PENGARUH MITOS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE KEBUN RAYA BOGOR
Abstrak
Mitos merupakan suatu hal yang sangat dipercayai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Mitos merupakan suatu unsur komunikasi yaitu pesan. Pesan dari mitos ini menimbulkan pendapat-pendapat dari masyarakat yang terus berkembang menjadi suatu opini publik berdasarkan apa yang di ceritakan atau dimitoskan. Opini publik tentang mitos “apabila berpacaran di Kebun Raya Bogor, maka hubungannya akan putus” jelas dapat merugikan bagi instansi yang bersangkutan.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mitos terhadap minat berkunjung berkunjung remaja Kp. Cimanglid, Ds. Sirnagalih ke – Kebun Raya Bogor. Penentuan sampelnya berdasarkan metode purposif sampling, dengan cara memilih orang – orang tertentu yang berdasarkan penilaian tertentu mewakili tingkat signifikansi dan prosedur pengujuan hipotesis. Dan didapatkan ukuran untuk sampelnya adalah 99 orang.
metode penelitian yang digunakan adalah Metode Survey Korelasional. Data di peroleh melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Kemudian dari data yang dikumpulkan itu ditariklah suatu kesimpulan.
Hasil penelitian variabel X menunjukan pengaruh mitos terhadap remaja Kampung Cimanglid sebesar 32,3% serta minat mengunjungi Kebun Raya Bogor yang rendah sebesar 22,2%. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara pengaruh mitos terhadap minat berkunjung ke Kebun Raya Bogor yang sangat rendah yaitu 0,002%.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurahman Oemi, Dasar-Dasar Public Relations, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung 1995
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, Yayasan Pembinaan Fakultas Psikologi UGM, 1975
Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung 2001
Jalaludin Rachmat, Psikologi Komnikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Jakarta, 1986.
Jalaludin Rachmat, Metode Penelitian Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung 2002,
Malayu S.P Hasibuan, Manajemen Dasar,Pengertian dan Masalah,CV Haji Masagung,Jakarta,1990
Singgih D. gunarsa dan Ny Singgih D. Gunarsa, Psikologi Remaja, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1981
Onong Uchjana Effendy, Ilmu Komunikasi:Teori dan Praktek,PT Remaja Rosdakarya,Bandung,1997
Rosady Ruslan, ,Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations,PT. Raja Grafindo Persada,Jakarta, 1997
Rosady Roeslan, Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 19991
Sanapiah Faisal, Format-Format penelitian sosial,PT Raja Grafindo Persada, Jakarta 2003
Y.S Gunadi & Djoni Harfan, Himpunan istilah Komunikasi, PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta 1998
DOI: https://doi.org/10.36441/thesource.v2i1.302
Article Metrics
Abstrak views : 355 times
PDF views : 302 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Article Metrics
Abstrak views : 355 timesPDF views : 302 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ini Terindeks di:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.