PENGARUH DAMPAK APLIKASI, KEMUDAHAN INFORMASI, DAN KEMUDAHAN APLIKASI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK GOPAY DALAM BERTRANSAKSI DI UMKM CBD JAKARTA
Abstract
Artikel ini ingin melihat pengaruh dampak aplikasi, kemudahan informasi dan kemudahan aplikasi gopay dalam keputusan penggunaannya dalam bertransaksi. Gopay merupakan salah satu alat pembayaran berupa uang tapi jenisnya virtual. Artikel ini memuat hasil penelitian yang mengambil 100 responden, responden tersebut adalah pembeli makanan yang transaksi pembayarannya dilakukan menggunakan uang elektronik gopay. Dari hasil pengolahan data hasil kuesioner, ternyata dampak aplikasi dan kemudahan aplikasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat untuk menggunakan uang elektronik gopay, sdangkan kemudahan informasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan uang elektronik. kesimpulan ini dapat dilihat dari nilai t statistic dan p value yang dihasilkan dari pengolahan data menggunakan software pls untuk setiap hipotesis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bank Indonesia. (2018). http://www.bi.go.id
Beck, T., Demirgüç-Kunt, A., & Honohan, P. (2009). Access to financial services:
Measurement, impact, and policies. The World Bank Research Observer, 24(1),
-145.
Hasan, A. S. MM,(2013). Marketing dan Kasus–Kasus Pilihan. Yogyakarta, CAPS
(Center for Academic Publishing Service).
Kartono, K., Munthe, A. G., & Witono, B. M. (1980). Pedagang Kaki Lima sebagai realita
urbanisasi dalam rangka menuju Bandung kota indah. Universitas Katolik
Parahyangan.
Lukman Ali, D. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. M.
Shiddiq, KH. Nation State dan Khilafah, 4.
Milne, A., & Parboteeah, P. (2016). The business models and economics of peer-to-peer
lending.
Parastiti, D. E., Mukhlis, I., & Haryono, A. (2015). Analisis penggunaan uang elektronik
pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri malang (studi kasus: uang
elektronik brizzi). Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 7(1), 75-82.
Poerwadarminta, W. J. S. (1954). Kamus umum bahasa Indonesia. Perpustakaan
Perguruan Kementerian PP dan K..
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi
Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Singh, S. (1999). Electronic money: understanding its use to increase the effectiveness of
policy. Telecommunications Policy, 23(10-11), 753-773.
Sumarwan, U., Puspitawati, H., Hariadi, A., Ali, M. M., Gazali, M., Hartono, S., &
Farina, T. (2013). Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: PT.
DOI: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v2i2.56
Article Metrics
Abstract views : 772 times
PDF views : 628 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 772 timesPDF views : 628 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats