PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN, BRAND AMBASSADOR, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI MILLENIAL PADA PRODUK NATURE REPUBLIC ALOE VERA 92% SOOTHING GEL DI JAKARTA

Nursiti Nursiti, Audia Fameira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Country of Origin, Brand Ambassador dan Kualitas Produk baik secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Pembeliaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif. Populasi berjumlah 306 orang dan metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 173 orang. Hasil dari penelitian ini membuktikan baik secara parsial maupun simultan Country of Origin, Brand Ambassador dan Kualitas Produk berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana nilai koefisien korelasi sebesar 0,912 yang berarti Country of Origin, Brand Ambassador dan Kualitas Produk memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kepuasan konsumen. Dan dibuktikan dengan uji simultan dengan nilai sebesar Fhitung 278,672 > Ftabel 2,66 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dengan demikian hipotesis penelitian H4 diterima, hal ini juga didukung dengan nilai R square sebesar 83,2%. Hal ini menunjukkan besarnya kontribusi pengaruh Country of Origin, Brand Ambassador dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Generasi Millenial terhadap Nature Republik Aloe Vera 92% Soothing Gel sebesar 83,2% sedangkan sisanya 16,8% merupakan pengaruh faktor lain.


Keywords


Country of Origin, Brand Ambassador, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ahmed, Z. U., Johnson, J. P., Yang, X., Fatt, C. K., Teng, H. S., & Boon, L. C. (2004).

Does country of origin matter for low‐involvement products?. International

marketing review.

Ferdinand, A. (2011). Metode Penlitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Menulis

Skripsi Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen, Edisi Ke Tiga.

Doucett, E. (2008). Creating your library brand: communicating your relevance and value

to your patrons. American Library Association. Chicago : American Library

Association (E-books).

Echdar, S. (2017). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia

Indonesia.

Listiana, E. (2012). Pengaruh country of origin terhadap perceived quality dengan

moderasi etnosentris konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).

Erna Listiana., (2014), Pengaruh Country of Origin of Brand dan Country of Manufacture

Terhadap Asosiasi Merek (Studi Pada Pelanggan Produk Elektronik)

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction Edisi 4.

Yogyakarta: Andi Offset.

Royan, F. M. (2004). Marketing selebrities. Elex Media Komputindo.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit

Universitas Diponegoro.

Jaffe, E. D., & Nebenzahl, I. D. (2001). National Image ND Competitive Advantage: The

Theory and Practice of Country-of-origin Effect. Copenhagen business school press.

Keegan, L. (2007). Sikap Konsumen terhadap produk dari Negara asal yang berbeda

(Untuk produk Handphhone).

Kotler, P., & Keller, K. (2011). Marketing management 14th edition. Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing management 14th edition. Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing management 15th edition. Prentice Hall.

Ronny, K. (2007). Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis Edisi Revisi.

Jakarta: Penerbit PPM.

Gaynor, L. G. (2012). Fashion Marketing Communications E-book.

Lin, L. Y., & Chen, C. S. (2006). The influence of the country‐of‐origin image, product

knowledge and product involvement on consumer purchase decisions: an empirical

study of insurance and catering services in Taiwan. Journal of consumer Marketing.

Pappu, R., Quester, P. G., & Cooksey, R. W. (2006). Consumer‐based brand equity and

country‐of‐origin relationships. European Journal of marketing.

Permana, M. S., & Haryanto, J. O. (2014). Pengaruh Country of origin, Brand Image Dan

Persepsi Kualitas Terhadap Intensi Pembelian. Jurnal Manajemen Untar, 18(3),

Riduwan, K. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Mandar

Maju.

Setiadi, N. (2013). Konsep dan praktek penulisan riset keperawatan edisi 2.

Sugiarto. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta. Penebit Andi

Sugiyono (2009). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami.

Rosyidi, S. (2018). Analisis Pengaruh Brand, Country of Design dan Country of

Assembly Pada Persepsi Kualitas dan Niat Beli. potensio, 11(01).

Tranggono, R. I., & Latifah, F. (2007). Buku pegangan ilmu pengetahuan kosmetik.

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 3(47), 58-59.

Mulyana, S., & Wirakusumah, T. K. (2012). Hubungan Karakteristik Brand Ambassador

Honda Spacy Helm-In dengan Tahapan Keputusan Pembelian Konsumen. Students

e-Journal, 1(1), 27.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v2i2.59

Article Metrics

Abstract views : 1642 times
PDF views : 836 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats