PENYULUHAN KOMUNIKASI PEMASARAN PELAKU USAHA SKALA RUMAH TANGGA DI KELURAHAN PURWOYOSO KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG
Abstract
Komunikasi Pemasaran merupakan aktifitas utama yang harus dilakukan bagi setiap individu yang tertarik memasarkan produknya. Keberhasilan mengkomunikasikan produk yang berhasil dibuat ke konsumen potensial, dapat menjadi salah satu cara menjual produk tersebut. Masyarakat yang berdomisili di Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tertarik untuk mendapatkan wawasan yang terkait dengan proses menyampaikan produk ke konsumen potensial dan pengguna, agar beberapa ketrampilan membuat produk kebutuhan rumah tangga yang sudah mereka miliki bisa diketahui konsumen potensial. Upaya yang dilakukan salah satu diantaranya melalui keikut sertaan penyuluhan tentang Komunikasi Pemasaran. Komunikasi Pemasaran merupakan soft skill yang sangat strategis bagi wirausahawan, sebagai upaya memberikan informasi produk kepada konsumen potensial, yang berujung pada terjualnya produk yang dihasilkan. Tujuan memberikan penyuluhan agar peserta penyuluhan dapat menjual produk kebutuhan rumah tangga yang di produksi sendiri kepada konsumen potensial. Kegiatan pengabdian berupa penyuluhan tentang Komunikasi pemasaran dengan metode ceramah, simulasi dan dialog interaktif, dilaksanakan di Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan kota Semarang dengan peserta ibu-ibu PKK/ibu rumah tangga dengan harapan dapat meningkatan penghasilan keluarga. Hasil kegiatan penyuluhan adalah bertambahnya pengetahuan tentang memberikan informasi produk industri rumah tangga dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki dan karakterisitik produk yang akan dijual, termasuk potensi lingkungan Kelurahan Purwoyoso.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. 2008. Kewirausahaan. Bandung: Alfa Beta.
Anderson, R. 1991. Professional Personal Selling. New Jersey: Prenice Hall.
Ahmad, S. Z., Basir, M.S.,& Kitchen, P.J. 2010. The Realationship between Sales Skills and Salesperson Performance, and The Impact of Organizational Commitment as a Moderator: An Empirical Study in a Malaysian Telecommunications Company. International Journal of Economics and Management
Joseph P. Cannon , William D Perreat , E. Jerome, 2018 Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global , Penerbit Salemba Empat , Jakarta.
Kotler & Armstrong , 2016, Dasar-dasar Pemasaran , Penerbit PT Indeks, Jakarta.
Richant. R.Still, Edward. W.Gundiff and Norman. A.P.Govoni, 2016, Sales Management, 2016, Prentice Hall of India.
Sonny Sumarsono, Kewirausahaan, 2010, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta
Suryana, 2014, Kewirausahaan, Penerbit Salemba Empat , Jakarta.
Tim MarkPlus. 2009, Sales Operation, Jakarta: Erlangga.
http://elchaitueaque.blogspot.com/2011/04/pengertian-imu-menjual.html
https://semarangkota.bps.go.id/publication/2019/09/26/4c4509703f28dcac551c94f6/kecamatan-Ngaliyan-dalam-angka-2019.html, diakses 9 Feb 2020 jam 20.05
DOI: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v4i2.631
Article Metrics
Abstract views : 177 times
PDF views : 137 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 177 timesPDF views : 137 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats