PENYULUHAN KOMUNIKASI PEMASARAN PELAKU USAHA SKALA RUMAH TANGGA DI KELURAHAN PURWOYOSO KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG
Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Pendapatan Keluarga, PenyuluhanAbstract
Komunikasi Pemasaran merupakan aktifitas utama yang harus dilakukan bagi setiap individu yang tertarik memasarkan produknya. Keberhasilan mengkomunikasikan produk yang berhasil dibuat ke konsumen potensial, dapat menjadi salah satu cara menjual produk tersebut. Masyarakat yang berdomisili di Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tertarik untuk mendapatkan wawasan yang terkait dengan proses menyampaikan produk ke konsumen potensial dan pengguna, agar beberapa ketrampilan membuat produk kebutuhan rumah tangga yang sudah mereka miliki bisa diketahui konsumen potensial. Upaya yang dilakukan salah satu diantaranya melalui keikut sertaan penyuluhan tentang Komunikasi Pemasaran. Komunikasi Pemasaran merupakan soft skill yang sangat strategis bagi wirausahawan, sebagai upaya memberikan informasi produk kepada konsumen potensial, yang berujung pada terjualnya produk yang dihasilkan. Tujuan memberikan penyuluhan agar peserta penyuluhan dapat menjual produk kebutuhan rumah tangga yang di produksi sendiri kepada konsumen potensial. Kegiatan pengabdian berupa penyuluhan tentang Komunikasi pemasaran dengan metode ceramah, simulasi dan dialog interaktif, dilaksanakan di Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan kota Semarang dengan peserta ibu-ibu PKK/ibu rumah tangga dengan harapan dapat meningkatan penghasilan keluarga. Hasil kegiatan penyuluhan adalah bertambahnya pengetahuan tentang memberikan informasi produk industri rumah tangga dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki dan karakterisitik produk yang akan dijual, termasuk potensi lingkungan Kelurahan Purwoyoso.References
Alma, Buchari. 2008. Kewirausahaan. Bandung: Alfa Beta.
Anderson, R. 1991. Professional Personal Selling. New Jersey: Prenice Hall.
Ahmad, S. Z., Basir, M.S.,& Kitchen, P.J. 2010. The Realationship between Sales Skills and Salesperson Performance, and The Impact of Organizational Commitment as a Moderator: An Empirical Study in a Malaysian Telecommunications Company. International Journal of Economics and Management
Joseph P. Cannon , William D Perreat , E. Jerome, 2018 Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global , Penerbit Salemba Empat , Jakarta.
Kotler & Armstrong , 2016, Dasar-dasar Pemasaran , Penerbit PT Indeks, Jakarta.
Richant. R.Still, Edward. W.Gundiff and Norman. A.P.Govoni, 2016, Sales Management, 2016, Prentice Hall of India.
Sonny Sumarsono, Kewirausahaan, 2010, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta
Suryana, 2014, Kewirausahaan, Penerbit Salemba Empat , Jakarta.
Tim MarkPlus. 2009, Sales Operation, Jakarta: Erlangga.
http://elchaitueaque.blogspot.com/2011/04/pengertian-imu-menjual.html
https://semarangkota.bps.go.id/publication/2019/09/26/4c4509703f28dcac551c94f6/kecamatan-Ngaliyan-dalam-angka-2019.html, diakses 9 Feb 2020 jam 20.05
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).