KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS WISATAWAN PULAU TIDUNG KEPULAUAN SERIBU

Farida Farida, Annisa Retno Utami

Abstract


Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi yang diminati banyak pengunjung karena memiliki ciri khas dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Kepulauan Seribu. Salah satu Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi yang diminati banyak pengunjung yaitu adanya kualitas pelayanan yang diberikan yang dapat menimbulkan loyalitas dari wisatawan untuk datang kembali ke Pulau Tidung. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan di Pulau Tidung dan (2) Untuk mengetahui Loyalitas wisatawan yang datang ke Pulau Tidung. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner terhadap 100 wisatawan yang telah berkunjung ke Pulau Tidung minimal sebanyak 2 kali. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh skor tertinggi pada variabel kualitas pelayanan yaitu pada indikator pengetahuan petugas dalam memberikan informasi yang jelas kepada wistawan dan kelengkapan fasilitas permainan air di Pulau Tidung, sedangkan untuk variabel loyalitas wisatawan hasil tertinggi pada indikator kesediaan wistawan dalam berkunjung kembali dan untuk hasil terendah pada keinginan untuk tidak berpindah pada objek wisata lainnya.


Keywords


Kualitas pelayanan, Loyalitas wisatawan, Pulau Tidung

References


Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Lovelock, Christopher H & Lauren K. Wright. (2010). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT Indeks

Malhotra. (2005). Riset Pemasaran. Jilid I, Edisi 4. Jakarta : Indeks Kelompok Gramedia

Oliver, R, L. (2010). “Whence Customer Loyalty” Journal of Marketing, Vol 63.

Prabaharan, B., A. Arulraj, V. Rajagopal. (2008). Service Quality on Tourism: Application of Structural Equation Modelling, Conference on Tourism in India – Challenges Ahead.

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa. Edisi Pertama, Yogyakarta: Penerbit Bayumedia Publishing.

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i1.16

Article Metrics

Abstract views : 445 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 469 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats