PENGARUH PROMOSI ONLINE MELALUI FACEBOOK ADS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK BATIK CRISTO

Hizkia Yoland Adityanto, Indah Handaruwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh strategi promosi yang dilakukan secara online melalui facebook ads terhadap keputusan pembelian konsumen pada sebuah toko batik. Populasi yang menjadi penelitian ini adalah konsumen toko batik dengan metode pengambilan sampel purposive sampling dengan kriteria konsumen memiliki akun facebook serta mengikuti akun facebook toko batik Cristo, konsumen pernah melakukan pembelian produk  batik secara online melalui facebook ads batik Cristo. Sampel diambil sejumlah 40 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan variabel Sikap Konsumen Terhadap Iklan, Kemampuan Mengingat Konsumen Terhadap Iklan,danFrekuensi Klik memiliki pengaruh secara parsial dan simultan. Hal ini menunjukkan promosi melalui iklan di facebook ads menarik sehingga konsumen dapat mengingat dengan baik. Konsumen yang teringat itu kemudian mengambil sebuah sikap untuk memutuskan membeli dan sering melakukan klik like pada iklan-iklan yang ditampilkan.


Keywords


Promosi Online, Facebook Ads, Keputusan Pembelian

Full Text:

41-51

References


Astiana, M. (2021). Peran sikap dan kemampuan mengingat iklan online terhadap keputusan pembelian traveloka. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 53–69.

Azroi, M. F., Fatimah, F., & Wibowo, Y. G. (2021). Pengaruh promosi online menggunakan facebook ads terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), 102–107.

Dinna, V. A. (2017). Pengaruh sikap, daya ingat dan frekuensi klik pada iklan [Universitas Kristen Satya Wacana].

Korawa, E. (2018). Pengaruh kelengkapan produk dan harga terhadap pembelian ulang konsumen. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing seventeenth edition: creating customer value and engagement. In Principles of Marketing.

Ling, Kwek Choon, Chai, Lau Teck, & Piew, Tan Hoi (2011), “Investigating the Shopping Orientations on Online Purchase Intention in the e-Commerce Environment: A Malaysian Study”. JIBC Vol. 15, No. 2.

Putra, H. (2014). Pengaruh iklan online melalui media facebook terhadap keputusan pembelian pakaianmahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas trunojoyo madura. Jurnal Studi Manajemen, 8.

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. (Cetakan ke-6). Bandung: Alfabeta.

Triwardhani, D. (2020). Pengaruh promoai digital pada keputuzan pembelian agensi iklan online. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 16(3).

Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Depok: PT Raja Grapindo Persada

Wirastri,R & Annisa Retno Utami (2022) Peran Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening.Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan,94-102

Zahrul Atiq, A., & Syaichu, A. (2017). Pengaruh Promosi Menggunakan Facebook Ads Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Cokelat Japo. Ilmu – Ilmu Teknik - Sistem, 14(3).

Zalma, O., Aknuranda, I., & Az-Zahra, H. M. (2018). Analisis posisi iklan banner pada situs web berita online terhadap klik dan ad recognition. Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK), 2(3), 1237–1247.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1263

Article Metrics

Abstract views : 430 times
41-51 views : 253 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats