ANALISIS MARAKNYA HIJAB BUTTONSCARVES

Febri Rakhmawati Arsj

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya fenomena perkembangan pelaku industri hijab fashion yang sedang marak tiga tahun belakangan ini yang menjadi sebuah gaya hidup dan trend. Pada penelitian ini mengkaji lebih dalam mengenai perempuan muslimah yang menggunakan hijab premium di kalangan masyarkat urban yang dikenal dengan sebutan BSLady sebagai pencinta dari hijab dengan brand Buttonscarves. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data pada penelitian yakni melalui metode wawancara dan observasi ke tiga toko Buttonscarves di Jakarta seperti Plaza Indonesia, FX serta Senayan City sebagai lokasi penelitian. Peneliti dibantu oleh tujuh informan sebagai sumber informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buttonscarves mengusung signature luxurious scarves dengan memberikan value added lifestyle/prestige yang menerapkan lifestyle marketing. Memiliki club pecinta Buttonscarves dengan sebutan BSLady, serta memilih lokasi toko yang selektif yang terletak di mall-mall besar di setiap kota besar di Indonesia dan Malaysia, melakukan kolaborasi dengan para selebgram serta dengan BUMN maskapai penerbangan Garuda Indonesia pada musim mudik lebaran 2022.

Keywords


Hijab; Buttonscarves; BSLady

Full Text:

PDF

References


Afandi. (2022, Mei 10). Indonesia negara paling religius di dunia namun tingkat korupsi tinggi ada yang salah. https://muhammadiyah.or.id/indonesia-negara-palingreligius-di-dunia-namun-tingkat-korupsi-tinggi-ada-yang-salah/

Friska NR. (2021, April 18). 6 Top brand hijab lokal yang laris manis diburu hijabers. https://www.beautynesia.id/fashion/6-top-brand-hijab-lokal-yang-laris-manisdiburu-hijaber/b-206672

Hidayanti, M., Saputri, S., & Putri, K. W. (2018, December). Trend Perubahan Gaya Hidup Muslim. In Proceeding of National Conference on Asbis (Vol. 3, pp. 303-313). Politeknik Negeri Banjarmasin.

https://www.buttonscarves.com/blogs/lifestyle/ini-dia-daftar-toko-offline-buttonscarvesdi-pulau-jawa

https://www.buttonscarves.com/pages/storelocator?gclid=Cj0KCQjwvqeUBhCBARIsAOdt45aTEq7r8EJCyWldxUddWhD

ac-bsScZMoc1hgg2cMuuCFH4HUuNtCYIaAoSKEALw_wcB.

Nisa, K., & Rudianto, R. (2017). Trend fashion hijab terhadap konsep diri Hijabers komunitas hijab Medan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 105-117.

Kotler, Keller & Chernev. (2020). Marketing Management. Sixteenth Edition Global Edition. Perason.

Millenial. https://kumparan.com/millennial/cerita-linda-anggrea-bangun-buttonscarveskini-punya-25-toko-sampai-malaysia-1veX5fcTHSZ/full 30 April 2021

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nabila Tashandra. (2020, Maret 13 Tetap diserbu meski mahal ini rahasia Buttonscarves. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/13/172414020/tetapdiserbu-meski-mahal-ini-rahasia-buttonscarves?page=all

Puput Adi Sukarno. (2021, Maret 3) Belanja busana muslim Indonesia tembus Rp.300 triliun tiap tahun.

https://lifestyle.bisnis.com/read/20210303/104/1363336/belanja-busana-muslimindonesia-tembus-rp300-triliun-tiap-tahun 3 Maret 2021

Silmia Putri. https://wolipop.detik.com/hijab-profile/d-4383654/kisah-inspiratif-wanitajualan-hijab-yang-selalu-sold-out-tidur-cuma-3-jam 14 Januari 2019

Suparjo Ramalan. https://www.inews.id/finance/bisnis/kemenperin-industri-fashionmuslim-indonesia-tempati-peringkat-3-dunia Senin, 20 Desember 2021

Viva Budi Kusnandar. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/03/risscpopulasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia 3 November 2021




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i2.1292

Article Metrics

Abstract views : 900 times
PDF views : 3164 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats