Peran Komunikasi Organisasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMK Bina Rahayu Depok

Inge Bunga Mira Dewi, Marlinda Irwanti Poernomo

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peranan komunikasi organisasi yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Bina Rahayu Depok. Metode Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara kepada 7 orang informan. Sample ditentukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan data-data yang ditemukan kemudian disusun dengan sistematis lalu ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan peran komunikasi organisasi yang dilakukan kepala sekolah di SMK Bina Rahayu Depok sudah berjalan dengan baik, komunikasi organisasi kepala sekolah dapat mempengaruhi setiap kinerja guru berdasarkan peraannya sebagai informatif, regulatif, persuasif,ndan integratif berupa salauran informasi, perintah, tugas, masukan, arahan serta aturan yang diberikan kepada semua guru pengajar agar tujuan pendidikan dapat tercapai.

 


Keywords


Komunikasi, Organisasi, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2011). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Harahap, E. T. (2016). Hubungan Antara Komunikasi Organisasi Dengan Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Yayasan Perguruan Ira. Skripsi. Medan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Gutama, T. (2012). Peran Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Sosiologi, 25(2), 107–113.

Hermana D. Ujang & Barlian C. (2014). Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 2(2).

Junaidin. (2013). Peranan Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Makassar. Skripsi. Makassar, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Kartowagiran, B. (2015). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Littlejohn, S. W., Foss, K. A. (2019). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Manopo, J. V. (2014) Peran Komunikasi Organisasi Dalam Membentuk Efektivitas Kerja Karyawan CV Magnum Sign and Print Adevrtising Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3): 357-372.

Muhammad, A. (2015). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara

Mufidah, U. A. (2018). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 08 Ma'arif Sendang Agung Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi. Lampung, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 7.

Pradana, A. H. A. (2017). Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Potensi Diri Karyawan (Studi Deskriptif Kualitatif di Perusahaan Nangkring Apparel Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pace, R. W., & Faules, D. F. (2006). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahayu, A. (2014). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Pengoptimalan Kinerja Guru Dan Karyawan Di SMK Yayasan Pendidikan Ekonomi (YPE) Cilacap. Skripsi. Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Romli, K. (2014). Komunikasi Organisasi Lengkap (Edisi REVISI). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ruliana, P. (2018). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus (Edisi Kedua). Depok: Rajawali Pers Saleh.

Muwafik. (2016). Komunikasi Dalam Kepemimpinan Organisasi. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Sauri, A. S., Widyasari, W., & Sesrita, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Tadbir Muwahhid, 2(1), 73.

Sobirin. (2018). Kepala Sekolah Guru Dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sulaiman, A. I. (2013). Model Komunikasi Formal dan Informal dalam Proses Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 16(2), 173–188.

Suprihatiningrum, J. (2014). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru.

Susilawati, E. (2016). Komunikasi Organisasi di SMK. Jurnal Manager Pendidikan, 10(2), 138-142.

Syarif, M. (2011). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Media Akademika, 26(1).

Ulfa, A. (2021). Peran Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1223-1230.

Widodo, J. (2011). Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publishing.




DOI:

https://doi.org/10.36441/mahardikaadiwidi.v2i1.765

DOI (PDF):

https://doi.org/10.36441/mahardikaadiwidi.v2i1.765.g652

Article Metrics

Abstract views : 951 times
PDF views : 638 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.