PENGARUH PROMOSI ONLINE MELALUI FACEBOOK ADS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK BATIK CRISTO
Keywords:
Promosi Online, Facebook Ads, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh strategi promosi yang dilakukan secara online melalui facebook ads terhadap keputusan pembelian konsumen pada sebuah toko batik. Populasi yang menjadi penelitian ini adalah konsumen toko batik dengan metode pengambilan sampel purposive sampling dengan kriteria konsumen memiliki akun facebook serta mengikuti akun facebook toko batik Cristo, konsumen pernah melakukan pembelian produk batik secara online melalui facebook ads batik Cristo. Sampel diambil sejumlah 40 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan variabel Sikap Konsumen Terhadap Iklan, Kemampuan Mengingat Konsumen Terhadap Iklan,danFrekuensi Klik memiliki pengaruh secara parsial dan simultan. Hal ini menunjukkan promosi melalui iklan di facebook ads menarik sehingga konsumen dapat mengingat dengan baik. Konsumen yang teringat itu kemudian mengambil sebuah sikap untuk memutuskan membeli dan sering melakukan klik like pada iklan-iklan yang ditampilkan.References
Astiana, M. (2021). Peran sikap dan kemampuan mengingat iklan online terhadap keputusan pembelian traveloka. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 53–69.
Azroi, M. F., Fatimah, F., & Wibowo, Y. G. (2021). Pengaruh promosi online menggunakan facebook ads terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), 102–107.
Dinna, V. A. (2017). Pengaruh sikap, daya ingat dan frekuensi klik pada iklan [Universitas Kristen Satya Wacana].
Korawa, E. (2018). Pengaruh kelengkapan produk dan harga terhadap pembelian ulang konsumen. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing seventeenth edition: creating customer value and engagement. In Principles of Marketing.
Ling, Kwek Choon, Chai, Lau Teck, & Piew, Tan Hoi (2011), “Investigating the Shopping Orientations on Online Purchase Intention in the e-Commerce Environment: A Malaysian Studyâ€. JIBC Vol. 15, No. 2.
Putra, H. (2014). Pengaruh iklan online melalui media facebook terhadap keputusan pembelian pakaianmahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas trunojoyo madura. Jurnal Studi Manajemen, 8.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. (Cetakan ke-6). Bandung: Alfabeta.
Triwardhani, D. (2020). Pengaruh promoai digital pada keputuzan pembelian agensi iklan online. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 16(3).
Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Depok: PT Raja Grapindo Persada
Wirastri,R & Annisa Retno Utami (2022) Peran Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening.Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan,94-102
Zahrul Atiq, A., & Syaichu, A. (2017). Pengaruh Promosi Menggunakan Facebook Ads Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Cokelat Japo. Ilmu – Ilmu Teknik - Sistem, 14(3).
Zalma, O., Aknuranda, I., & Az-Zahra, H. M. (2018). Analisis posisi iklan banner pada situs web berita online terhadap klik dan ad recognition. Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK), 2(3), 1237–1247.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).