KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS WISATAWAN PULAU TIDUNG KEPULAUAN SERIBU
Abstract
Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi yang diminati banyak pengunjung karena memiliki ciri khas dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Kepulauan Seribu. Salah satu Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi yang diminati banyak pengunjung yaitu adanya kualitas pelayanan yang diberikan yang dapat menimbulkan loyalitas dari wisatawan untuk datang kembali ke Pulau Tidung. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan di Pulau Tidung dan (2) Untuk mengetahui Loyalitas wisatawan yang datang ke Pulau Tidung. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner terhadap 100 wisatawan yang telah berkunjung ke Pulau Tidung minimal sebanyak 2 kali. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh skor tertinggi pada variabel kualitas pelayanan yaitu pada indikator pengetahuan petugas dalam memberikan informasi yang jelas kepada wistawan dan kelengkapan fasilitas permainan air di Pulau Tidung, sedangkan untuk variabel loyalitas wisatawan hasil tertinggi pada indikator kesediaan wistawan dalam berkunjung kembali dan untuk hasil terendah pada keinginan untuk tidak berpindah pada objek wisata lainnya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Lovelock, Christopher H & Lauren K. Wright. (2010). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT Indeks
Malhotra. (2005). Riset Pemasaran. Jilid I, Edisi 4. Jakarta : Indeks Kelompok Gramedia
Oliver, R, L. (2010). “Whence Customer Loyalty” Journal of Marketing, Vol 63.
Prabaharan, B., A. Arulraj, V. Rajagopal. (2008). Service Quality on Tourism: Application of Structural Equation Modelling, Conference on Tourism in India – Challenges Ahead.
Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa. Edisi Pertama, Yogyakarta: Penerbit Bayumedia Publishing.
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
DOI: https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i1.16
Article Metrics
Abstract views : 443 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 468 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 443 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 468 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Parawisata Indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.