PEMASARAN PARIWISATA MELALUI KEMASAN PRODUK UKM STANDING POUCH BERBAHAN PAPER METAL DI ERA EKONOMI KREATIF

Nidyah Widyamurti

Abstract


Berdasarkan pertimbangan pada kemudahan produksi, perlindungan atas produk, daya tarik visual, dan sebagainya, kemasan standing pouch berbahan paper metal diminati UKM untuk mengemas produknya. Kemasan standing pouch adalah kemasan yang terbuat dari bahan kertas cetak yang dilapisi plastik metalize atau alumunium foil di bagian dalamnya.Kemasan ini tidak hanya bersifat melindungi produk dalam rantai distribusi hingga sampai ke tangan konsumen,tetapi mampu menjadi daya dukung utama dalam pemasaran produk ketika produk didisplay di suatu toko, serta efektif sebagai media promosi pariwisata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mengkaji jenis kemasan dan daya tarik desain grafis bagi konsumen, terutama sebagai media promosi pariwisata. Metode penelitian adalah Studi Kasus. Penelitian dilakukan dengan latar alamiah, holistik, dan mendalam yang dianalisis dengan menggunakan Trianggulasi Data. Hasil penelitian ini berupa konsep desain kemasan jenis standing pouch berbahan paper metalyang tepat untuk mendukung pemasaran produk UKM dan kepariwisataan di era ekonomi kreatif saat ini.


Keywords


Kewirausahaan, Kemasan, Produk UKM, Pemasaran Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Buku

Fawcett, A.E. (1993). Integrated Marketing: Marketers Convinced Its Time Has Arrived.

Advertising Age

Gregory & Hubert, B. (2010). Extrusion Coating A Process Manual. USA. Trafford

Publishing. ISBN: 978-1-4072-3

Howkins & John. (2013). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas.

nd Editions. Publish by The Penguins Books. London, England. ISBN: 978-0-141-

-1

Kaihatu, T.S. (2014). Manajemen Pengemasan. Yogyakarta. Penerbit CV Andi Offset.

ISBN: 978-979-29-5414-2

Kasali, R. (2007). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, Positioning. PT

Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. ISBN: 979-605-954-1

Morissan. (2010). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Pertama. PT Prenadamedia

Group. Jakarta. ISBN: 978-602-8730-18-1

Stewart & Bill. (1997). Packaging as an Effective Marketing Tool. Pira International.

United Kingdom. ISBN: 1-85802-099-9

Utama, I.G.B.R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta. Penerbit CV. Andi Offset.

ISBN: 978-979-29-6270-3

Wahyudi, N & Satriyono, S. (2017). Mantra Kemasan Juara. PT Elex Media

Komputindo. Jakarta. ISBN: 978-602-04-0069-3

Yaumi, M & Damopolii, M. (2014). Action Research: Teori, Model, dan Aplikasi. Edisi

Pertama. Jakarta. Penerbit Fajar Interpratama Mandiri. ISBN: 978-602-7985-80-3

Artikel dalam Proseeding Seminar

Marsh, K & Bugusu, B. (2007). Scientific Status Summary: Food Packaging – Roles,

Materials, and Environmental Issues. Journal of Food Science. Institute of Food

Technologists. The Society for Food Science & Technology. Vol.72, Nr.3, April.

doi: 10.1111/j.1750-3841.2007.00301.x

Artikel Majalah Ilmiah Versi Online

Afiff, F. (2012). Pilar-pilar Ekonomi Kreatif. Rangkaian Kolom Kluster I. Binus

University. Jakarta.

Riani, A.L & Widyamurti, N. (2017). Panduan Pendirian Usaha Desain Kemasan. E-book

kerjasama antara UNS Solo dan Bekraf. Jakarta. www.bekraf.go.id

Artikel Media Digital

Widodo, J. (2016). Potensi Besar UKM Industri Makanan-Minuman. 8 Juni 2016.

www.presidenri.go.id. Diakses tanggal 15 Maret 2018

Widodo, J. (2016). Mendorong Produk Indonesia Menembus Pasar Global. 12 Oktober

www.presidenri.go.id. Diakses tanggal 15 Maret 2018

Artikel Umum

Official website of PT Sinergy Indopack Makmur. Cengkareng – Jakarta Barat.

https://www.kemasansinergy.com/produk/. Diakses tanggal 8 Maret 2018

Official website of Cetak Kemasan. www.cetakkemasanpapermetal.blogspot.co.id.

Diakses tanggal 12 Maret 2018

Dasar Hukum

Undang-Undang RI No.18 Tahun 2012 tentang Pangan

Peraturan Pemerintah RI No. 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan

Peraturan Pemerintah No.28 Tahun 2004 tentang Keamanan Mutu dan Gizi Pangan

Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia

Nomor : Hk 00.05.55.6497 tentang Bahan Kemasan Pangan

Peraturan Menteri Kesehatan RI No.329/Menkes/XII/76 tentang Produksi dan Peredaran

Pangan




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v1i1.45

Article Metrics

Abstract views : 3163 times
PDF views : 1682 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats