PELATIHAN PEMASARAN SECARA ONLINE HASIL RAJUT UMKM IBU - IBU PKK KABUPATEN BELITUNG

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v4i2.622

Authors

  • Edwin Saputra
  • Novy Yudiastika
  • Dina Safitri
  • Meri Meri
  • Visca Mayyoan
  • Sela Sapitry
  • Rindu Handayani

Keywords:

Merajut, Pemasaran Online, PKK

Abstract

Partisipasi  aktif ibu – ibu PKK Desa Cerucuk  Kecamatan Badau kabupaten Belitung masih kurang dalam pemasaran produk yang di produksi apalagi dalm pemasaran online di mana ibu – ibu PKK didesa Cerucuk masih menjual produk dengan cara manual. Maka dari itu perlu di adakan pelatihan tentang proses pemasaran secara online khusu kepasa ibu – ibu PKK yang berasal dari desa Cerucuk tersebut. Dalam kegiatan ini diharapkan bisa berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan penjualan secara online sehingga bisa membuat pemasukan prekonomian. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan lebih afektif  apabila ibu – ibu PKK sudah  bisa menggunkan media social sebagai pemsaran produk yang mereka buat. Sedangkan alokasi waktu untuk latihan penjualan secara online minimal 2 jam permingu. Pada akhir kegiatan dapat disimpulkan bahwa facebook dan Instagram adalah dua platform digital yang bisa menambah pemasaran agar lebih mudah dan berkembang.

References

Benkler, Yochai. 2006. The Wealth of Networks: How Social Production Transforms Markets and Freedom. New Haven: Yale University Press.

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan & Strategi Ilmu Komunikasi, edisi Revisi. Jakarta: Rajagrafindo.

Casteleyn, J., Mottart, A., & Rutten, K. (2009). How to use Facebook in your market research. International Journal of Market Research, 51(4), 439-447.

Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Lévy, Pierre. 1997. Collective Intelligence: Mankind’s Emerging World in Cyberspace. New York: Plenum Trade.

Ustadiyanto, Riyeke. 2002. Strategi Serangan Internet Marketing. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Published

2022-02-11