PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UNIQLO

Nursiti Nursiti, Aprillia Giovenna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara parsial maupun simultan apakah terdapak Pengaruh Social Media Marketing, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian produk Uniqlo. Penelitian ini merupakan penelitian kuanititatif. Sampel pada penelitian ini adalah Followers akun Instagram Uniqlo Indonesia, pernah menggunakan produk Uniqlo, dan pernah membeli produk Uniqlo di salah satu Store Uniqlo yang terletak di DKI Jakarta. Populasi pada penelitian ini adalah followers akun Instagram Uniqlo Indonesia berjumlah 1 juta followers yang tersebar di seluruh Indonesia. Sampel pada penelitian ini sebanyak 400 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil dari analisis data menggunakan SPSS 23 membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara variabel Social Media Marketing, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada produk Uniqlo di Wilayah DKI Jakarta dengan kontribusi (R2) sebesar 51,2% dan nilai F hitung, yaitu 138,657 > F tabel, yaitu 2,6274. Secara parsial,masing-masing variabel independen memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen, di mana variabel harga memiliki nilai dominan dibanding variabel independen lainnya dengan nilai 16,271.


Keywords


Keputusan Pembelian, Social Media Marketing, Harga, dan Kualitas Produk.

Full Text:

PDF

References


Aji, Prasetyo M., Vanessa Nadhila, dan Lim Sanny. 2020. “Effect of Social Media Marketing on Instagram Toward Purchase Intention: Evidence From Indonesia;s Ready-to-Drink Tea Insustry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91-104.

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alves, Helena., Cristina Fernandes, dan Mario Raposo. 2016. “Social Media Marketing: A Literature Review and Implications”. Psychology & Marketing, 33(12), 1029-1038.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryanto, Vincent D.W. dan Yohan Wismantoro. 2020. Marketing Digital: Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan. Yogyakarta: PT Kanisius (Anggota IKAPI).

Assauri, Sofjan. 2009. Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Jakarta: Rajagrafindo.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indiyono. 2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta:BPFE.

Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Junaidi. 2014. “Membaca dan Menggunakan Tabel Distribusi F dan Tabel Distribusi t”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.

Junaidi. 2015. “Menghitung r Tabel dengan SPSS”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.

Kotler dan Armstrong. 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan K.L. Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Kurniasari, Meatry dan Budiatmo.2018. “Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang”. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25.

Mileva, Lubiana dan Ahmad Fauzi DH. 2018. “Pengaruh Social Media

Marketing Terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 190–199.

Moriansyah, La. 2015. “Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents dan Consequences”. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 124068.

Mudjiyanto, Bambang. 2018. “Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi Exploratory Research in Communication Study”. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(1), 65–74.

Muslihah, Fasihatul. 2018. “Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dalam Pandangan Islam”. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nurtjahjo, Rianto. 2017. “Strategi Bersaing dengan Kompetitor”. Bina Nusantara Unversity.

Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.

Sangadji, Etta Mamang. dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Secapramana, Laurentia Verina Halim. 2000. Model Dalam Strategi Penetapan Harga. Unitas, 9(1), 30–43.

Situmorang, James. R. 2011. “Metrik Pemasaran Sebagai Alat Untuk Mengukur Kinerja Pemasaran Perusahaan”. Universitas Katolik Parahyangan.

Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Swastha, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syahrum dan Salim. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cipta Pustaka Media.

https://www.uniqlo.com/eu/en/company/

https://www.uniqlo.com/id/corp/corp_about.html




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i1.841

Article Metrics

Abstract views : 6356 times
PDF views : 3363 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats