SOSIALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT LITERASI PADA SISWA YAYASAN PENDIDIKAN QUR’AN FATHIMIYAH

Raden Adriyani Oktora, Bethriza Hanum, Andary Azvaroza

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi mengenai manfaat literasi digital dalam pembangunan dan pengembangan karakter pada siswa. Pemanfaatan teknologi serta literasi digital dalam pembelajaran di sekolah, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa agar tercapai proses pembelajaran yang baik, juga para siswa mendapatkan pengalaman belajar dengan berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan didalam dan diluar sekolah menggunakan teknologi secara tepat. Metode kegiatan ini terdiri dari 3 tahap meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap
persiapan dilakukan survei tempat dan penyesuaian jadwal pelaksanaan. Pada pelaksanaan sosialisasi kegiatan PKM ini para siswa diberikan pengenalan manfaat teknologi serta berbagai jenis media digital yang digunakan sebagai bahan literasi, dan praktek penggunaannya. Hasil dari kegiatan yang dikuti oleh 18 Siswa dan 2 Guru di Yayasan Pendidikan Qur'an Fathimiyah ini adalah para siswa mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang pemanfaatan teknologi, serta melakukan praktek sederhana penggunaan media digital. Para siswa mampu melakukan instruksi pencarian, penyeleksian informasi–informasi terkait bahan literasi dan juga mampu mengoperasikan beberapa media digital. Berdasarkan hasil evaluasi dengan menggunakan kuesioner, diperoleh informasi bahwa lebih dari 90% peserta memberikan apresiasi positif untuk kegiatan ini, serta merasakan manfaat yang diberikan.


Keywords


Teknologi, Literasi, Digital, PKM.

Full Text:

107-113

References


Amin, I. M., Mansur, R., & Sulistiono, M. (2020). Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI IIS 01 SMAI Al Maarif Singosari Malang. Pendidikan Islam, 59-67.

Amrina, U., Muhammad, I. L., & Raden, A. O. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Enterprise Resource Planning (ERP) di PT Budi Andhika Prima Ayudia. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 4(2), 10-20.

Amrina, U., Raden, A. O. (2023). Workshop Design Konten Pemasaran Digital Menggunakan Canva. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 6(2), 202-209.

Dinata, K. B. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran daring. Jurnal Eksponen, 11(1), 20-27.

Harjono, Hary Soedarto. (2018). “Literasi Digital: Prospek Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1–7.

Indrasari, M. (2023). Membangun Literasi Digital dengan 4 Pilar. Retrieved from https://www.humasindonesia.id/berita/membangun-literasi-digital-dengan-4- pilar-1692

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di Indonesia: studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan mitra. Informasi, 47(2), 149-166.

Masitoh, S. (2018). Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Proceedings of The ICECRS, 13-34.

Murdy, K., & Putri, A. N. (2020). Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa STKIP ‘Aisyiyah Riau. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 10(1), 71 Pattah, S. H. (2014). Literasi Informasi: peningkatan kompetensi informasi dalam proses pembelajaran. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 2(2), 108-119.

Piliang, Yasraf Amir. (2012). Semiotika dan Hipersemiotika: Gaya, Kode, dan Matinya Makna. Bandung: Matahari.

Pradana, Y. (2018). Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital, Untirta Civic Education Journal. Vo. 3 No. 2. 168-182.

Rachmawati, Tine Silvana, et al. Studi tentang Kemampuan Literasi Informasi di Kalangan Siswa Menengah Pertama. Edulib, 2017, 7.2.

Restianty. A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru dalam Literasi Media. Jurnal Kehumasan, 72-87.

Rini, R., Nurain, S., Ujang, E. (2022) Literasi Digital Mahasiswa dan Faktor - Faktor yang Berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan,10(2),

Sujana, A., Dewi, R. (2018). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal. Vol. 1 No. 1, 1-7.

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65-80

Usulu, R. Q., Balebat, D. A., Dhea, F., Azizah, A., Adi, P., Asep, N. (2023). Penerapan Pemasaran Digital pada Usaha Mikro Kecil di Kota Tasikmalaya. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 6(1), 34-40.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137-148

Efendi, M. A., & Hanif, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 3 Karangan. Jurnal Pendidikan, 10(2), 253-267

Fitriani, Y., & Aziz, I. A. (2019). Literasi Era Revolusi Industri 4.0. Seminas Nasional Bahasa dan Sastra, 100-104.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v7i1.2402

Article Metrics

Abstract views : 59 times
107-113 views : 24 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats