PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN E-WOM DAN PERCEIVED VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari e-service quality terhadap purchase intention dengan e-word of mouth dan perceived value sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 134 responden yang merupakan pengguna OLX.co.id yang sudah pernah melakukan pembelian melalui website OLX.co.id sampel ditentukan menggunakan teknik nonprobability purposive sampling. Hasil dari perhitungan SPSS memperlihatkan bahwa 5 hipotesis yang terdapat dalam penelitian ini diterima, yakni e-service quality mempengaruhi secara signifikan variabel e-word of mouth, eservice quality mempengaruhi secara signifikan variabel perceived value, E-word of mouth mempengaruhi secara signifikan variabel purchase intention, perceived value mempengaruhi secara signifkan variabel purchase intention, dan terakhir e-service quality berpengaruh terhadap purchase intention
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bhakelar (2014), “The Study of E-commerce”, diakses pada 20 Januari 2018 dari
www.innovativejournal.in/index.php/ajcsit/article/.../628
Darmo, Ika Suhartanti (2015) “MILLENNIALS GREEN CULTURE: THE
OPPORTUNITY AND CHALLENGE (A CASESTUDY OF HIGHER
EDUCATION STUDENT)” diakses pada 12 Februari 2018 pukul 23:47 dari
http://artikel.ubl.ac.id/index.php/IMCoSS/article/view/374/375
Erkan dan Evans (2014) “The influence of eWOM in social media on consumers’
purchase intentions: An extended approach to information adoption”, diakses
pada 22 Januari 2018 dari www.elsevier.com/locate/comphumbeh
Yuliando, Henry & Purnasari Hasti (2015), “How Relationship Quality on Customer
Commitment Influences Positive e-WOM”, pada 19 Januari 2018 dari
https://www.researchgate.net/publication/273400451_How_Relationship_Qualit
y_on_Customer_Commitment_Influences_Positive_e-WOM.
Lin, Wu, Chen (2013), “Electronic Word-of-Mouth: The Moderating Roles of Product
Involvement and Brand Image”
,https://econpapers.repec.org/bookchap/tkptiim13/s3_5f29-47.htm
Bylok, Pabian, Tomski. (2015). “Business in Sustainability – a European Perspective”,
pada 21 Januari 2018dari
https://www.tojsat.net/journals/tojsat/articles/.../v05i03-
Salezadeh dan Kazhaei Pool (2016), “Brand personality, brand equity and revisit
intention: an empirical study of a tourist destination in Iran” pada 22 Januari
dari https://www.emeraldinsight.com/doi/abs/10.1108/TR-02-2016-0005
Sweeney dan Soutar (2001), “Consumer perceived value: The development of a
multiple item scale”, pada 28 Januari 2018 dari
https://www.researchgate.net/publication/223248568_Consumer_Perceived_Val
ue_The_Development_of_a_Multiple_Item_Scale
Wu and Liao (2011). “Consumers’ behavioral intention to use internet shopping: an
integrated model of TAM and TRA”, pada 29 Januari 2018 dari
https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09720510.2011.10701561
Younus, (2015), “Identiyhing the Factors Affecting Customer Purchase Intention” pada
Januari 2018 dari https://globaljournals.org/GJMBR_Volume15/2-
Identifying-the-Factors-Affecting.pdf
Fishbein dan Ajzen (2010). Predicting and Changing Behavior: The Reasoned Action
Approach. Psychology press. America.
Chaffey (2004) E-Business and commerce management, 2nd, marketing insight,
England.
Turban, Efrain, King, David, Dennis Viehland, Jae Lee, Electronic Commerce : a
managerial perspective, 2006 Pearson prentice hall, USA
Hasan, (2013), Marketing dan kasus-kasus pilihan, cetakan 3, Jogja.
Nugroho (2016) E-commerce: teori dan implementasi, Equilibria, Yogyakarta.
Schiffman dan Wisemblit. (2015) Consumer Behavior. Pearson Education limited,
England.
Semenik.R, (2002). Promotion dan Integrated marketing Communication. Thomson
Learning. Canada
Solomon.M. (2011). Consumer Behavior, 2nd, Allyn dan Bacon. Boston.
Zeithaml, Bitner, Gremler, Service Marketing : Integrating customer focus across the
firm, 6th edition 2013 England.
www.APJII.com, diakses pada 28 Januari 2018 pukul 20:18 wib
www.katadata.com diakses pada 26 Januari 2018 pukul 19:30 wib
www.olx.co.id diakses pada 10 Januari 2018 puul 16:45 wib
www.similliarweb.com diakses pada 15 Januari 2018 pukul 20:35 wib
www.instagram.com diakses pada 15 Januari 2018 pukul 20:50 wib
www.bekraf.com diakses pada 13 Januari 2018 pukul 22:45 wib
DOI: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v1i2.117
Article Metrics
Abstract views : 1449 times
PDF views : 908 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 1449 timesPDF views : 908 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats