PEMASARAN PARIWISATA MELALUI KEMASAN PRODUK UKM STANDING POUCH BERBAHAN PAPER METAL DI ERA EKONOMI KREATIF
Keywords:
Kewirausahaan, Kemasan, Produk UKM, Pemasaran PariwisataAbstract
Berdasarkan pertimbangan pada kemudahan produksi, perlindungan atas produk, daya tarik visual, dan sebagainya, kemasan standing pouch berbahan paper metal diminati UKM untuk mengemas produknya. Kemasan standing pouch adalah kemasan yang terbuat dari bahan kertas cetak yang dilapisi plastik metalize atau alumunium foil di bagian dalamnya.Kemasan ini tidak hanya bersifat melindungi produk dalam rantai distribusi hingga sampai ke tangan konsumen,tetapi mampu menjadi daya dukung utama dalam pemasaran produk ketika produk didisplay di suatu toko, serta efektif sebagai media promosi pariwisata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mengkaji jenis kemasan dan daya tarik desain grafis bagi konsumen, terutama sebagai media promosi pariwisata. Metode penelitian adalah Studi Kasus. Penelitian dilakukan dengan latar alamiah, holistik, dan mendalam yang dianalisis dengan menggunakan Trianggulasi Data. Hasil penelitian ini berupa konsep desain kemasan jenis standing pouch berbahan paper metalyang tepat untuk mendukung pemasaran produk UKM dan kepariwisataan di era ekonomi kreatif saat ini.References
Buku
Fawcett, A.E. (1993). Integrated Marketing: Marketers Convinced Its Time Has Arrived.
Advertising Age
Gregory & Hubert, B. (2010). Extrusion Coating A Process Manual. USA. Trafford
Publishing. ISBN: 978-1-4072-3
Howkins & John. (2013). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas.
nd Editions. Publish by The Penguins Books. London, England. ISBN: 978-0-141-
-1
Kaihatu, T.S. (2014). Manajemen Pengemasan. Yogyakarta. Penerbit CV Andi Offset.
ISBN: 978-979-29-5414-2
Kasali, R. (2007). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, Positioning. PT
Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. ISBN: 979-605-954-1
Morissan. (2010). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Pertama. PT Prenadamedia
Group. Jakarta. ISBN: 978-602-8730-18-1
Stewart & Bill. (1997). Packaging as an Effective Marketing Tool. Pira International.
United Kingdom. ISBN: 1-85802-099-9
Utama, I.G.B.R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta. Penerbit CV. Andi Offset.
ISBN: 978-979-29-6270-3
Wahyudi, N & Satriyono, S. (2017). Mantra Kemasan Juara. PT Elex Media
Komputindo. Jakarta. ISBN: 978-602-04-0069-3
Yaumi, M & Damopolii, M. (2014). Action Research: Teori, Model, dan Aplikasi. Edisi
Pertama. Jakarta. Penerbit Fajar Interpratama Mandiri. ISBN: 978-602-7985-80-3
Artikel dalam Proseeding Seminar
Marsh, K & Bugusu, B. (2007). Scientific Status Summary: Food Packaging – Roles,
Materials, and Environmental Issues. Journal of Food Science. Institute of Food
Technologists. The Society for Food Science & Technology. Vol.72, Nr.3, April.
doi: 10.1111/j.1750-3841.2007.00301.x
Artikel Majalah Ilmiah Versi Online
Afiff, F. (2012). Pilar-pilar Ekonomi Kreatif. Rangkaian Kolom Kluster I. Binus
University. Jakarta.
Riani, A.L & Widyamurti, N. (2017). Panduan Pendirian Usaha Desain Kemasan. E-book
kerjasama antara UNS Solo dan Bekraf. Jakarta. www.bekraf.go.id
Artikel Media Digital
Widodo, J. (2016). Potensi Besar UKM Industri Makanan-Minuman. 8 Juni 2016.
www.presidenri.go.id. Diakses tanggal 15 Maret 2018
Widodo, J. (2016). Mendorong Produk Indonesia Menembus Pasar Global. 12 Oktober
www.presidenri.go.id. Diakses tanggal 15 Maret 2018
Artikel Umum
Official website of PT Sinergy Indopack Makmur. Cengkareng – Jakarta Barat.
https://www.kemasansinergy.com/produk/. Diakses tanggal 8 Maret 2018
Official website of Cetak Kemasan. www.cetakkemasanpapermetal.blogspot.co.id.
Diakses tanggal 12 Maret 2018
Dasar Hukum
Undang-Undang RI No.18 Tahun 2012 tentang Pangan
Peraturan Pemerintah RI No. 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan
Peraturan Pemerintah No.28 Tahun 2004 tentang Keamanan Mutu dan Gizi Pangan
Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia
Nomor : Hk 00.05.55.6497 tentang Bahan Kemasan Pangan
Peraturan Menteri Kesehatan RI No.329/Menkes/XII/76 tentang Produksi dan Peredaran
Pangan
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).