PENGEMBANGAN DESAIN MOTIF BATIK LAWAI MENGGUNAKAN APLIKASI DIGITAL

Siti Aisah, Susanti Sundari, Poningin Poningin, Yoga Prastio

Abstract


Penelitian ini mengenai pengembangan desain motif batik Lawai (Lampung Wawai) dengan menggunakan aplikasi digital. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya dari pengembangan desain batik Lampung dengan membuat suatu desain batik Lampung konsep baru yang memiliki ciri khas tersendiri dengan aplikasi digital.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perancangan desain yang meliputi beberapa tahapan yaitu observasi pada motif, pembuatan motif dan pembuatan desain. Hasil dari desain batik Lawai berisikan unsur motif yang diambil dari unsur kebudayaan Lampung, diantaranya motif siger, badik Lampung, payung adat, pasanganmerak yang menggunakan siger dan kopiah Lampung, durian, lapis legit, dan aksara Lampung. Pembuatan desain batik dengan konsep “Batik Lawai” bercirikan sebuah desain yang lebih ekspresif dan menggunakan imaginatif personal dengan menggunakan aplikasi IbisPaintX dan CorelPhotoPaint. Pengembangan desain batik Lawai ini merupakan salah satu upaya memajukan warisan budaya khususnya budaya Lampung, dan melestarikan kekayaan intelektual batik Indonesia.

Keywords


Batik Lawai, Desain, Digital, Motif

Full Text:

PDF

References


Agustianto, A., & Sartika, Y. (2019). Analisis Yuridis terhadap Penerapan Hak Cipta sebagai Objek Jaminan Fidusia dalam Pemberian Fasilitas Kredit pada Perbankan di Kota Batam. Journal of Judicial Review, 21(2), 129-144.

Aminah, H., Susita, D., & Hamidah, H. (2020). UMKM Go Online! PengembanganKompetensi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) di Provinsi DKI Jakarta Guna Mewujudkan Digital Preneuer. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 3(1).

Disemadi, H. S., & Zebua, N. W. S. (2021). Perlindungan Hukum Bagi Anak Selaku Pemilik Kekayaan Intelektual Di Indonesia. Mahkamah: Jurnal Kajian Hukum Islam, 6(1), 30- 41.

Elliott, I. M. (2013). Batik: fabled cloth of Java. Tuttle Publishing.

Hapsari, W., & Haryono, N. A. (2018, October). Pembuatan Sistem Desain Batik dengan Komputasi Matematis. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi(SEMNASTIK) (Vol. 1, No. 1, pp. 521-527).

Kemdikbud.go.id. 02 Oktober 2019. Perjalanan Batik Menjadi Warisan Budaya Dunia. Diakses pada 02 Juni 2022, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/10/perjalanan-batik-menjadiwarisan- budaya-dunia

Kusrianto, Adi. (2013). Batik- Filosofi, Motif dan Kegunaan. Yogyakarta: Andi.

Nurcahyanti, D., & Affanti, T. B. (2018). Pengembangan Desain Batik Kontemporer Berbasis Potensi Daerah Dan Kearifan Lokal. Jurnal Sosioteknologi, 17(3), 391- 402.

Trixie, A. A. (2020). Filosofi Motif Batik Sebagai Identitas Bangsa

Indonesia. Folio, 1(1), 1-9.

Rachman, A. (2017). BATIK SEBAGAI MEDIA DAKWAH: STUDI TENTANG

PENGGUNAAN BATIK DALAM PENYEBARAN ISLAM DI CIREBON. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 8(1), 1-20.

Suryani, A., & Nelmira, W. STUDI TENTANG BATIK DI DHARMASRAYA.

Gorga: Jurnal Seni Rupa, 8(1), 255-259.

Wulandari, A. (2022). Batik Nusantara: Makna filosofis, cara pembuatan, dan industri batik. Penerbit Andi.

Wibawanto, W., & Nugrahani, R. (2019). Inovasi Pengembangan Motif Batik Digital Bagi Ikm Batik Semarang. Indonesian Journal of Conservation, 7(2).

Wikipedia.org. Batik. Diakses tanggal 11 November 2022 dari laman

https://id.wikipedia.org/wiki/Batik




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i2.1309

Article Metrics

Abstract views : 411 times
PDF views : 250 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats