PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN, BRAND AMBASSADOR, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI MILLENIAL PADA PRODUK NATURE REPUBLIC ALOE VERA 92% SOOTHING GEL DI JAKARTA
Keywords:
Country of Origin, Brand Ambassador, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Country of Origin, Brand Ambassador dan Kualitas Produk baik secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Pembeliaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif. Populasi berjumlah 306 orang dan metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 173 orang. Hasil dari penelitian ini membuktikan baik secara parsial maupun simultan Country of Origin, Brand Ambassador dan Kualitas Produk berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana nilai koefisien korelasi sebesar 0,912 yang berarti Country of Origin, Brand Ambassador dan Kualitas Produk memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kepuasan konsumen. Dan dibuktikan dengan uji simultan dengan nilai sebesar Fhitung 278,672 > Ftabel 2,66 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dengan demikian hipotesis penelitian H4 diterima, hal ini juga didukung dengan nilai R square sebesar 83,2%. Hal ini menunjukkan besarnya kontribusi pengaruh Country of Origin, Brand Ambassador dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Generasi Millenial terhadap Nature Republik Aloe Vera 92% Soothing Gel sebesar 83,2% sedangkan sisanya 16,8% merupakan pengaruh faktor lain.References
Ahmed, Z. U., Johnson, J. P., Yang, X., Fatt, C. K., Teng, H. S., & Boon, L. C. (2004).
Does country of origin matter for lowâ€involvement products?. International
marketing review.
Ferdinand, A. (2011). Metode Penlitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Menulis
Skripsi Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen, Edisi Ke Tiga.
Doucett, E. (2008). Creating your library brand: communicating your relevance and value
to your patrons. American Library Association. Chicago : American Library
Association (E-books).
Echdar, S. (2017). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia
Indonesia.
Listiana, E. (2012). Pengaruh country of origin terhadap perceived quality dengan
moderasi etnosentris konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).
Erna Listiana., (2014), Pengaruh Country of Origin of Brand dan Country of Manufacture
Terhadap Asosiasi Merek (Studi Pada Pelanggan Produk Elektronik)
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction Edisi 4.
Yogyakarta: Andi Offset.
Royan, F. M. (2004). Marketing selebrities. Elex Media Komputindo.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Jaffe, E. D., & Nebenzahl, I. D. (2001). National Image ND Competitive Advantage: The
Theory and Practice of Country-of-origin Effect. Copenhagen business school press.
Keegan, L. (2007). Sikap Konsumen terhadap produk dari Negara asal yang berbeda
(Untuk produk Handphhone).
Kotler, P., & Keller, K. (2011). Marketing management 14th edition. Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing management 14th edition. Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing management 15th edition. Prentice Hall.
Ronny, K. (2007). Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis Edisi Revisi.
Jakarta: Penerbit PPM.
Gaynor, L. G. (2012). Fashion Marketing Communications E-book.
Lin, L. Y., & Chen, C. S. (2006). The influence of the countryâ€ofâ€origin image, product
knowledge and product involvement on consumer purchase decisions: an empirical
study of insurance and catering services in Taiwan. Journal of consumer Marketing.
Pappu, R., Quester, P. G., & Cooksey, R. W. (2006). Consumerâ€based brand equity and
countryâ€ofâ€origin relationships. European Journal of marketing.
Permana, M. S., & Haryanto, J. O. (2014). Pengaruh Country of origin, Brand Image Dan
Persepsi Kualitas Terhadap Intensi Pembelian. Jurnal Manajemen Untar, 18(3),
Riduwan, K. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Mandar
Maju.
Setiadi, N. (2013). Konsep dan praktek penulisan riset keperawatan edisi 2.
Sugiarto. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta. Penebit Andi
Sugiyono (2009). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami.
Rosyidi, S. (2018). Analisis Pengaruh Brand, Country of Design dan Country of
Assembly Pada Persepsi Kualitas dan Niat Beli. potensio, 11(01).
Tranggono, R. I., & Latifah, F. (2007). Buku pegangan ilmu pengetahuan kosmetik.
Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 3(47), 58-59.
Mulyana, S., & Wirakusumah, T. K. (2012). Hubungan Karakteristik Brand Ambassador
Honda Spacy Helm-In dengan Tahapan Keputusan Pembelian Konsumen. Students
e-Journal, 1(1), 27.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).