). Menghindar dari Bias: Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitatif. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 283-304.
DOI: https://doi.org/10.36441/pariwisata.v4i1.417
Article Metrics
Abstract views : 2983 times
PDF views : 2525 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 2983 timesPDF views : 2525 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Parawisata Indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.