SOSIALISASI DESAIN KEMASAN SEBAGAI DAYA TARIK PRODUK BAGI UMKM MAKANAN DAN MINUMAN JAKPRENEUR WILAYAH JAKARTA SELATAN
Abstract
Perekonomian Indonesia khususnya ekonomi kreatif sudah masuk peringkat tiga besar dunia dari presentase terhadap produk domestic bruto (PDB). Indonesia berada di bawah Amerika dengan industry Hollywood dan korea dengan K-Pop. Salah satu upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian melalui kementrian Koperasi dan UMK, dengan menghadirkan program yang tepat sasaran dan efektif bagi para pelaku UMKM. Caranya dengan memberikan pelatihan, sosialisasi dan pendampingan kepada para pelaku UMKM yang sesuai dengan kendala yang dihadapi dalam memasarkan produknya ke pasar. Salah satu kendala yang banyak dihadapi pelaku UMKM adalah pengemasan produk yang kurang menarik yang belum dapat menonjolkan keunikan dari produk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif, N. 2020. Strategi UMKM Dalam Menghadapi New Normal. Dipetik dari suara.com: https://www.suara.com/yoursay/strategi-umkm-dalam-menghadapi-new-normal
Fadilah Nur Azizah, Igo Fadilah Ilham, Liza Putri Aqidah, Safira Aliyani Firdaus, Setyani Agung DwiAstuti, Imam Buchori. 2020. Strategi UMKM Untuk Meningkatkan Perekonomian Selama Pandemi Covid-19 Pada Saat New Normal. Journal of Ecomics. Volume 5 Nomer 1, 46-62.
Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. 2018. Perkembangan Data Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Uasaha Besar (UB) tahun 2017-2018. Diambil kembali dari https://www.depkop.gp.id/data-umkm
Kotler and Amstrong. 2018. Principal Marketing. Edition 17e. Global Edtion. Pearson. United Kingdom.
Jacky Mussry dan Ardhi Ridwansyah. 2018. UKM Zaman Now. Markplus Inc. PT Gramedia. Jakarta
Lili Marlinah. 2020. Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi. Volume 22 Nomor 2, 118 – 124.
Novika, S. 2020. Bakal Ada New Normal, UMKM:Manimak Goyangan Ekonomi Muncul. Diambil kembali dari Detik Finance: https://m.detik.com/
Nofianti, L. 2020. Solusi UMKM di New Normal. Dipetik Juni 24, 2020, dari https://uin- suska.ac.id/2020/06/16solusi-umkm-di-new-normal/
Wulan Ayodya. (2020). UMKM 4.0. Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Gramedia. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v4i2.623
Article Metrics
Abstract views : 638 times
PDF views : 1207 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 638 timesPDF views : 1207 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats