INOVASI SPIRULINA SP DALAM PEMBUATAN PUDING MENUJU EKONOMI KREATIF

Jumrodah Jumrodah, Septia Puteri Maharani, Fatri Najwa, Afifi Raima Ihsan, Ayu Tiara Putri, Dera Damayanti

Abstract


Spirulina sp, selain memberikan manfaat kesehatan, dapat diaplikasikan dalam berbagai produk konsumen, termasuk puding, untuk menciptakan produk yang tidak hanya enak tetapi juga memberikan nilai tambah untuk kesehatan. Puding, sebagai makanan penutup disukai oleh banyak kalangan, dari anak kecil sampai orang tua menjadikan pudding sebagai pilihan yang menarik. Dalam konteks ekonomi kreatif, ide menggabungkan Spirulina dalam pembuatan puding menjadi contoh konkret bagaimana kreativitas manusia dapat diimplementasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan variasi baru dalam produk makanan, khususnya puding. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan uji organoleptik untuk mengevaluasi rasa, tekstur, aroma, warna produk, dan tingkat kesukaan. Hasil uji organoleptik menunjukkan respons positif dari responden, dengan persentase tertinggi pada rasa (56,3%). Berdasarkan temuan tersebut, peneliti melakukan inovasi dengan memanfaatkan Spirulina sp. sebagai bahan inovatif dalam pembuatan puding, dengan harapan dapat mendorong kreativitas peneliti dan berkontribusi pada perkembangan ekonomi kreatif.


Keywords


Ekonomi kreatif, Puding, Spirulina sp

Full Text:

242-251

References


Ali Ridho, Sri Sedjati, & Endang Supriyanti. (2015). Antivitas Anti Oksidan Fikosianin Dari Spirulina sp Menggunakan Metode Transfer Elektron dengan dpph. Jurnal Kelautan Tropis.

Angga Saputra Yasir, Made Wike Wiranti, & Ni Wayan Wulantika. (2019). Potensi Spirulina Platentis Terhadap Aktivitas Antioksidan, Antidiabetes dan Antihioertensi. Jurnal Farmasi Malahayati.

Ariyani, M., Ade, S., Suaidah, & Agus, W. (2023). Implementasi Metode AIDA dalam Pengembangan Website Sebagai Peningkatan Promosi Produk Makanan UMKM Pudiing Hayu. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(3).

Ariyani, Mardha, Ade Surahman, Suaidah, & Agus Wantoro. (2023). Implementasi Metode AIDA dalam Pengembangan Website Sebagai Peningkatan Promosi Produk Makanan UMKM Pudiing Hayu. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(3).

Emy Yulianty, Ernawati, & Kamsiah. (2015). Penampilan dan Rasa Makanan Sebagai Faktor Sisa Makanan Pasien Anak di Rumah Sakit Dr. Sobrin Musi Rawas. Jurnal Meida Kesehatan.

Fabrowska, & Leska. (2015). Biomass and Extract of Algae as Material for Cosmetic.

Iswendi, Yusmaita, & Pangestuti. (2019). Uji organoleptik sari jagung di laboratorium kimia FMIPA UNP. Jurnal Ilmiah Pengamdian Kepada Masyarakat.

Kintoko, Rifqi Feri Balfas, Nura Ustrina, Sitarina Widyanrini, & Lintang Cahya Putri. (2018). Efek Spirulina Platentis Terhadap Analisis Kadar, Gambaran Histopatologi, Ekspresi Insulin dan Glut-4 Pada Tikus Wistar Yang Diinduksi Streptozotosin. Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia.

Misnaiyah, Indani, & Kamal. (2018). Daya Terima Konsumen Terhadap Puding Brokoli. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.

Prema Wadhani, Nani Ratnaningsih, & Badraningsih Lastariwati. (2021). Kandungan gizi, Aktivitas Antioksidan dan Uji Organoleptik Pudding Berbasis Kembang Kol dan Strawberry. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 10(1).

Putra Agung, I., Ayu Saqori Nasution, N., Trimerani, R., & Agribisnis Institut Pertanian STIPER Yogyakarta, P. (2023). STUDI KELAYAKAN USAHA KREATIF PEMBUATAN KERIPIK JAMUR TANKOS (KEJAMKOS). Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(1), 20–28.

Riska Mayasari. (2019). Pengaruh penambahan spirulina platenstis dengan konsentrasi berbeda terhadap kualitas permen jelly dari karagen dan konjak. Universitas Brawijaya.

Rochmat Aldy Purnomo. (2016). Ekonomi Kreatif : Pilar Pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.

Sakti Mayta, Darmono, & Nyoman Suci W. (2015). Pengaruh Sulenasi Spirulina Terhadap Beberapa Parameter Sindrom Melabotik. Jurnal Gizi Indonesia.

Sari Novita. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner Khas Daerah Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2.

Siti Agustina, Novi Nur Aida, & Eva Oktarina. (2018). Ekstraksi antioksidan spirulina sp dengan menggunakan metode ultrasonika dan aplikasinya untuk krim kosmetik. Jurnal Kimia Dan Kemasan.

Solina, E., Syafitri, R., Elsera, M., Rahmawati, N., Anggriawan, D., & Sosiologi Universitas Maritim Raja Ali Haji, P. (n.d.). PEMBERDAYAAN KELOMPOK IBU-IBU PKH DALAM PEMBUATAN MAKANAN SEHAT DI KAMPUNG BULANG KOTA TANJUNGPINANG (Vol. 6, Issue 2).

Wahyudin. (2015). Formulasi Minuman Nutrisi Olahraga Berbasis Mikroalga Spirulina Platentis dan Porphyridium cruentum. Institut Pertanian Bogor.

Widyamurti, N. (2018). PEMASARAN PARIWISATA MELALUI KEMASAN PRODUK UKM STANDING POUCH BERBAHAN PAPER METAL DI ERA EKONOMI KREATIF. In Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan (Vol. 1, Issue 1). www.presidenri.go.id

Wulandari. (2013). Formulasi Tablet Hisap Spirulina platensis Sebagai Suplemen Makanan.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i2.1942

Article Metrics

Abstract views : 98 times
242-251 views : 44 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats