PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK MELALUI KEUNGGULAN ASOSIASI MEREK, KEKUATAN ASOSIASI MEREK DAN KEUNIKAN ASOSISI MEREK
Keywords:
Keunggulan, Kekuatan, Keunikkan Asosisi Merk, Daya Saing ProdukAbstract
Persaingan industri makanan jenang mengalami perkembangan cukup pesat, pelaku usaha melakukan berbagai strategi untuk memenangkan persaingan pasar. Satu diantaranya adalah dengan membuat citra merk yang kuat untuk mendapatkan top of mind di hati konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana pengaruh peningkatan citra merk terhadap peningkatan daya saing produk makanan jenang di Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, analisis menggunakan statistik regresi linier berganda dengan sampling menerapkan teknik convenience sampling. Sampel diperoleh dari responden yang mengkonsumsi jenang produk usaha kecil di Kabupaten Kudus. Penelitian ini menganalisis pengaruh keunggulan asosiasi merk, kekuatan asosiasi merk dan keunikkan asosiasi merk terhadap peningkatan daya saing produk usaha kecil jenang baik secara parsial maupun berganda. Pengujian analisis menggunakan SPSS dengan responden pelanggan makanan jenang produk usaha kecil di kabupaten Kudus. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap peningkatan daya saing produk makanan jenang melalui peningkatan keunggulan asosiasi merk, kekuatan asosiasi merk dan keunikkan asosiasi merk baik secara parsial maupun bergandaReferences
Arsyanto, M. T., & Rahmawati. (2018). Analisis Pengaruh Positioning Produk dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian ( Studipada Civitas Akademika di Universitas Kahuripan Kediri dan Universitas Islam Kediri ). Journal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 101–116. Retrieved from https://inobis.org/ojs/ index.php/jurnal-inobis/article/view/64/54 Dabija, D.-C. (2013).
Darwanto. (2015). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas (Strategi Penguatan Property Right Terhadap Inovasi dan Kreativitad), Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Vol. 20, No. 2, September 2015, Hal. 142 – 149. ISSN: 1412-3126
Dewi, K. A. A., & Aksari, N. M. A. (2017). Peran brand Image dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame. E-Journal Manajemen Unud, 6(11), 6029–6060. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id /index.php/Manajemen/article/view/33384/21236
Dewi, N. N. A. S. T. C., & Suasana, I. G. A. K. G. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Materialisme Terhadap Loyalitas Merek Pengguna Produk Apple Di Kota Denpasar. E-Journal Manajemen Unud, 3(3), 714–732. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/ article/view/7282/6185
Eka Saputri, M., & Ratna Pranata, T. (2014). Pengaruh Brand Image Terhadap Kesetiaan Pengguna Smartphone Iphone. Jurnal Sosioteknologi, 13(3), 193–201. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2014.13.3.3
Fatlahah, A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 472–485. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/ jim/article/download /2974/5818
Faisal, Hanim & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepercayaan dan Kepuasan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 307–316.
Ferdinant. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ferrinadewi, Erna. (2011). Merek & psikologi konsumen: implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: raha Ilmu.
Fianto, A. Y. A., Hadiwidjojo, D., Aisjah, S., & Solimun. (2014). The Influence of Brand Image on Purchase Behaviour Through Brand Trust. Business Management and Strategy, 5(2), 58–76. https://doi.org/10.5296/bms. v5i2.6003
Keller, L Kevin. (2013). Strategic brand management: building, measuring and managing brand equity, pearson education international. Prentice Hall: New Jersey.
Kudus Dalam Angka. (2019). Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Kudus dan BPS Kabupaten Kudus.
Marheni Eka Saputri, Tutut Ratna Pranata. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Pengguna Smartphone Iphone, Jurnal Sosioteknologi, Vol. 13 No. 3 Desember 2016, hl. 193-201.
Prasetya, E. G., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Program Studi Administrasi Bisnis angkatan 2014 konsumen Air Mnineral Aqua). Jurnal Administrasi Bisnis, 62(2), 214–221.
Porter, Michael E. (2011). Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Erlangga, Jakarta
Ranjbarian, B., Abdollahi, Masoomeh, S., dan Khorsandnejad, A. (2011). The Impact of Brand Equity on Advertising Effectiveness (Samsung and Snowa brand names as a case study), Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, Vol. 5, No. 3, pp. 229-238.
Riprabowo, Tri. (2017). Analisis brand image handphone merek nokia terhadap loyalitas konsumen di kecamatan gresik kebomas kabupaten gresik, Jurnal Logos Vol. 5, No. 1 Juli 2017. 112-123
Schiffman, Leon G & Kanuk, Leslie L. (2011). Perilaku konsumen, edisi ketujuh. Jakarta : PT.Indeks.
Sjahruddin dan Susenohadi (2018) yang menyebutkan bahwa keunikkan asosiasi merk berpengaruh dan tidak signifikan terhadap daya saing produk.
Soim, F., Suharyono, S., & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Kartu Perdana SIMPATI di Booth Telkomsel Matos). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 35(1), 146–153.
Surachman. (2011). Dasar-dasar manajemen merek. Bayumedia: Malang.
Sekaran, Uma & Bougie Roger. (2010). Research methods for business, a skill building approach. USA : John Wiley & Sons.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).