PERAN CELEBRITY ENDORSEMENT TEHADAP MINAT BELI PRODUK SCARLETT WHITENING
Keywords:
Celebrity Endorsement, Konsumen, Minat BeliAbstract
Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dan popularitas dari Scarlett Whitening dengan bekerjasama dengan public figure atau selebriti sebagai celebrity endorsement. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran celebrity endorsement dan pengaruhnya terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan sampel 100 orang responden melalui kuesioner yang disebarkan secara online dengan mengunakan Google Form. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian mengenai penggunaan celebrity endorsement pada penjualan produk scarlett whitening memperoleh nilai rata-rata kategori baik. Indikator dengan nilai tertinggi terdapat pada indikator expertise (keahlian) dan terendah terdapat pada indikator kesamaan (similarity). Untuk penilaian konsumen tentang minat beli produk scarlett whitening secara umum masuk dalam kategori cukup minat dengan nilai tertinggi pada indikator transaksional terutama pada faktor harga yang terjangkau dan kegunaan produk merawat dan memutihkan kulit wajah, sedangkan indikator terendah terdapat pada indikator minat eksploratif artinya konsumen akan cenderung mencoba secara langsung produk scarlett whitening dibandingkan mencari informasi tentang sifat-sifat positif dari produk tersebut. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan mengenai celebrity endorsement terhadap minat beli konsumen produk scarlett whitening.References
Damayanti, R., Husen, Z., & Mesar, Z. S. H. S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli dengan Electronic Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening pada Produk Skincare Emina. Jurnal Mitra Manajemen, 5(6), 390-398.
Mubarok, Dadan Abdul Aziz (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 3 (1)
Napoleon Cat, (2021). Instagram Users in Indonesia Tersedia pada (https
.napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2021/10/) diakses pada 02 November 2021
Rahmawati, Mia & Suci Putri Lestari (2020). Pengaruh Penggunaan Selebgram (Celebrity Endorser Instagram) Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Pada Media Instagram (Survey Pengguna Aktif Sosial Media Instagram Pada Followers Akun @mia_raaa). Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER), 2 (2), 138-153.
Shimp, Terence A. (2007). Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu) Jilid I. Edisi Terjemahan, Jakarta: Erlangga
Shimp, Terence A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi. Edisi 8, Jakarta: Salemba Empat
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).