DAMPAK DESAIN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARAWO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh desain produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Trending Millennial Karawo. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari 96 responden, yang ditentukan menggunakan rumus Lemeshow. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel desain produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial, begitu pula dengan variabel kualitas produk. Secara simultan, desain produk dan kualitas produk juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R) sebesar 0,815 mengindikasikan hubungan yang sangat kuat, sedangkan R square sebesar 0,665 menunjukkan bahwa 66,5% keputusan pembelian terpengaruh oleh desain dan kualitas produk, sementara 33,5% terpengaruh oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam pengkajian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A. T., Baidlowi, I., & Poernomo, A. H. (2023). Pengaruh Desain Produk,Kualitas Produk, Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Khas Kota Mojokerto Pada Industri Batik “Bu Dar.” Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(4), 105–119.
Alfalisyado, & Haryanto, T. (2023). The Effects Of Product Quality, Price, And Product Design On Purchasing Decisions (Study On Electric Motorcycle Owners In Purwokerto). International Journal Of Health, Economics, And Social Sciences (Ijhess), 5(4), 438–441. Https://Doi.Org/10.56338/Ijhess.V5i4.4220
Aprilia, A., Yantu, I., Juanna, A., & Asnawi, M. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Thrift Pada Meltik Store Di Kota Gorontalo Annisa. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(3), 1547–1557. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37479/Jimb.V6i3.23552
Fadhylla, I., Harahap, A. T., & Firah, A. (2024). The Influence Of Product Quality And Product Design On Consumer Purchasing Decisions On Cv. New Jaya Blessings Medan. Dharmawangsa: International Journal Of The Social Sciences, Education And Humanitis, 5(2), 62–70. Https://Doi.Org/10.46576/Ijsseh.V5i2.4677
Garvin, D. A. (1988). Managing Quality: The Strategic And Competitive Edge. The Free Press.
Hariani, M. (2022). Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 5(2), 154–167. Https://Doi.Org/10.36441/Kewirausahaan.V5i2.1465
Hubbina, R., Mutia, A., & Putriana, M. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Distro Kedai Oblong Jambi). Journal Of Student Research (Jsr), 1(5), 459–475.
Ishak, R. A., Laekkeng, M., & Mahmud, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Karawo Di Kota Gorontalo. Jurnal Online Manajemen Elpei (Jomel), 4(2), 1059–1068.
Kemenparekraf.Go.Id. (2023). Tren Fesyen 2023 Di Indonesia, Wastra Menjadi Unggulan. Kemenparekraf.Go.Id. Https://Kemenparekraf.Go.Id/Ragam-Ekonomi-Kreatif/Tren-Fesyen-2023-Di-Indonesia-Wastra-Menjadi-Unggulan
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th Ed.). Penerbit Erlangga.
Mardiana, A., Mokoagow, I. A., Nur, M., & Labatjo, R. (2023). Jurnal Mirai Management Dinamika Perkembangan Seni Karawo Terhadap Perekonomian Di Gorontalo. Jurnal Mirai Management, 8(1), 615–623.
Mulyanto, A., Rohandi, M., & Tuloli, M. S. (2013). Laporan Tahunan Penelitian Hibah Bersaing Klasifikasi Karakter Pengguna Karawo Untuk Rekomendasi Motif Berbasis Budaya Gorontalo Menggunakan Algoritma Naive Bayes.
Nursiti, & Giovenna, A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Uniqlo. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 5(1), 40–50.
Pasmawati, Y., & Pegi Andrian, M. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Tekno, 20(1), 118–125. Https://Doi.Org/10.33557/Jtekno.V20i1.2559
Pautina, Y. B., Ismail, Y. L., & Abdussamad, Z. K. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo). Jurnal Manajemen & Organisasi Review (Manor), 5(2), 474–484. Https://Doi.Org/10.47354/Mjo.V4i1.358
Putrifasari, S., Munir, M., & Mahaputra, A. (2023). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Pada Cv. Wecono Asri Kediri. Journal Of Creative Student Research (Jcsr), 1(5), 141–155. Https://Doi.Org/10.55606/Jcsrpolitama.V1i5.2676
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Thomas, J. D., Restuti, S., & Musfar, T. F. (2024). Analysis Of The Influence Of Product Design, Product Quality And Competitive Prices On Purchasing Decisions Through Brand Image (Study On Pekanbaru Sleepwalking Customers). West Science Business And Management, 2(01), 194–206. Https://Doi.Org/10.58812/Wsbm.V2i01.541
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian Edisi Terbaru. Andi Publisher.
Umiyati, H., Damaianti, I., Ardiansyah, T., Awaludin, D. T., Hardini, R., Ramli, M., Yolanda, O., Asyari, Karyatun, S., Trisnadewi, N. K. A., Kusuma, C. A., Parma, I. P. G., & Sulaiman, S. (2024). Pemasaran Bisnis. Penerbit Widina Media Utama.
Utami, A. E., Sukaesih, U., & Miswan, M. (2024). Harga Dan Promosi Sebagai Faktor Penentu Keputusan Pembelian Rumah Di Pt . Pionir Alfa. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 7(2), 124–135.
DOI: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v7i2.2781
Article Metrics
Abstract views : 17 times
PDF views : 8 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 17 timesPDF views : 8 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats