MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA DAN MENDIRIKAN USAHA KECIL SERTA PENGEMBANGAN USAHA BAGI ANGGOTA IKAPALMA

Kasman Kasman, Peris Hamdanur, Muhammad Yusuf

Abstract


Berdasarkan hasil wawancara dengan Ketua DPP IKAPALMA, diketahui : Para pedagang kecil IKAPALMA yang berdagang di counter-conter di beberapa mal seperti Thamrin City  serta yang berdagang di kaki lima yang masuk dalam kelompok UMKM tidak dapat berdagang karena mal tutup dan PPKM, demikian juga halnya dengan para pensiunan yang berpenghasilan tetap dan rendah tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari karena penghasilan tidak mencukupi. Tujuan kegiatan ini: Mitra memiliki minat dan motivasi untuk mendirikan usaha kecil, mitra memahami manfaat dan fungsi sistem informasi, mitra dapat mencatat semua yang berhubungan dengan usaha kecilnya dan memahami pembukuan sederhana untuk usaha kecilnya, mitra memahami bagaimana mengembangkan usaha dengan sistem pemasaran E Commerce. Metode yang kegiatan yang dilakukan sebagai berikut : (1) Ceramah. Metode ceramah menggunakan aplikasi “zoom meeting” dengan menggunakan materi yang sudah dipersiapkan untuk menyampai materi untuk memotivasi mitra agar punya minat yang tinggi punya usaha dagang kecil dan mengembangkan usaha, (2) Pelatihan mendirikan usaha dagang kecil, (3) Pelatihan sederhana tentang pengelolaan usaha dagang kecil menyangkut menumbuhkan minat berwirausaha, keuangan, pemasaran dan Operasional serta Sistem Informasi, (4) Diakhir masa pengabdian masyarakat, 2 orang mitra yang telah dipilih dengan selektif akan diberikan modal untuk memulai usaha kecil yang baru (Dana bersumber dari Donatur). Hasil kegiatan ini yait : (1)  Minat dan motivasi mitra meningkat untuk mendirikan usaha kecil, (2) Pemahaman mitra meningkat tentang  manfaat dan fungsi sistem informasi, (3) Peningkatan pencatatan semua yang berhubungan dengan usaha kecilnya dan memahami pembukuan sederhana untuk usaha kecilnya, (4) Peningkatan pemahaman mitra mengenai pengembangan usaha dengan sistem pemasaran digital.


Keywords


Menumbuhkan minat, Berwirausa, Usaha kecil, Pengembangan usaha

Full Text:

12-19

References


Amelia, J. R., Ramadhan, M. F., Azni, I. N., Rahmawati, R., & Sandrasari, D. A. (2022). PELATIHAN CPPOB BAGI CALON PENGUSAHA JAMU DI KELURAHAN JATIJAJAR, DEPOK. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2).

Andika, M., & Madjid, I. (2012). Analisis pengaruh sikap, norma subyektif dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala. In Eco-Entrepreneurship Seminar & Call for Paper" Improving Performance by Improving Environment (Vol. 190196).

Ardyanto, D., & Riyadi, H. S. (2015). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan menggunakan E-commerce terhadap keputusan pembelian online. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(1).

Benjamin, B., & Azis Amriwan, A. (2020). PENGUATAN SEKTOR UMKM KERIPIK SUSENO BANDAR LAMPUNG DI ERA PASAR BEBAS MASYARAKAT EKONOMI ASEAN. Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, 22(2), 120-131.

Suryana, D., & Si, M. (2006). Kewirausahaan: Pedoman Praktis (Kiat dan proses menuju sukses). Jakarta: Salemba Empat.

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: isu-isu penting. Lp3es.

Warsono, S. (2009). Akuntansi ternyata Logis dan Mudah. Yogyakarta: Asgard Chapter.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1122

Article Metrics

Abstract views : 260 times
12-19 views : 208 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats