ANALISIS STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) UNTUK PENGUATAN KONSEP DAN PEMASARAN WISATA STUDI KASUS DESA WISATA BUNGA SIDOMULYO, BATU
Keywords:
Segmenting, Targetting, PositioningAbstract
Desa Wisata Sidomulyo adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kota Batu,yang memiliki karakteristik sebagai desa wisata yang memiliki produksi tanaman bunga hias dan bunga potong. Salah satu bentuk pengembangan potensi wisata Desa Sidomulyo adalah dengan tahapan perencanaan, pengelolaan,dan pemasaran wisata. Dalam pemasaran wisata, ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan, salah satu sebagai tahap awal adalah dengan mengidentifikasi segmen pasar pada destinasi wisata. Langkah identifikasi segmen pasar tersebut menggunakan analisis marketing place dengan pendekatan STP (segmenting, targetting, positioning). Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Segmenting Desa Wisata Sidomulyo adalah wisatawan yang berkunjung di Pasar Bunga Sidomulyo adalah wisatawan lokal Malang Raya dan beberapa kota di jawa timur, serta wisatawan asing. Targetting wisatawan di Desa Wisata Sidomulyo yaitu wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Sidomulyo adalah wisatawan lokal dari Kota Malang dan Kota Batu,serta beberapa kota terdekat di area Jawa timur,wisatawan asing dalam paket tour,dan wisatawan yang ingin membeli bunga hias. Positioning Desa Wisata Sidomulyo adalah satu-satunya desa berbasis penjualan tanaman hias terlengkap di Kota Batu dan Kota Malang,dan menjangkau area Jawa Timur bahkan hingga luar pulau Jawa.References
Angipora, M. P. (2002). Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cravens, D. W., Piercy, N. F., & Baldauf, A. (2009). Management framework guiding strategic thinking in rapidly changing markets. Journal of Marketing Management, 25(1-2), 31-49.
Inskeep, E. (1991). Tourism planning: An integrated and sustainable development approach. John Wiley & Sons.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif.
Kotler, P. (2005). Manajamen pemasaran, jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing management: Pearson international edition. Pearson Prentice Hall.
Dan Elnora, S. (2003). Strategi Pemasaran. Jakarta: Kelompok Gramedia.
Stanton, W. J. (1991). Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa Wilhelmus W. Bokowatun, Erlangga, Jakarta.
Yani, J. A., Mangkunegara, A. A. P., Revisi, P. K. E., & Aditama, R. (1995). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Jurnal Industri Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).