RESPON FOLLOWER PADA PROMOSI HOTEL DI INSTAGRAM STUDI KASUS DI PARK 5 SIMATUPANG HOTEL

Permata Nabilla Bachsin, Levyda Levyda

Abstract


Pandemi covid-19 mengharuskan hotel untuk bertahan. Untuk bertahan, banyak hotel menggunakan media social meningkatkan intensitas promosi media sosial. Promosi di Instagram sangat penting. Park 5 Simatupang belum mengoptimalkan miliknya.Saat ini belum ada kesepakatan pengukuran promosi di Instagram danrespon yang diharapkannya, Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji promosi di Instagram terhadap respon follower pada promosi tersebut. Promosi diukur dengan 4 C (context, communication, collaboration, connection). Respon follower dikembangkan dengan model AISAS (attention, interest, search, action, share). Responden penelitian ini berjumlah 100 orang yang dipilih dengan purposive sampling. Data diolah dengan SPSS. Hail penelitian ini adalah bukti empiris pengaruh promosi terhadap respond follower, dan indicator 4C dan AISAS yang valid dan reliable. Penelitian ini merupakan studi kasus. Perlu ada penelitian di hotel lain.

 


Keywords


Promosi; Instagram; Respon Follower; Model AISAS

Full Text:

204-211

References


Alamsyah Nusantara Azis, & Sofyan, A. (2021). Hubungan antara Daya Tarik Iklan Instagram Nah Project dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i1.65

Dewi, A. M. (2018). Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), 1. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.78

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Putu, L., Wulandari, A., & Darma, G. S. (2020). ADVERTISING EFFECTIVENESS IN PURCHASING DECISION ON INSTAGRAM. Journal of Business on Hospitality and Tourism, 06(02), 381–389.

Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way_Secrets of Cross Switch Marketing from the World’s MOST INNOVATIVE ADVERTISING AGENCY. In McGraw-Hill.

Sandy, F. (2020). Banyak Tumbang, 1.500 Hotel Tutup Gegara Corona [Online] (diupdate 9 April 2020) Tersedia di https://www.cnbcindonesia.com/news/20200409164652-4-150961/banyak-tumbang-1500-hotel-tutup-gegara-corona [diakses pada tanggal 10 Oktober 2023.

Jayani, Dwi Hadya. ( 2020). Berapa Hotel yang Tutup Akibat Covid-19 di 5 Wilayah Indonesia? [Online] (diupdate 28 April 2020) Tersedia di https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/04/28/berapa-hotel-yang-tutup-akibat-covid-19-di-5-wilayah-indonesia [diakses pada tanggal 10 Oktober 2023).

Riyanto, Andi Dwi.(2021). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021 [Online] Tersedia di https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/ [Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v6i2.1854

Article Metrics

Abstract views : 137 times
204-211 views : 96 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats