PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RUMAH MAKAN KAKUNG SABLENG JAKARTA
Keywords:
Kualitas, Kepuasan, Rumah MakanAbstract
Tujuan Penelitian: 1) Menganalisis kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta, 2) Menganalisis pengaruh 5 dimensi kualitas pelayanan secara bersama-sama dan juga parsial terhadap kepuasan di Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta. Metode penelitian dekriftif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta pada tahun 2020 sebanyak 3.200 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 96 orang. Untuk menganalisis kualitas pelayanan dan kepuasan dilakukan dengan cara menghitung persentase dan rata-rata, untuk menganalisis pengaruh 5 dimensi kualitas pelayanan secara bersama-sama dan secara parsial digunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian kualitas pelayanan Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta (nilai tertinggi = 5) nilai rata-rata bukti fisik = 4,64, kehandalan = 4,68, daya tanggap = 4,63, jaminan = 4,74, dan empati = 4,67 (kelima dimensi sangat baik). Kepuasan nilai rata-rata = 4,65 (nilai tertinggi = 5) termasuk sangat puas. Secara bersama-sama kelima dimensi kualitas pelayanan berpengaruh signifikan (sig = 0,000) terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta, secara parsial jaminan tidak berpengaruh signifikan, namun jika kelima dimensi kualitas pelayanan digabungkan hasilnya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta.References
Amstrong, G., & Kotler, P. (2016). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Amstrong, G., & Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran, Strategi Pemasaran dan Analisis Strategi Pemasaran, Perencanaan Strategi Pemasaran, Implementasi. Jakarta: PT. Prenhalindo.
Annisa, P. A., Mustari, M., Ahmad, M. I. S., Nurdiana, N., & Supatminingsih, T. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen UMKM (Studi Kasus: Djoin Cafe di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar). Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences, 1(1), 119 – 137.
Basit, A., & Handayani, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Allium Tangerang Hotel. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 165-177.
Hamdanur, P., Yusuf, A. M., & Kasman, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Akulaku Indonesia di Jakarta. Journal Management and Accounting Expose, 4(2), ), 91 – 102.
Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2017. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi; Edisi 3. Jakarta: Erlangga.
Majid, A., Oktavianti, A. E., Rista, M. A., Santika, D., Ummah, F., Fitriana, L., & Ummah, A. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Rocket Chicken Cabang Lamongan). Journal Of Economics, Management, and Business Research, 2(1), 214 – 226.
Miswan, M., Austriana, S., & Sukaesih, U. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Virtual Experience Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Penerangan Di Tmii Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 4(2), 161-177.
Panjaitan, J.E dan Yuliati, A.L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jne Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen, 11 (2), 265 – 289.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Rabiah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Nesmilo di Samarinta. Journal Administrasi Bisnis, 8(1), 65 – 74.
Tjiptono, F. (2016). Secvice & Satis, Quality & Satisfication. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).