PERSEPSI PELAKU USAHA FASHION DI KOTA TASIKMALAYA TERHADAP PENERAPAN AFILIASI MARKETING

Namira Arafah, Donny Karunia Pratama, Rizka Wahyudi, Mutiara Putri Utami, Adi Prehanto, Btari Mariska Purwaamijaya

Abstract


Persepsi pelaku usaha terhadap penerapan afiliasi marketing menjadi hal yang penting. Salah satu strategi digital marketing yang banyak digunakan adalah afiliasi marketing. Afiliasi marketing terdapat beberapa pihak yang terlibat beserta perannya masing-masing, diantaranya adalah pelaku usaha sebagai affiliater, konten kreator sebagai marketer, dan konsumen yang membeli produk melalui afiliasi marketing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis korelasi pihak-pihak yang terlibat dalam afiliasi marketing yang mana dari korelasi tersebut akan diketahui dampak apa yang didapatkan oleh para pelaku usaha yang menerapkan afiliasi marketing dan bagaimana persepsi mereka. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara kepada pengguna afiliasi marketing khususnya industri fashion di Kota Tasikmalaya dan juga studi literatur untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa minat beli Gen Z akan meningkat apabila pelaku usaha menggunakan lebih dari 1 konten kreator untuk menjalankan afiliasi marketing disertai dengan review dan konten viral di dalamnya. Diharapkan penelitian ini bisa lebih meyakinkan pelaku usaha untuk menggunakan program afiliasi marketing agar minat beli suatu produk dapat meningkat pada pelaku usaha dengan target pasar Generasi Z.


Keywords


Afiliasi Marketing, Pemasaran Digital, Affiliater Marketer, Gen Z

Full Text:

52-59

References


A’isah, S. N. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN AFFILIATE MARKETING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Andriyanti Eka & Farida Siti Ning. (2022). “Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang. 11 (2).

Anshari, Muhamad Fadhil, & Septiana Estri Mahani. (2018). "PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA SITUS BERRYBENKA.COM (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG)." Prosiding Manajemen 1174-1179.

IDRIS, ANDI SINGKERRU RUKKA. (2021). "PENGARUH CONTENT CREATOR PLATFORM YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG PADA SISWA SMA NEGERI 1 SELAYAR." 16.

Lestari, Neneng, And Finisica Dwijayati Patrikha. (2022). "Pengaruh Harga Dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Wanita Di Online Marketplace (Studi Kasus Pada Konsumen Di Surabaya)." Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 1635-1642.

Liedfray, Tongkotow, Fonny J. Waani, & Jouke J Lasut. (2022). "Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu TimurKabupaten Minahasa Tenggara." Jurnal Ilmiah Society 1-13.

Mehralian, Mohammad Mehdi. (2022). "Effect Of Digital Marketing On The Business Performance Of Msmes During The COVID-19 Pandemic: The Mediating Role Of Customer Relationship Management." SSRN3.

Muhamim, A. (2017). ANALISIS STRATEGI AFFILIATE MARKETING TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mulyana, Elfan Wahyu, & Emelly. (2021). "Analısıs Pengaruh Influencer Sosıal Medıa Terhadap Mınat Belı Konsumen Dalam Busana Kasual Dı Kota Batam." Conference On Management, Business, Innovation, Education, And Social Science 1897-1908.

Oktavinatoro, Candra. (2020). "PERAN KONTEN KREATOR DALAM PERANCANGAN VIDEO INSTAGRAM LIQUID GROUP YOGYAKARTA." SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI (STIKOM) 10.

Ramadhayanti Ana. (2021). “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Affiliate Marketing Terhadap Volume Penjualan.” Jurnal Komunikasi Bisnis Dan Manajemen. 8 (1).

Sari, S. P. (2022). Inews.Id . Retrieved From Inews.Id Techno: Https://Www.Inews.Id/Techno/Internet/Pengguna-Media-Sosial-Di-Indonesia- Tembus-1914-Juta-Orang-Ini-Profesi-Yang-Dibutuhkan.

Shilfiyo, & Rumyeni. (2022). "Pengaruh Content Marketing Shopee Afiliasi Melalui MediaTiktok Terhadap Keputusan." Jurnal Aplikasi Bisnis 40. JAB 20 (2).

Triyanti, Melisa Dewi, E L Kartika Merah, Gabriela P Gratia, Tarsisius Paringa, & Clara Hetty Primasari. (2022). "Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID-19." KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi 193-200.

Widiati, E., Levyda, & Ratnasari, K. (2021). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM AKTIVITAS BISNIS BAGI UMKM DI BANGKA BELITUNG . Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 84-90.

Wijoyo, Hadion, Irjus Indrawan, Yoyok Cahyono, Agus Leo Handoko, And Ruby Santamoko. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: CV. Pena Persada




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1269

Article Metrics

Abstract views : 435 times
52-59 views : 319 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats