KUASA BAJU BEKAS: KODE KULTURAL FESYEN BAJU BEKAS DALAM RANAH INDUSTRI KREATIF
Abstract
Fesyen baju bekas menawarkan wilayah kajian yang di dalamnya terdapat tanda, kode, makna. Tulisan ini bertujuan untuk meneliti adanya tanda, pesan, dan makna yang berada dalam baju bekas koleksi Le Budget. Objek kajian baju bekas dibedah dengan menggunakan pendekatan semiotika untuk analisis pemakaian tanda dan maknanya. Teori semiotika digunakan sebagai analisis penelitian untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasi bentuk-bentuk tanda pada baju bekas ke dalam tanda tipe ikon, indeks, dan simbol. Melalui analisis bentuk-bentuk tanda pada baju bekas ditemukan kode-kode kultural dan makna yang dikonstruksi. Hal ini menjadi penting karena dalam era industri kreatif ini, fesyen baju bekas Le Budget telah membentuk subkultur anak muda yang dapat menjadi budaya tanding terhadap budaya besar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barnard, M. (2011). Fashion as Communication (Fashion sebagai Komunikasi Cara
Mengkomunikasikan Identias Sosiasl, Seksual, Kelas dan Gender), diterjemahkan
oleh Idy Subandy Ibrahim. Jalasutra. Yogyakarta.
Chaney, D. (2004). Lifestyle Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.
Elsner, J. (1994). The Culture of Collecting. Massachusetts: Harvard University Press.
Featherstone, M. (2001). Postmodernisme dan Budaya Konsumen. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Miles, M.B & Huberman, A.M. (1992). Qualitative Data Analysis. Analisis Data
Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, diterjemahkan oleh Tjetjep
Rohendi Rohadi. Penerbit UI Press. Jakarta.
Pilliang, Y.A. (2012). Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya, & Matinya Makna.
Jakarta Selatan: Matahari.
Sunhilde, C. (2012). Fast Fashion and Secondhand Clothes Between Ecological
Concern and Global Business. Annals of The University of Oradea Fascicle of
Textiles, Leatherwork. Romania: University of Oradea.
DOI: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v1i1.48
Article Metrics
Abstract views : 1096 times
PDF views : 1088 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 1096 timesPDF views : 1088 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats