PENGARUH MITOS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE KEBUN RAYA BOGOR

Budi Permana, Lilik Murdiyanto

Abstrak


Mitos merupakan suatu hal yang sangat dipercayai oleh sebagian besar masyarakat  Indonesia. Mitos merupakan suatu unsur komunikasi yaitu pesan. Pesan dari mitos ini menimbulkan pendapat-pendapat dari masyarakat yang terus berkembang menjadi suatu opini publik berdasarkan apa yang di ceritakan atau dimitoskan. Opini publik tentang mitos “apabila berpacaran di Kebun Raya Bogor, maka hubungannya akan putus” jelas dapat merugikan bagi instansi yang bersangkutan.

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mitos terhadap minat berkunjung berkunjung remaja Kp. Cimanglid, Ds. Sirnagalih  ke – Kebun Raya Bogor. Penentuan sampelnya berdasarkan metode purposif sampling, dengan cara memilih orang – orang tertentu yang berdasarkan penilaian tertentu mewakili tingkat signifikansi dan prosedur pengujuan hipotesis. Dan didapatkan ukuran untuk sampelnya adalah 99 orang.

metode penelitian yang digunakan adalah Metode Survey Korelasional. Data di peroleh melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Kemudian dari data yang dikumpulkan itu ditariklah suatu kesimpulan.

Hasil penelitian variabel X menunjukan pengaruh mitos terhadap remaja Kampung Cimanglid sebesar 32,3% serta minat mengunjungi Kebun Raya Bogor yang rendah sebesar 22,2%. Hasil  penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara pengaruh mitos terhadap  minat berkunjung ke Kebun Raya Bogor yang sangat rendah yaitu 0,002%.

 

 


Kata Kunci


Mitos; Minat Berkunjung; Remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurahman Oemi, Dasar-Dasar Public Relations, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung 1995

Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, Yayasan Pembinaan Fakultas Psikologi UGM, 1975

Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung 2001

Jalaludin Rachmat, Psikologi Komnikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Jakarta, 1986.

Jalaludin Rachmat, Metode Penelitian Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung 2002,

Malayu S.P Hasibuan, Manajemen Dasar,Pengertian dan Masalah,CV Haji Masagung,Jakarta,1990

Singgih D. gunarsa dan Ny Singgih D. Gunarsa, Psikologi Remaja, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1981

Onong Uchjana Effendy, Ilmu Komunikasi:Teori dan Praktek,PT Remaja Rosdakarya,Bandung,1997

Rosady Ruslan, ,Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations,PT. Raja Grafindo Persada,Jakarta, 1997

Rosady Roeslan, Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 19991

Sanapiah Faisal, Format-Format penelitian sosial,PT Raja Grafindo Persada, Jakarta 2003

Y.S Gunadi & Djoni Harfan, Himpunan istilah Komunikasi, PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta 1998




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v2i1.302

Article Metrics

Abstrak views : 296 times
PDF views : 243 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats