PENGUATAN BRANDING DESA KEPUHSARI MANYARAN WONOGIRI SEBAGAI DESTINASI WISATA KAMPUNG WAYANG TATAH SUNGGING
Abstract
Desa Kepuhsari Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, sudah sejak lama dikenal sebagai sentra produksi wayang kulit tatah sungging. Hasil tatah sunggingnya terkenal tebal, rapi, dan halus sehingga menjadi salah satu produk unggulan dari Kabupaten Wonogiri. Bahkan, pada tahun 2014 pemerintah telah memberi identitas pada Desa Kepuhsari sebagai ‘Kampung Wayang’. Melalui penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dianalisa dengan metode analisis model interaktif, serta divalidasi dengan triangulasi data ini, mampu menemukenali beberapa potensi di Desa Kepuhsari berupa potensi SDM, alam, wisata budaya dan religi, anyaman bambu, cinderamata, kelompok seni pertunjukan, serta utamanya berupa kerajinan wayang kulit tatah sungging. Kemudian juga menemukan upaya internal yang sudah dilakukan oleh pengelola Kampung Wayang dan pemerintah setempat berupah pembentukan Pokdarwis Tetuko, pengelolaan Kampung Wayang, serta pengembangan industri kreatif untuk perajin wayang tatah sungging. Berdasar temuan data menyoal potensi dan upaya internal tersebut maka dapat dirumuskan beberapa strategi dalam upaya penguatan branding Desa Kepuhsari sebagai Destinasi Wisata Kampung Wayang Tatah Sungging agar keberadaannya tetap eksis dan makin dikenal oleh masyarakat luas baik dalam maupun luar negeri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Black, J.A & Dean J.C. (1992). Method and Issues in Social Research, terjemahan E.
Koswara, PT. Eresco, Jakarta.
Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Creswell, J.W. (2009). Reseach Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed,
terjemahan Achmad Fawaid. (2014), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Gobe, Marc. (2010). Emotional Branding: The New Paradigm for Connecting Brands to
People, Allworth Press, New York.
Guba, E. (1990). The Paradigm Dialog, Sage Publication Inc., California.
Illiachenko, E.Y. (2005). Exploring Culture, History and Nature as Tourist Destination
Branding Constructs: The Case of Pheriperal Region in Sweden, Nordic, Iceland.
Kaplanidou, K. (2007). Affective Event and Destination Image: Their Influence on
Olympic Traveler’s Behavioral Intention, Event Management.
Miles, M.B dan Huberman, A.M. (1984). Qualitative Data Analysis atau Analisis Data
Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. (2009), Universitas Indonesia
Press, Jakarta.
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.
O’Brien, R. (1998). An Overview of The Methodological Approach of Action Research,
Faculty of Information Studies, University of Toronto, Toronto.
Patton, M.Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods, Sage Publications
Inc., California.
Spillane, J. (1994). Pariwisata Indonesia (Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan),
Kanisius, Yogyakarta.
Jurnal
Is, P., Rini, A & Marceilla, H. (2013). Pengaruh Destination Branding Terhadap
Tourist Retention Pada Wisatawan Indonesia yang Berkunjung ke
Thailand, Jurnal THE Anthology, Edisi I, Desember, ISSN 2337-6686.
Chanira, N., Suryadi & Darsono, W. (2014). Designing Promotion Strategy of
Malang Raya’s Tourism Destination Branding through Audio Visual
Media, Vol.2, No.2, April, E-ISSN 2338-1647.
Murfianti. (2010). Membangun City Branding Melalui Solo Batik Carnival.
Jurnal Penelitian Seni dan Budaya. Volume 2 Nomor 1, Juni 20120.
Pp.14-20.
Yuselg & Putrikam, I. (2016). Kampung Wayang Sebagai Salah Satu Upaya
Pemberdayaan Masyarakat di Desa Kepuhsari Kecamatan Manyaran
Kabupaten Wonogiri, Journal UNY, Yogyakarta.
Produk Hukum
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang
Kepariwisataan.
Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 9 Tahun 2011 tentang Rencana
Tata Ruang Wilayah Kabupaten Wonogiri Tahun 2011-2031.
Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 2 Tahun 2012 tentang Retribusi
Jasa Usaha di Kabupaten Wonogiri.
Renstra Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan
Menengah Kabupaten Wonogiri Tahun 2011-2015.
DOI: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v1i1.61
Article Metrics
Abstract views : 968 times
PDF views : 915 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 968 timesPDF views : 915 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats