EFEKTIVITAS PROMOSI DIGITAL MELALUI SOCIAL MEDIA FOOD INFLUENCER TERHADAP MINAT PEMBELIAN KONSUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas promosi digital melalui media sosial food influencer terhadap minat beli konsumen. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden berusia 18-40 tahun yang aktif menggunakan Instagram dan pernah terpapar promosi makanan oleh food influencer. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh promosi digital dan social media food influencer terhadap minat beli konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi digital dan influencer secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, dengan kontribusi sebesar 55,8% terhadap variabel dependen. Variabel promosi digital memiliki pengaruh lebih dominan dibandingkan influencer, terutama melalui relevansi informasi yang disampaikan, kemudahan akses konten, serta kolaborasi strategis. Sementara itu, food influencer memiliki kekuatan dalam menciptakan keterlibatan emosional melalui interaksi aktif dan konten yang relatable dengan audiens. Indikator seperti reach, resonance, dan relevance menjadi faktor utama yang memengaruhi keputusan konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku bisnis kuliner dalam memilih influencer yang sesuai dengan target audiens, serta merancang strategi konten yang lebih efektif dan terfokus. Hasilnya diharapkan dapat membantu meningkatkan daya saing bisnis kuliner melalui promosi digital yang terarah dan efisien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, W. (2020). Pengaruh Akun Instagram@ visitbogor terhadap Minat Berwisata Kuliner di Bogor (Survey pada followers@ visitbogor). http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4406%0Ahttp://repository.bakrie.ac.id/4406/1/00 cover.pdf
Campbell, C., & Farrell, J. R. (2020). More than meets the eye: The functional components underlying influencer marketing. Business horizons, 63(4), 469-479.
Fadila, F. U. N. (2020). Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan islami terhadap minat pembelian produk Punkpink’s secara online [Undergraduate thesis, IAIN Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/3874/
Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya, 6(1), 918–930. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1023
Hardini, R., Nurani, M. I., Larasayu, F., & Permana, E. (2023). Strategi pemasaran bisnis kuliner menggunakan influencer di media sosial instagram pasca pandemi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 8(2), 134-148.
Ingrassia, M., Bellia, C., Giurdanella, C., Columba, P., & Chironi, S. (2022). Digital Influencers, Food and Tourism—A New Model of Open Innovation for Businesses in the Ho.Re.Ca. Sector. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(1). https://doi.org/10.3390/joitmc8010050
Isnan, M. F., & Rubiyanti, R. N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat pembelian Tiket. Com Di Jawa Barat. EProceedings of Management, 8(1).
Mairano, M. V. (2024). Emotions of food influencers regarding digital work and the transmission of food knowledge on Instagram. Online Media and Global Communication, 3(4), 515–537. https://doi.org/10.1515/omgc-2024-0027
Retno Utami, A., & Widiati, E. (n.d.). Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata Kuliner Bogor [The Use Of Social Media As A Promotion To Increase The Attractiveness Of Bogor Culinary Tourism]. Business Management Journal.V19i2, 4714(2). https://doi.org/10.30813/bmj.v19i2.4714
Satı, A., & Kazancıoğlu, İ. (2020). The Effect Of Food Influencers On Consumers’intention To Purchase Food Products/Services. Journal of Gastronomy Hospitality and Travel, 3(2), 150-163.
Solis, B. (2012). The Rise of Digital Influence. Diakses dari https://techcrunch.com/ pada 10 Januari 2019 pukul 20.41 WIB.
Vaqué, L. G. (2020). Do Food Influencer activities require specific regulation?. Eur. Food & Feed L. Rev., 15, 117.
Weber, P., Ludwig, T., Brodesser, S., & Grönewald, L. (2021, May). “It's a Kind of Art!”: Understanding Food Influencers as Influential Content Creators. In Proceedings of the 2021 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 1-14).
Wibawa, R. C., Pratiwi, C. P., & Larasati, H. (2021). The role of nano influencers through Instagram as an effective digital marketing strategy. In Advances in Economics, Business and Management Research (Vol. 198, pp. 157-163). Conference Towards ASEAN Chairmanship 2023 (T-A-C 23 2021).
Widiati, E., Levyda, L., & Ratnasari, K. (2021). Optimalisasi Media Sosial Instagram Dalam Aktivitas Bisnis Bagi Umkm Di Bangka Belitung. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 4(2).
Wirastri, R., & Utami, A. R. (2022). Peran Celebrity Endorsement Tehadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2).
Yadav, J., Misra, M., Rana, N. P., & Singh, K. (2022). Exploring the synergy between nano-influencers and sports community: behavior mapping through machine learning. Information Technology & People, 35(7), 1829-1854.
DOI: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v7i2.2760
Article Metrics
Abstract views : 21 times
PDF views : 13 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 21 timesPDF views : 13 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats