PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MOTIVASI BERWISATA DI LEMBANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel media sosial Instagram terhadap motivasi berwisata ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para wisatawan atau pengunjung yang akan atau yang sedang berkunjung di Kabupaten Bandung Barat, khususnya 10 atraksi wisata yang berada di Lembang dengan jumlah yang tidak diketahui pasti. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 300 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Media Sosial Instagram yang terdiri dari kamera, caption, hashtag, dan geotag atau lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi wisatawan yang akan berkunjung ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat (2) Kamera yang menampilkan foto atau video yang diunggah mengenai atraksi wisata di Lembang tidak memiliki pengaruh terhadap motivasi berwisata bagi para wisatawan ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat (3) Caption pada sebuah unggahan foto atau video di Instagram dengan hashtag #lembang, #lembangbandung, dan #explorelembang memiliki pengaruh secara individual terhadap motivasi berwisata wisatawan ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat (4) Hashtag yang digunakan pada unggahan foto atau video yakni #lembang, #lembangbandung, dan #explorelembang tidak memiliki pengaruh terhadap motivasi berwisata wisatawan yang berkunjung ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat (5) Geotag atau lokasi yang digunakan pada unggahan foto atau video dengan hashtag #lembang, #lembangbandung, dan #explorelembang memiliki pengaruh secara individual terhadap motivasi berwisata wisatawan yang berkunjung ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chu, C. P., & Luckanavanich, S. (2018). The Influence of Social Media Use and Travel Motivation on The Perceived. International Journal of Arts and Commerce.
P.G, i. I. (2019, March 2). Sosiologi Pariwisata. Retrieved from Instagram User Behaviour: http://blog.jakpat.net/instagram-user-behavior-2-survey-report/
Saputra, A. E. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Motivasi Kunjungan Wisata ke Pulau Sirandah Padang [skripsi]. Politeknik Negeri Padang
Sudirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wicaksono, M. A. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @wisatadakwahokura terhadap Minat Berkunjung Followers. [skripsi] Universitas Riau.
Zeng. (2015). Tourism and Hospitality Development Between China and EU. Guangzhou: Springer.
DOI: https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i2.412
Article Metrics
Abstract views : 643 times
PDF views : 583 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 643 timesPDF views : 583 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Parawisata Indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.