PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RUMAH MAKAN KAKUNG SABLENG JAKARTA

Uuh Sukaesih, Miswan Miswan, Rosy Anjani, Dedy Wahyudi

Abstract


Tujuan Penelitian: 1) Menganalisis kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta, 2) Menganalisis pengaruh 5 dimensi kualitas pelayanan secara bersama-sama dan juga parsial terhadap kepuasan di Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta. Metode penelitian dekriftif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta pada tahun 2020 sebanyak 3.200 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 96 orang. Untuk menganalisis kualitas pelayanan dan kepuasan dilakukan dengan cara menghitung persentase dan rata-rata, untuk menganalisis pengaruh 5 dimensi kualitas pelayanan secara bersama-sama dan secara parsial digunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian kualitas pelayanan Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta (nilai tertinggi = 5) nilai rata-rata bukti fisik = 4,64, kehandalan = 4,68, daya tanggap = 4,63, jaminan = 4,74, dan empati = 4,67 (kelima dimensi sangat baik). Kepuasan nilai rata-rata = 4,65 (nilai tertinggi = 5) termasuk sangat puas. Secara bersama-sama kelima dimensi kualitas pelayanan berpengaruh signifikan (sig = 0,000) terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta, secara parsial jaminan tidak berpengaruh signifikan, namun jika kelima dimensi kualitas pelayanan digabungkan hasilnya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta.

Keywords


Kualitas, Kepuasan, Rumah Makan

Full Text:

PDF

References


Amstrong, G., & Kotler, P. (2016). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Amstrong, G., & Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran, Strategi Pemasaran dan Analisis Strategi Pemasaran, Perencanaan Strategi Pemasaran, Implementasi. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Annisa, P. A., Mustari, M., Ahmad, M. I. S., Nurdiana, N., & Supatminingsih, T. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen UMKM (Studi Kasus: Djoin Cafe di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar). Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences, 1(1), 119 – 137.

Basit, A., & Handayani, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Allium Tangerang Hotel. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 165-177.

Hamdanur, P., Yusuf, A. M., & Kasman, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Akulaku Indonesia di Jakarta. Journal Management and Accounting Expose, 4(2), ), 91 – 102.

Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2017. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi; Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Majid, A., Oktavianti, A. E., Rista, M. A., Santika, D., Ummah, F., Fitriana, L., & Ummah, A. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Rocket Chicken Cabang Lamongan). Journal Of Economics, Management, and Business Research, 2(1), 214 – 226.

Miswan, M., Austriana, S., & Sukaesih, U. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Virtual Experience Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Penerangan Di Tmii Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 4(2), 161-177.

Panjaitan, J.E dan Yuliati, A.L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jne Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen, 11 (2), 265 – 289.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Rabiah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Nesmilo di Samarinta. Journal Administrasi Bisnis, 8(1), 65 – 74.

Tjiptono, F. (2016). Secvice & Satis, Quality & Satisfication. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i2.1298

Article Metrics

Abstract views : 713 times
PDF views : 262 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats