GELIAT WIRAUSAHA MUDA DALAM MELESTARIKAN KOPI LOKAL BALI
Keywords:
wirausaha, sociopreneur, kopi, BaliAbstract
Indonesia memiliki beragam tradisi, termasuk tradisi minum kopi. Tradisi minum kopi ini menggerakkan para wirausaha, terutama wirausaha muda untuk merintis usaha kedai kopi. Geliat ini juga terjadi di pulau Bali, salah satunya adalah kedai kopi Bhineka Muda. Tujuan penelitian ini ingin menunjukkan bahwa wirausaha muda memiliki semangat yang luar biasa dalam melestarikan kopi asli Bali yang sudah ada sejak tahun 1935 sehingga tidak kalah dengan kopi merek Internasional. Peneliti melakukan wawancara mendalam dengan Pak Putu Gde Ary Wicahyana, penggerak revitalisasi kedai kopi Bhineka Djaja dan dibukanya kedai Bhineka Muda. Metode penelitian kualitatif ini dilakukan dengan wawancara yang mengalir dengan pertanyaan tidak terstruktur mulai dari merek kopi, konsep kedai kopi, hingga sociopreneur. Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa dalam memulai suatu usaha dibutuhkan inovasi dan kreatifitas layaknya konsep ekonomi kreatif yang kemudian ditumpahkan pada kedua kedai kopi tersebut, berbeda konsep namun dengan tujuan sama untuk melestarikan kopi Bali. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Pak Ary terbukti memiliki ciri atau karakter dari seorang wirausahawan yang sukses. Beliau juga menantang dirinya untuk menjadi seorang wirausaha muda ekonomi kreatif berbasis budaya serta menjadi sociopreneur. Peneliti menyimpulkan bahwa wirausaha yang hebat tidak hanya memikirkan laba tetapi bisa menjadi sociopreneur atau wirausaha yang juga memberi dampak yang positif, terutama di bidang sosial dan lingkungan bagi para pemangku kepentingan di lingkungan usahanya.References
Dash, M., & Kaur, K. (2012). Youth entrepreneurship as a way of boosting Indian
economic competitiveness: A study of Orissa. International Review of Management
and Marketing, 2(1), 10-21.
El Hasanah, L. L. N. (2015). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis
Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268-280.
Hendro, Ir. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga.
Putera, Andri Donnal. (2018). Produksi Kopi Indonesia Belum Maksmimal. [online]
Tersedia di https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/08/125051626/produksikopi-indonesia-belum-maksimal [ diakses tanggal 7 April 2018]
Suyatna, H., & Nurhasanah, Y. (2017). Sociopreneurship Sebagai Tren Karir Anak Muda.
Jurnal Studi Pemuda, 6(1), 527-537.
Zimmerer, T. W., & Scarboroug, N. M. (2005). Essentials of entrepreneurship and small
business management. Prentice-Hall.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).