PENGARUH ACCESSIBILITY DAN SOCIAL MEDIA MARKETING PADA MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DI OBJEK WISATA TAMAN WISATA ALAM TALAGA BODAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Accessibility dan Social Media Marketing Pada Minat Berkunjung Kembali. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif dan verifikatif. Sampel yang digunakan yaitu wisatawan yang pernah berkunjung ke Taman Wisata Alam Talaga Bodas sebanyak 100 responden, dengan menggunakan teknik non- probability sampling yang berupa purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diolah dan dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik dan pendekatan analisis regresi linier berganda dengan alat uji statistik SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Versi 26. Berdasarkan hasil penelitian bahwa secara simultan variabel accessibility dan social media marketing berpengaruh pada minat berkunjung kembali, dan secara parsial variabel accessibility dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan pada minat berkunjung kembali di Objek Wisata Taman Wisata Alam Talaga Bodas. Pada kesimpulannya berarti jika accessibility dan social media marketing baik maka akan meningkatkan minat berkunjung kembali.
Keywords
Full Text:
190-203References
Ardiansyah, I., & Gema Maulida, R. (2020). Kajian Atraksi, Amenitas Dan Aksesibilitas Untuk Pengembangan Kepariwisataan Di Taman Wisata Alam Gunung Pancar Kabupaten Bogor. Inovasi Penelitian, 1(4), 707–716.
Banjarnahor, A. R., Hariningsih, E., Hasyim, H., Putri, D. M. B., Sari, O. H., Nasution, S. P., & Simanjuntak, M. (2022). Social Media Marketing Dan Bisnis Modern. Yayasan Kita Menulis.
Chaerunissa, S. F., & Yuniningsih, T. (2020). Analisis Komponen Pengembangan Pariwisata Desa Wisata Wonopolo Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 9(4), 159–175.
Chen, S., & Lin, C. (2019). Technological Forecasting & Social Change Understanding The Effect Of Social Media Marketing Activities : The Mediation Of Social Identification , Perceived Value , And Satisfaction. Technological Forecasting & Social Change, 140(November 2018), 22–32. Https:// Doi.Org/10.1016/J.Techfore.2018.11.025
Cheng, T. M., & Lu, C. C. (2013). Destination Image, Novelty, Hedonics, Perceived Value, And Revisiting Behavioral Intention For Island Tourism. Asia Pacific Journal Of Tourism Research, 18(7), 766-783.
Farida, U. (2013). Pengaruh Aksesibilitas Terhadap Karakteristik Sosial Ekonomi Masyarakat Pedesaan Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Jurnal Wilayah Dan Lingkungan, 1(1), 49. Https://Doi.Org/10.14710/Jwl.1.1.49-66
Fitriani, M., Syaparuddin, S., & Kusuma Edy, J. (2021). Analisis Faktor – Faktor Yanng Mempengaruhi Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Ke Kebun Binatang Taman Rimba Provinsi Jambi. E-Jurnal Perspektif Ekonomi Dan Pembangunan Daerah, 10(1), 19–28. Https://Doi.Org/10.22437/Pdpd.V10i1.12496
Khotimah, K., & Astuti, P. B. (2022). Pengaruh Aksesibilitas Dan Physical Evidence Terhadap Revisit Intention Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(4), 547–566. Https://Doi.Org/10.32639/Jimmba.V4i4.148
Kurniawan, A. E., Purwanto, H., & Asmike, M. (2022). Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Pada Mojosemi Forest Park Kabupaten Magetan. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA) 4, September 2022.
Marpaung, H., & Sahla, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Air Terjun Ponot Di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA, 1151–1160.
Mavragani, E., Nikolaidou, P., & Theodoraki, E. (2019). Www.Ssoar.Info Traveler Segmentation Through Social Media For Intercultural Marketing Purposes: The Case Of Halkidiki Traveler Segmentation Through Social Media For Intercultural Marketing Purposes: The Case Of Halkidiki. Journal Of Tourism, Heritage & Services Marketing, 5(1), 15–23.
Mudrikah, A., Sartika, D., Ismanto, R. Y., & Satia, A. B. (2014). Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap GDP Indonesia Tahun 2004 - 2009. Economics Development Analysis Journal, 3(2), 362–371. Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Edaj
Nabila, A. D., & Widiyastuti, D. (2018). Kajian Atraksi, Amenitas Dan Aksesibilitas Untuk Pengembangan Pariwisata Umbul Ponggok Di Kabupaten Klaten. Jurnal Bumi Indonesia, 7(3).
Prayitno, M. N. A., Sikana, A. M., Setyaningsih, P. W., Husein, A. R., & Susilawati, S. A. (2022). Analisis Prespektif Masyarakat Mengenai Accessibilitiys Amenities, Dan Ancillary Services Terhadap Potensi Pengembangan Desa Wisata Umbulrejo, Ponjong, Gunungkidul. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 10(2), 227-240.
Santoso, A. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram Terhadap Online Engagement: Studi Kasus Pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Teknik ITS, 6(1), 50–54.
Sefaji, G. Y., Soedwiwahjono, S., & Nurhadi, K. (2018). Kesiapan Aksesibilitas Stasiun Solo Balapan Dalam Melayani Trayek Kereta Api Penghubung Bandara Adi Soemarmo Dan Kota Surakarta. Region: Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Perencanaan Partisipatif, 13(1), 50. Https://Doi.Org/10.20961/Region.V13i1.17250
Sigit, W. (2020). Experience Quality Sebagai Determinan Loyalitas Jama’ah Pada Penyelenggara Perjalanan Umrah Indonesia. 1–323.
Sujai, M. (2016). Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Menarik Kunjungan Turis Mancanegara.
Kajian Ekonomi Dan Keuangan, 20(1), 61–76. Https://Doi.Org/10.31685/Kek.V20i1.181 Sumarabawa, I. G. A., Wesnawa, I. G. A., & Astawa, I. B. M. (2015). Ketersediaan Aksesibilitas
Serta Sarana Dan Prasarana Pendukung Bagi Wisatawan Di Daerah Wisata Pantai Pasir Putih, Desa Prasi, Kecamatan Karangasem. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 3(3), 1– 14.
Syahrul, A. R. (2014). Pengaruh daya tarik, fasilitas dan aksesibilitas terhadap keputusan wisatawan asing berkunjung kembali ke aloita resort di kab. kep. mentawai. Jurnal Pelangi, 7(1).
Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing. Sage.
Widagdyo, K. G. (2017). Pemasaran, Daya Tarik Ekowisata, Dan Minat Berkunjung Wisatawan. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 261–276. Https://Doi.Org/10.15408/Ess.V7i2.5411
DOI: https://doi.org/10.36441/pariwisata.v6i2.1757
Article Metrics
Abstract views : 521 times
190-203 views : 387 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 521 times190-203 views : 387 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Parawisata Indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.